Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

by Estrin Vanadianti Lestari on 14 Mei, 2020

Pengumuman hasil SNMPTN 2020 sudah resmi keluar, bagi kamu yang belum lolos jangan berkecil hati, karena masih ada kesempatan di seleksi SBMPTN 2020. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan jurusan bidang saintek, mungkin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), bisa jadi bahan pertimbangan. Dari banyaknya jurusan saintek, kira-kira apa sih yang menjadi jurusan paling favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember?

Jurusan Paling Favorit di Institute Teknologi Sepuluh Nopember

ITS Masuk 5 Besar Universitas Terbaik

Nah, sebelum membahas terkait jurusan paling favorit, di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, kampus ini sendiri menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang terfavorit. Pasalnya, ITS berhasil masuk ke dalam daftar PTN terbaik, menurut University Ranking (UniRank) 2020.

Tidak main-main, dilansir dari laman Kompas.com, ITS berhasil menduduki peringkat keempat, di mana ia bersanding dengan universitas ternama Indonesia, yakni Universitas Indonesia (UI) sebagai urutan pertama, Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai urutan kedua, dan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai urutan yang ke tiga. Sungguh, pencapaian yang sangat membanggakan bukan?

Selain itu, UniRank sendiri merupakan lembaga direktori pendidikan internasional, yang juga belum lama merilis pemeringkatan universitas dunia, terhadap lebih dari 13.600 universitas di 200 negara.

Memiliki 33 program studi (prodi/jurusan), ITS sangat direkomendasikan buat kamu yang ingin memilih jurusan saintek, saat seleksi SBMPTN 2020 nanti. Tidak hanya itu, penting juga bagi kamu untuk mengetahui jurusan paling favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Pasalnya, dengan mengetahui jurusan paling favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, kamu bisa tahu batas kemampuanmu untuk memilih jurusan tersebut. Jika peminatnya banyak, mungkin kamu bisa memilih jurusan yang sepi peminat. Kamu juga bisa melihat dari segi daya tampung tiap jurusan, agar peluang mu untuk bisa masuk ke ITS jadi lebih besar.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di UNJ Bidang Saintek dan Soshum)
Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Berikut deretan jurusan paling favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, yang mungkin bisa membantumu, mengambil ancang-ancang, dalam menentukan pilihan jurusan saat SBMPTN 2020 nanti.

1. Teknik Informatika

Teknik Informatika - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

  • Daya tampung: 90
  • Peminat 2019: 1.027
  • Passing Grade 2020: 59,50%

Jurusan paling favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang pertama adalah Teknik Informatika. Jurusan ini memiliki Program Studi Sarjana (S1), Program Double Degree Sarjana (S1), Program Sarjana Internasional (S1), Program Studi Magister (S2), Program Studi Doktor (S3).

Tidak hanya itu, di era digital dan modern seperti ini, membuat jurusan ini lebih banyak dibutuhkan di dunia kerja. Lapangan pekerjaan yang bisa diisi oleh alumni Departemen Informatika ITS diantaranya adalah perekayasa software, konsultan IT, web engineer, perekayasa jaringan komputer, programmer, dan game developer. Selain di bidang profesional, alumni Departemen Informatika ITS juga bekerja di sektor pendidikan, kewirausahaan, dan menjadi peneliti di lembaga penelitian.

2. Teknik Elektro

Teknik Elektro - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

  • Daya Tampung: 84
  • Peminat 2019: 660
  • Passing Grade 2020: 57,70%

Jurusan paling favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember selanjutnya adalah Teknik Elektro. Memiliki program studi dari S1 hingga S3, jurusan ini bisa dijadikan pertimbangan yang tepat bagi para calon mahasiswa.

Pasalnya, Departemen Teknik Elektro adalah salah satu departemen terbesar di ITS. Setiap tahunnya, departemen ini menerima sekitar 160 mahasiswa program sarjana. Mahasiswa yang diterima di Departemen Teknik Elektro telah bersaing dengan lebih dari 5000 calon mahasiswa dari seluruh tanah air. Sehingga Teknik Elektro menjadi salah satu departemen favorit dengan keketatan tertinggi di ITS.

3. Sistem Informasi

Sistem Informasi - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

  • Daya Tampung: 54
  • Peminat 2019: 656
  • Passing Grade 2020: 47,40%

Tak kalah favorit, jurusan Sistem Informasi juga menjadi jurusan paling favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember berikutnya. Bahkan, lulusan Departemen Sistem Informasi, bisa dengan mudah memperoleh pekerjaan maupun menjadi entrepreneur.

Selain itu, beberapa bidang pekerjaan yang dapat menjadi acuan mahasiswa Departemen Sistem Informasi diantaranya adalah IT Operation Staff, Dosen, Business Analyst, System Analyst, Application Developer, dan masih banyak lagi.

4. Teknik Sipil

Teknik Sipil - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

  • Daya Tampung: 60
  • Peminat 2019: 644
  • Passing Grade 2020: 45,33%

Teknik sipil juga berhasil menjadi salah satu jurusan paling favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Para mahasiswa di jurusan ini, dibimbing untuk memiliki kompetensi sebagai insinyur sipil profesional di masa depan.

Selain itu, para alumni departemen Teknik Sipil juga banyak yang mendapat pekerjaan sebagai kontraktor, konsultan yang berkaitan dengan perencanaan lengkap konstruksi bangunan sipil, tenaga pengajar dan kependidikan di perguruan tinggi negeri dan swasta.

Bahkan, beberapa alumni dari departemen ini, menjadi petinggi-petinggi di beberapa perusahaan besar di Indonesia, diantaranya adalah Kiswo Darmawan (Presiden Direktur dan CEO Adhi Karya), Hanif (Desainer struktur gedung di Sharjah-Dubai, Uni Emirat Arab), M. Choliq (Presiden Direktur dan CEO Waskita Karya), dan Danet Suryatama (CEO ElektrikCar).

5. Teknik Mesin

Teknik Mesin - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

  • Daya Tampung: 78
  • Peminat 2019: 641
  • Passing Grade 2020: 51,50%

Menjadi jurusan favorit di PTN lain, Teknik Mesin ternyata juga menjadi jurusan paling favorit di Institut Teknologi sepuluh Nopember. Selain itu, departemen Teknik Mesin Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tinggi melalui kegiatan akademik intensif dan keterlibatan pengalaman industri.

Uniknya, jurusan ini juga memiliki slogan unik, yakni uber alles, yang membuat Mahasiswa Teknik Mesin ITS selalu terpacu, untuk menjadi yang terbaik dalam semua bidang baik di ITS maupun tingkat internasional.

Bahkan, pelopor skuter listrik pertama di Indonesia, Dr Nur Yuniarto ST merupakan salah satu pelopor dan inovator yang lahir dari Teknik Mesin ITS.

6. Teknik Industri

Teknik Industri - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

  • Daya Tampung: 60
  • Peminat 2019: 591
  • Passing Grade 2020: 53,80%

Memiliki passing grade yang cukup tinggi, membuat jurusan ini juga menjadi jurusan paling favorit di Institut Teknologi sepuluh Nopember. Bahkan, jumlah alumni Teknik Industri ITS telah mencapai lebih dari 1000 orang yang tersebar di berbagai sektor industri nasional maupun Internasional.

Nah, buat para lulusan teknik industri, kamu bisa mengambil peran di beberapa fungsi di berbagai industri, seperti divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, bahkan divisi HRD.

Teknik Industri ITS, juga memiliki salah satu alumni, yakni, Fadjar Hutomo, ST. MMT yang kini telah menjadi ketua Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), yang menjadi mesin utama perkembangan industri kreatif di Indonesia.

7. Teknik Fisika

Teknik Fisika - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

  • Daya Tampung: 60
  • Peminat 2019: 554
  • Passing Grade 2020: 40,19%

Terdengar menyeramkan, namun siapa sangka bahwa Teknik Fisika menjadi salah satu jurusan paling favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember?

Bahkan, alumni Teknik Fisika ITS telah tersebar dalam seluruh bidang baik instansi pemerintah dan swasta seperti: Departemen Pertambangan, Dalam Negeri, Pendidikan Nasional, BPPT, LIPI, PT. PAL, BBI, Caltex, Arco, Unilever, PT Badak, PT Telkom, PT Pupuk Kaltim, Maspion, Pertamina dan lainnya.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Saintek dan Soshum)
8. Statistika

Statistika - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember

  • Daya Tampung: 60
  • Peminat 2019: 529
  • Passing Grade 2020: 38,91%

Buat yang menyukai dengan analisis data, mungkin jurusan Statistika bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, peluang kerja lulusan Statistika sangatlah luas, diantaranya bisa bekerja di instansi bidang konsultan riset, quality assurance, riset dan perkembangan, analisis data, bank pemerintah dan swasta, riset pasar, Badan Pusat Statistik (BPS), pemerintah daerah, industri (PT. Philips, JVC, Astra, Petrokimia, Djarum), dan lain-lain.

Tidak hanya dalam prospek kerja, kerjasama pendidikan yang luas juga dimiliki jurusan Statistika di ITS. Di mana kerjasama sudah dilakukan antara lain Program S3 Ilmu Statistika dan Program S2 Statistika dengan Badan Pusat Statistika, Student Exchange Programme dengan Universiti Teknologi Malaysia, Program penyetaraan beberapa mata kuliah di jurusan Statistika dengan Ujia Aktuaris, Persatuan Aktuaris Indonesia.

Nah, itu dia beberapa jurusan paling favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember, yang bisa jadi pilihanmu. Namun, selain mengetahui informasi terkait jurusan paling favorit di ITS kamu juga perlu menyiapkan finansial untuk pendidikan.

Karena setiap individu memiliki kondisi finansial yang berbeda, maka bagi kamu yang masih kekurangan biaya, namun tetap ingin menimba ilmu, jangan khawatir. Karena, untuk soal modal biaya pendidikan, kamu bisa loh mendapatkannya dengan mudah, yakni dengan cara mengajukan pinjaman dana untuk pendidikan melalui CekAja.com.

Dengan syarat mudah, bunga rendah, hingga jaminan proses yang cepat, kamu bisa dengan mudah menggapai cita-cita. untuk bisa berkuliah di PTN dan jurusan favorit.

Yuk, kepoin websitenya dan langsung ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan pendidikanmu, hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk