Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

13 menit waktu bacaan

Jurusan IPS Paling Favorit untuk Kuliah dan Prospek Kerja yang Menanti

by Kyla Damasha on 10 Januari, 2020

Mencari tahu tentang jurusan IPS paling favorit di bangku kuliah memang sering kali dilakukan, khususnya bagi kamu yang telah duduk di bangku SMA tingkat akhir dan tengah mengalami dilema.

Jurusan IPS Paling Favorit untuk Kuliah dan Prospek Kerja yang Menanti

Patut diakui bahwa memilih jurusan kuliah tidaklah semudah yang dibayangkan. Hal tersebut dikarenakan pada sebagian besar kasus yang ada, jurusan kuliah memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap jalan atau jalur yang kita ambil di masa yang akan datang. Contoh yang paling dasar yaitu tentang bidang pekerjaan dan karir.

Maka dari itu, ada baiknya jika kita tidak menganggap enteng mengenai jurusan kuliah yang akan diambil. Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jurusan IPS paling favorit di bangku kuliah beserta prospek pekerjaan yang menanti.

Bagi kamu yang sejak SMA sudah mengambil peminatan IPS dan tengah dilema dalam menentukan jurusan di Perguruan Tinggi, yuk kita simak bersama-sama tentang jurusan IPS paling favorit berikut ini.

Jurusan IPS Paling Favorit di Bangku Kuliah
1. Ilmu Komunikasi

Jurusan IPS paling favorit yang pertama yaitu jurusan Ilmu Komunikasi. Meskipun disebut sebagai Ilmu Komunikasi, perlu diketahui bahwa jurusan satu ini tidak hanya mempelajari cara berkomunikasi yang baik dan benar saja lho.

Banyak sekali pelajaran-pelajaran seru yang akan kamu dapat, mulai dari public speaking, penulisan naskah, sinematografi, fotografi, desain dan animasi, hingga membuat iklan dan film. Selain itu, kamu juga tidak hanya mempelajari teori melainkan praktek di lapangan secara langsung.

Mengapa Ilmu Komunikasi?

Banyak sekali alasan-alasan yang membuatmu harus menjadikan Ilmu Komunikasi sebagai jurusan IPS paling favorit. Perlu diketahui bahwa jurusan ini merupakan salah satu jurusan di bangku kuliah yang memiliki begitu banyak peminat. Lalu, apa sih yang membuat jurusan Ilmu Komunikasi harus kamu pertimbangkan?

  • Sebagian besar Perguruan Tinggi di Indonesia memiliki jurusan komunikasi dengan hampir sebagian besar berakreditasi A
  • Prospek kerja yang luas dan cukup menjanjikan. Hampir semua perusahaan di berbagai bidang membutuhkan lulusan ilmu komunikasi untuk mengisi beberapa divisi di perusahaan mereka
  • Ilmu komunikasi sangat penting untuk dipelajari karena sopan santun dalam berbicara sangat diperlukan oleh masyarakat
  • Gaji yang ditawarkan untuk para lulusan ilmu komunikasi juga cukup menggiurkan, termasuk untuk fresh graduate
Universitas Terbaik untuk Jurusan Ilmu Komunikasi

Dikarenakan hampir semua Perguruan Tinggi yang ada memiliki prodi Ilmu Komunikasi, tentu hal tersebut terkadang akan membuatmu dilema mengenai Perguruan Tinggi manakah yang terbaik.

Nah, jika kamu saat ini masih bingung menentukan Perguruan Tinggi terbaik untuk mengambil jurusan Ilmu Komunikasi, simak dulu beberapa pilihan Universitas yang akan kita bahas kali ini.

· Universitas Indonesia

Berbicara tentang Universitas Negeri terbaik, maka kita tidak boleh ketinggalan dengan Universitas Indonesia (UI). Perguruan Tinggi yang terletak di Depok ini memang memiliki deretan jurusan IPS paling favorit dan berakreditas A, salah satunya seperti jurusan ilmu komunikasi ini.

Jika ingin masuk menjadi bagian dari mahasiswa UI, ada beberapa jalur yang bisa kamu gunakan lho, seperti SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK UI.

Meskipun dapat dipastikan kamu akan berhadapan dengan begitu banyak pesaing untuk mendapatkan bangku atau kuota, menjadi lulusan ilmu komunikasi UI jelas akan memberikanmu prospek kerja yang cukup menjanjikan, melihat bahwa reputasi UI itu sendiri sangat bergengsi, khususnya di mata masyarakat Indonesia.

· Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Jika di Universitas Negeri ada UI, maka di Universitas Swasta ada Atma Jaya. Menduduki posisi ke-30 di dalam daftar Kemenristekdikti untuk program studi Ilmu Komunikasi dengan akreditasi A pada tahun 2018, kamu bisa memilih beberapa peminatan yang dapat disesuaikan dengan kegemaran lho, diantaranya yaitu Komunikasi Korporasi, Komunikasi Pemasaran, serta Media dan Komunikasi.

Jika ingin masuk ke Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran secara online di situs resmi Universitas dan mengikuti seluruh proses penerimaannya.

Prospek Pekerjaan Paling Menjanjikan

Terdapat satu hal yang menjadikan Ilmu Komunikasi sebagai salah satu jurusan IPS paling favorit di bangku kuliah, yakni karena prospek pekerjaannya yang cukup menjanjikan. Tidak hanya itu saja, gaji yang ditawarkanpun juga sangat menggiurkan lho, khususnya untuk para fresh graduate.

· Media

Prospek pekerjaan jurusan ilmu komunikasi yang paling luas mungkin berada di bidang media. Bahkan hanya dengan memiliki latar belakang ilmu komunikasi saja, kamu sudah bisa terjun ke berbagai jenis pekerjaan yang ada di dalam industri ini, mulai dari broadcasting, film, radio, hingga media cetak.

Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai melakukan magang di bidang ini sejak masih berstatus sebagai mahasiswa. Karena biasanya memiliki pengalaman magang di bangku kuliah akan lebih jauh dipertimbangkan dibandingkan yang belum memiliki pengalaman sama sekali.

· Marketing, Public Relation, dan Periklanan

Selanjutnya ada bidang marketing, public relation (PR) dan periklanan yang tidak kalah menjanjikannya. Meskipun tidak semua, di beberapa Perguruan Tinggi ada peminatan khusus yang memang mempelajari tentang ketiga bidang ini lho. Jadi, sejak kuliah kamu sudah memiliki ilmu dasar tentang bagaimana cara kerja di marketing, PR, dan periklanan.

Hampir sebagian besar perusahaan di berbagai bidang akan membutuhkan marketing dan PR di dalam perusahaan mereka, sedangkan untuk periklanan merupakan industri tersendiri yang saat ini bisa dikatakan cukup menjanjikan.

Tidak hanya menjanjikan dalam hal gaji, profesi ini juga memiliki jenjang karir yang baik. Kamu bisa menjalin relasi dengan berbagai orang-orang menarik dengan job desc yang juga tidak monoton dan menyenangkan.

· Event Organizer 

Sesuai dengan namanya, profesi Event Organizer atau EO memang merupakan profesi yang lebih terfokus pada kerja lapangan. Selain kamu dituntut untuk membuat berbagai jenis event yang menarik, kamu juga dituntut untuk memiliki kemampuan persuasi dan dapat bekerja di bawah tekanan.

Seorang EO harus mengurus semua hal secara detil, mulai dari klien, vendor, hingga para tamu yang hadir. Tidak hanya itu saja, kamu juga diharuskan untuk bekerja sebelum event diadakan, ketika event diadakan, dan setelah event tersebut diadakan.

Meskipun terdengar sebagai profesi yang melelahkan, pastinya profesi satu ini akan sangat digemari bagi kamu yang tidak suka bekerja di belakang meja secara terus menerus.

2. Hubungan Internasional

Jurusan IPS paling favorit yang tak kalah populernya dengan ilmu komunikasi yaitu hubungan internasional atau HI. Dari namanya saja, kita sudah bisa tahu bahwa jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang cukup bergengsi.

Di HI kamu akan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan aktivitas interaksi lintas negara, seperti seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, hingga globalisasi.

Tidak hanya itu saja, di HI kamu juga akan mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan organisasi, seperti organisasi antar pemerintah (IGO), hubungan antara negara, organisasi non pemerintah internasional (INGO), organisasi non pemerintah (NGO), serta pemerintah multi nasional (MNC).

(Baca Juga: Pekerjaan Jurusan Vokasi yang Paling Dibutuhkan di Industri)

Mengapa Hubungan Internasional?

Setelah ilmu komunikasi, jurusan HI juga merupakan salah satu jurusan kuliah yang memiliki begitu banyak peminat, tidak hanya di Universitas Negeri melainkan juga di Universitas Swasta.

Bagi kamu yang masih bimbang untuk memilih salah satu jurusan IPS paling favorit ini, ada beberapa alasan yang perlu kamu ketahui mengapa harus mengambil jurusan HI di bangku kuliah. Apa sajakah itu?

  • Dengan mengambil jurusan HI, maka kesempatanmu untuk dapat bekerja di luar negeri atau terjun ke ranah internasional akan semakin besar
  • Secara tidak langsung kamu bisa mengasah kemampuan bahasa asing, bukan hanya bahasa Inggris semata melainkan juga bahasa-bahasa lainnya
  • Jurusan HI bisa memberikanmu peluang untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji lebih besar dibandingkan jurusan lainnya, seperti di pemerintahan ataupun di kedutaan luar negeri
Universitas Terbaik untuk Jurusan Hubungan Internasional

Sama halnya dengan jurusan ilmu komunikasi, jurusan hubungan internasional juga bukan hanya menjadi salah satu jurusan IPS paling favorit, melainkan juga menjadi salah satu jurusan yang bisa kamu temukan di hampir semua Perguruan Tinggi yang ada.

Namun, mungkin ada beberapa Perguruan Tinggi yang bisa kamu jadikan pertimbangan dan pilihan. Apa sajakah itu?

· Universitas Gadjah Mada

Untuk Universitas Negeri, maka Universitas Gadjah Mada yang Terletak di Yogyakarta bisa dijadikan sebagai pilihan. Prodi Hubungan Internasional yang terdapat di Perguruan Tinggi satu ini sudah mengantongi akreditasi A sejak tahun 2014 dan masuk ke dalam deretan Perguruan Tinggi favorit yang menjadi incaran para peserta SNMPTN, SBMPTN, hingga Ujian Mandiri.

Meskipun memiliki segudang peminat, jurusan Hubungan Internasional di Universitas ini hanya tersedia sekitar 36 bangku saja setiap tahunnya. Wah, persaingannya ketat sekali ya!

· Universitas Katolik Parahyangan

Nah, jika kamu ingin lanjut pendidikan ke Perguruan Tinggi Swasta, maka Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) bisa dijadikan sebagai pilihan. Universitas yang terletak di Bandung, Jawa Barat ini telah berakreditasi A dan bisa dimasuki dengan dua jalur ujian masuk, yaitu PMDK dan USM.

Selain itu, mengambil jurusan HI disini kamu juga bisa memilih beberapa peminatan lho, diantaranya seperti Politik dan Keamanan, Ekonomi Politik dan Internasional, Rezim dan Organisasi Internasional, dan Diplomasi, Media dan Komunikasi Internasional.

Prospek Pekerjaan Paling Menjanjikan

Mungkin yang menjadi faktor mengapa Hubungan Internasional menjadi salah satu jurusan IPS paling favorit ialah karena peluang besarnya untuk dapat terjun ke ranah internasional.

Bagi kamu yang tertarik untuk bisa menjalin relasi dari berbagai orang dari berbagai belahan dunia serta mengasah kemampuan bahasa asing, maka memilih jurusan Hubungan Internasional bisa menjadi pilihan yang tepat.

Lalu, bagaimana dengan prospek pekerjaannya? Pastinya akan memberikanmu jenjang karir yang jelas, bahkan di masa yang akan datang.

· International Officer

Prospek pekerjaan yang pertama yaitu sebagai International Officer. Setelah lulus nanti, kamu akan memiliki kesempatan luas untuk dapat bekerja di perusahaan asing atau kantor yang bersifat internasional, seperti kedutaan besar dan kementerian luar negeri.

Sebagai fresh graduate, maka kamu bisa melamar di posisi International Officer. Seorang International Officer bahkan bisa bekerja di beberapa instansi bergengsi lho, salah satunya seperti PBB. Dibandingkan jurusan lain, untuk saat ini profesi International Officer hanya bisa dilakukan untuk para lulusan HI saja.

Gaji yang kamu dapat pun tidak tanggung-tanggung, bisa dimulai dari angka Rp. 5 juta hingga mencapai belasan juta rupiah.

· Konsulat Internasional

Prospek pekerjaan untuk jurusan HI selanjutnya yaitu sebagai Konsulat Internasional. Profesi satu ini tidak hanya bertugas memberikan nasihat saja, melainkan juga sebagai pemerhati dan pendamping klien yang berasal dari berbagai negara.

Agar bisa melaksanakan tugasnya dengan sempurna, seorang Konsulat Internasional dituntut untuk menguasai berbagai bahasa asing sehingga tidak akan terjadinya permasalahan.

Selain itu, seorang Konsulat Internasional juga diharuskan untuk selalu menjalin hubungan dan komunikasi yang baik serta memberikan masukan kepada negara yang membutuhkan agar masalah bisa cepat terselesaikan.

(Baca Juga: 5 Prospek Pekerjaan Jurusan Teknik Informatika Beserta Gajinya)

3. Psikologi

Berbicara tentang jurusan IPS paling favorit pastinya tidak boleh terlupakan dengan jurusan Psikologi. Meskipun jurusan satu ini tidak sepopuler Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional, tetap saja jurusan Psikologi memiliki begitu banyak peminat.

Jurusan Psikologi merupakan jurusan yang lebih fokus pada pembelajaran tingkah laku dan kejiwaan manusia yang saling berkaitan satu sama lain. Maka dari itu, jurusan satu ini begitu menarik jika dipelajari.

Tidak hanya di Indonesia, bahkan di luar negeri pun jurusan Psikologi menjadi salah satu jurusan IPS paling favorit, khususnya di kampus-kampus besar.

Mengapa Psikologi?

Di beberapa kasus, jurusan Psikologi memang sebagian besar didominasi oleh wanita. Namun meski begitu, bukan berarti pria tidak boleh mengambil jurusan ini lho. Banyak sekali faktor-faktor yang harus kamu ketahui tentang mengapa harus mengambil jurusan Psikologi di bangku kuliah.

  • Jurusan Psikologi memiliki prospek pekerjaan yang cukup menjanjikan di masa yang akan datang, karena ilmunya yang sangat relevan untuk digunakan di berbagai disiplin lini pekerjaan.
  • Karena merupakan salah satu jurusan IPS paling favorit, banyak Perguruan Tinggi yang memiliki jurusan ini, sehingga mempermudahmu dalam memilih.
  • Psikologi merupakan ilmu pasti sehingga memiliki prospek pekerjaan yang jelas pula. Pekerjaan di bidang Psikologi tidak akan bisa dimasuki oleh para lulusan dari jurusan lain.
Universitas Terbaik untuk Jurusan Psikologi

Saat ini, sudah banyak sekali baik itu Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang memiliki prodi Psikologi, sehingga mungkin hal ini akan membuatmu sedikit kesulitan untuk memutuskan kira-kira Perguruan Tinggi apakah yang terbaik untuk dijadikan pilihan.

· Universitas Airlangga

Universitas Airlangga merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang cukup favorit di Indonesia. Universitas yang terletak di Surabaya ini memiliki akreditasi A untuk jurusan Psikologi dan memiliki kuota yang berbeda-beda di setiap jalur masuk yang dimilikinya.

Untuk jalur masuk melalui SNMPTN terdapat 66 bangku yang disediakan. Sedangkan untuk SBMPTN terdapat 88 bangku dan untuk jalur masuk secara mandiri terdapat 66 bangku.

Maka jika di total, daya tampung untuk mahasiswa baru yang bisa mengambil jurusan Psikologi berjumlah 220 bangku. Wah banyak banget ya!

Tidak hanya belajar teori di kelas saja, disini kamu juga akan dibekali dengan praktikum di laboratorium berfasilitas lengkap.

· Universitas Sanata Dharma

Jika di PerguruanTinggi Negeri terdapat UNAIR yang terletak di Surabaya, maka di Perguruan Tinggi Swasta terdapat Universitas Sanata Dharma yang terletak di Yogyakarta.

Telah berdiri sejak tahun 1996, jurusan Psikologi di Perguruan Tinggi ini bahkan telah meraih akreditasi A dan menyandang predikat 1 dari 10 Perguruan Tinggi dengan jurusan Psikologi terbaik se-Indonesia.

Dengan fasilitas yang lengkap untuk mendukung proses pembelajaran, Perguruan Tinggi satu ini juga memiliki biaya yang cukup terjangkau lho untuk ukuran Universitas Swasta.

Prospek Pekerjaan Paling Menjanjikan

Banyak orang yang beranggapan bahwa mengambil jurusan Psikologi hanya diperuntukan bagi yang ingin menjadi psikolog saja. Padahal nyatanya hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Perlu diketahui bahwa jurusan Psikologi memiliki prospek pekerjaan yang cukup luas dengan jenjang karir yang jelas.

· Human Resources Development (HRD)

Prospek pekerjaan yang pertama adalah sebagai Human Resources Development atau HRD. Dibutuhkan oleh sebagian besar perusahaan yang ada, profesi satu ini nyatanya memang hanya diperuntukan bagi para lulusan Psikologi saja. Mengapa?

Karena pekerjaan HRD berkaitan dengan sumber daya manusia di sebuah perusahaan. Seorang HRD harus memiliki kemampuan dalam melihat tingkah laku seseorang dan membaca gerak gerik yang mereka lakukan, guna menilai apakah orang tersebut memiliki kualifikasi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan atau tidak.

Untuk fresh graduate, biasanya kamu bisa mendapatkan setidaknya gaji setara UMR, dan angka tersebut angka semakin meningkat seiring dengan pengalaman yang kamu miliki.

· Psikolog

Selanjutnya ada profesi Psikolog yang memang begitu identik dengan jurusan Psikologi itu sendiri. Hanya saja, sebagai seorang Psikolog kamu diharuskan untuk mengambil jenjang S2 terlebih dahulu dan mengambil jurusan Psikologi Klinis.

Seorang Psikolog bisa bekerja di rumah sakit maupun membuat praktek secara mandiri. Kamu akan menangani para pasien yang memiliki masalah kejiwaan atau anak-anak yang memiliki hambatan dalam perkembangan mentalnya.

Untuk gajinya itu sendiri biasanya akan berbeda-beda. Namun, seorang Psikolog professional yang telah memiliki jam terbang yang cukup panjang setidaknya akan mampu mendapatkan penghasilan mencapai 2,2 miliar rupiah.

· Konselor

Tugas utama dari seorang konselor yaitu memberikan konseling kepada klien. Jika kamu ditempatkan pada suatu perusahaan atau instansi, maka tugasmu adalah memberikan konseling kepada setiap karyawan yang membutuhkan.

Selain itu, profesi konselor juga sangat dibutuhkan di LSM. Seorang konselor harus mampu menangani semua rentang usia dalam berbagai bentuk kasus, mulai dari remaja, anak-anak, hingga permasalahan gender.

Dengan pengalaman 3-5 tahun kerja, seorang konselor bisa mendapatkan gaji mulai dari 10 hingga 15 juta per bulan.

Jadi, adakah jurusan IPS paling favorit yang kamu inginkan? Nah, Selain mempertimbangkan jurusan kuliah, biasanya biaya pendidikan juga sering kali menjadi hambatan bagi siapapun yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa biaya pendidikan di Indonesia semakin mengalami peningkatkan dari waktu ke waktu. Kamu saat ini tengah membutuhkan dana untuk melanjutkan pendidikan? Jangan Khawatir!

Karena CekAja.com menyediakan fasilitas pinjaman bagi siapapun yang membutuhkan. Bahkan, dana tersebut bisa cair dalam jangka waktu satu minggu saja lho. Yuk segera capai impianmu untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya menggunakan kredit pendidikan di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda