Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Jurus Jitu Dapatkan Sepatu Terbaik Untuk Anak!

by Teti Purwanti on 24 Juni, 2019

Memasuki tahun ajaran baru, banyak perlengkapan si kecil yang harus dipersiapkan. Dari seragam sekolah, alat tulis, hingga tas dan juga sepatu.

Membincang sepatu, belakangan ini sepatu tidak hanya diukur dari kenyamanan pakainya saja. Masalah model dan juga warna menjadi salah satu pilihan anak menambah tingkat kepercayaan dirinya di sekolah.

Agar tidak salah, cobalah ikuti beberapa tips ini sebelum membeli sepatu sekolah terbaik untuk si kecil.

1. Ukuran yang tepat

Ukuran yang tepat adalah kunci, tidak kebesaran dan juga kekecilan. Ukuran kaki si buah hati yang berkembang pesat sering kali membuat para ibu memilihkan sepatu dengan ukuran yang lebih besar dari kaki anak.

Padahal, hal tersebut akan berpengaruh pada cara si kecil berjalan. Selain itu membelikan si buah hati sepatu yang kebesaran sangat riskan membuatnya sering jatuh dan tersandung sepatunya sendiri.

Sedangkan sepatu yang kekecilan akan membuat jari mungil si kecil kejepit dan cepat lelah. Atau yang terparah tumitnya akan sakit dan berpengaruh pada pertumbuhan kakinya.

Untuk para ibu, pastikan tahu berapa ukuran kaki anak. Adapun ukuran kaki anak berubahaa dalam waktu tiga hingga enam bulan, sehingga ibu harus rajin-rajin mengecek ukuran terbaru si kecil.

Usahakan membeli sepatu untuk si kecil pada malam hari, karena saat itulah waktu terbaik untuk membeli sepatu. Sebab setelah seharian beraktivitas, kaki anak akan sedikit membengkak di malam hari. Alhasil sepatu yang dibeli akan pas untuk anak saat kakinya membesar.

(Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua Jelang Hari Pertama Anak Masuk Sekolah)
2. Pilih model yang nyaman dan tidak berlebihan

Hindari sepatu dengan model runcing atau bersol tinggi, seperti high heels atau bentuk yang terlalu berlebihan karena sangat tidak cocok bagi anak sekolah. Sepatu tersebut tidak memberikan bantuan dan keseimbangan bagi anak.

Adapun flat shoes untuk anak perempuan memang sangat cocok, namun masih tidak akan nyaman jika dipakai ke sekolah. Sepatu pantofel dengan sol dan hak yang agak tebal lebih nyaman untuk mendukung aktivitas si kecil. Tapi tentu saja bukan hak seperti sepatu kantor atau pesta.

Begitu juga untuk anak lelaki, sol yang agak tebal dengan tekstur bergerigi akan menjaga anak terpeleset atau terjatuh saat aktif beraktivitas di sekolah. Alas sepatu yang terlalu halus dan licin sangat mudah membuat anak terjatuh.

Sementara alas sepatu yang terlalu dalam akan membuat anak tersangkut benda saat berjalan. Selain itu, fitur sepatu juga penting diperhatikan untuk menjamin kenyamanan anak.

Ada fitur sepatu sekolah yang disertai tali, perekat velcro, gesper, atau resleting besar. Jika memilih sepatu bertali, pastikan anak sudah mampu mengikat sepatu dengan baik.

Bila belum, sepatu dengan perekat akan jadi pilihan yang tepat. Jangan memilih sepatu tali karena terlihat keren namun si kecil malah belum bisa mengikat sendiri dan membuatnya ditertawai oleh teman sekolahnya.

(Baca juga: Pilihan Pinjaman Berbunga Rendah untuk Keperluan Sekolah)
3. Mudah dirawat

Perawatan sepatu juga sangat penting. Untuk anak sekolah usahakan memilih sepatu yang mudah dirawat, karena anak sekolah tidak memiliki waktu dan kurang perduli dengan perawatan sepatu mereka.

Ajarkan si kecil tentang bagaimana cara membersihkan sepatunya, bantu juga mereka agar bisa paham dengan cuaca dan iklim yang suka mempengaruhi kerusakan sepatu.

Untuk anak yang sekolahnya di wajibkan menggunakan sepatu kulit, belikan sepatu yang mudah di semir. Pilihlah warna yang tidak terlalu susah untuk mendapatkan semir yang bagus.

Sedangkan sepatu berbahan kanvas biasanya hanya harus dicuci secara rutin. Atau yang lebih mudah, saat ini banyak pilihan perlengkapan cuci sepatu yang disesuaikan dengan bahan sepatu.

Mengajarkannya pentingnya merawat sepatu dan barang-barangnya, termasuk mengajarkan bagaimana dia harus bertanggung jawab tentu apa yang dia miliki. Ajarkan si kecil membersihkan sepatunya satu atau dua minggu sekali.

Hal ini bertujuan untuk menghilangkan debu, kotoran, dan menjaga sepatu tetap wangi.

Apakah sudah membelikan sepatu untuk si kecil? Kalau belum jangan termakan diskon padahal kualitas sepatunya buruk. Utamakan kenyamanan si kecil dan tentu saja kesehatan kakinya.

Manfaatkan promo yang ada di kartu kredit untuk mendapatkan harga spesial. Ajukan di CekAja.com untuk mendapatkan kartu kredit terbaik.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami