Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Ini Jurus Pemerintah Agar Jakarta Tak Macet Selama Asian Games

by Achmad Fauzi on 25 Juni, 2018

Kabar gembira bagi Anda pengguna transportasi darat di Jakarta. Pasalnya, jalannya transportasi di Jakarta akan lancar selama pagelaran Asian Games.

atur uang driver online

Dengan begitu, Anda tidak akan terlambat untuk menonton perlombaan di Asian Games, karena Anda tidak mengalami kemacetan.

Pemerintah melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mempunyai kebijakan tersendiri agar transportasi di Jakarta. Terdapat tiga kebijakan yang akan diuji coba oleh BPTJ.

Paket Kebijakan tersebut terdiri dari 3 kebijakan yaitu Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL), Penyediaan Angkutan Umum dan Pembatasan Lalu Lintas Angkutan Barang (gol III, IV dan V). ‎

Menurut Kepala BPTJ Bambang Prihartono, proses perumusan kebijakan tersebut telah dilakukan secara intensif dalam 2 bulan terakhir melibatkan para stakeholder terkait diantaranya Pemerintah Propinsi DKI Jakarta, Korlantas Polri, Ditlantas Polda Metro Jaya, INASGOC, Kementerian PU, Penyelenggara Jalan Tol dll.

“Paket kebijakan ini merupakan pengembangan lanjut dari konsep ganjil genap yang telah diusulkan Dishub Pemprov DKI Jakarta, setelah kami melakukan kajian intensif perlu kebijakan yang lebih komprehensif untuk mendukung kelancaran transportasi selama penyelenggaraan Asian Games di Jakarta,” jelas Bambang Prihartono dalam keterangan resminya. (Baca juga: 5 Aktivitas Wisata Seru untuk Rayakan Ultah Jakarta)

‎Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL)

Dalam kebijakan ini, BPTJ akan memperluas kebijakan ganjil-genap di jalan arteri DKI Jakarta. Semula, kebijakan ini hanya berlaku di Jl. M.H. Thamrin, Jl. Jenderal Sudirman, Jl. Gatot Subroto. Namun kini akan diperluas hingga ‎Jl. Benyamin Sueb, Jl. Ahmad Yani, Jl. D.I. Panjaitan, Jl. S. Parman, Jl. Rasuna Said, Jl, MT, Haryono dan Jl Metro Pondok Indah.

Kebijakan ganjil genap ini diperuntukkan bagi kendaraan pribadi dan berlaku setiap hari Senin-Minggu pukul 06.00-21.00 WIB. Perluasan juga diberlakukan pada kebijakan ganjil genap di Pintu Tol yaitu penambahan di Pintu Tol Tambun dari semula hanya Bekasi Barat dan Bekasi Timur (Jalan Tol Jakarta Cikampek) serta penambahan di Pintu Tol Dawuan dari semula hanya Pintu Tol Cibubur (Jalan Tol Jagorawi).

Untuk pengaturan kendaraan pribadi diberlakukan pula kebijakan buka tutup gerbang tol prioritas. Penutupan pintu tol akan dilakukan di gerbang terpadat yang mengalami kecepatan kurang dari 40 km/jam, V/C ratio lebih dari 1, antriannya panjang mencapai 200 meter dan jarak antar gerbang tolnya berdekatan.

Penutupan pintu tol prioritas ini akan diterapkan bervariasi dari pukul 06.00 – 17.00 WIB dan pukul 12.00 – 21.00 setiap harinya. Penutupan pintu tol diprioritaskan untuk rute Wisma Atlet Kemayoran, Gelora Bung Karno (GBK), Velodrome Rawamangun, dan Cibubur.

Termasuk pula dalam kebijakan ini adalah penyediaan lajur khusus di jalan tol yang diperuntukkan bagi kendaraan pengangkut atlet dan angkutan umum bus. Lebih dari 100 km panjang jalan tol di Lajur 1 akan didedikasikan menjadi lajur khusus mobilitas kendaraan atlet dan angkutan bus.

Ruas tol yang akan diberlakukan LKAU ini meliputi ruas Tol Dalam Kota (21,6 km), ruas Tol Pelabuhan (25,8 km), ruas Tol Wiyoto Wiyono (26,2 km) dan ruas Tol Jagorawi (26,8 km), yang akan dilengkapi marka dan rambu.

Penyediaan Angkutan Umum

Karena meluasnya kebijakan ganjil genap, maka pemerintah menganjurkan masyarakat beralih menggunakan transportasi umum. Nah, untuk mengakomodasi peralihan itu, pemerintah menambah armada bus TransJakarta ke venue sebanyak 76 unit dari kondisi existing 294 unit, penyediaan 57 unit bus dari Hotel/Mall ke Venue, penyediaan 204 bus khusus untuk wilayah-wilayah yang terdampak perluasan kebijakan ganjil-genap, serta penyediaan 10 unit bus guna keperluan non pertandingan (wisata).

‎Pembatasan Lalu Lintas Angkutan Barang

Selain perluasan kebijakan ganjil genap pada mobil pribadi, BPTJ juga memperluas cakupan pembatasan lalu lintas angkutan barang golongan III, IV dan V pada ruas tol tertentu.

Perlu Anda ketahui, saat ini telah berlaku pembatasan lalu lintas angkutan barang pada ruas tol Cawang-Tomang-Pluit dan Tomang-Kembangan di mana kendaraan angkutan barang tidak boleh melintas pada ruas tol tersebut diluar pukul 22.00 05.00 WIB.

Nah selama masa penyelenggaraan Asian Games, pembatasan lalu lintas angkutan barang akan diperluas ke ruas Tol Cawang Tj. Priok, ruas Tol Pelabuhan, ruas Tol Cawang TMII dan ruas Tol Cawang Cikunir.

Ajukan Asuransi Perjalanan untuk Perlindungan

Dengan adanya kebijakan itu diharapkan perjalanan Anda dengan transportasi umum khususnya darat akan lancar. Sehingga, Anda bisa sampai ke venue dengan tepat waktu. Selain itu, Anda juga tidak akan ketinggalan dalam menikmati serunya perlombaan.

Meski akan berjalan lancar, Anda tetap perlu perlindungan saat menggunakan transportasi umum, salah satunya dengan asuransi perjalanan. Anda akan mendapatkan perlindungan termasuk terbebas dari biaya rumah sakit. (Baca juga: Bosan Jadi Karyawan? Cek Daftar Ide Bisnis Usai Lebaran!)

Nah, e-commerce finansial nomor satu di Indonesia CekAja.com menyediakan produk asuransi perjalanan. Yuk mulai dari sekarang ajukan asuransi perjalanan Anda di CekAja.com.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Achmad Fauzi

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami