Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

11 menit waktu bacaan

Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Saintek dan Soshum

by Kyla Damasha on 3 Februari, 2020

Bagi kamu yang saat ini tengah mengalami dilema untuk memilih jurusan dan Universitas terbaik untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi, mungkin mencari tahu tentang jurusan paling favorit di UGM bidang saintek dan soshum akan menjadi salah satu hal yang dilakukan.

jurusan paling favorit di UGM bidang saintek dan soshum

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa Universitas Gadjah Mada itu sendiri merupakan salah satu Universitas favorit bagi masyarakat Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Telah terbukti menghasilkan banyak sekali lulusan-lulusan berprestasi, tak heran apabila Universitas yang terletak di Kota Yogyakarta ini juga masuk ke dalam jajaran Universitas terbaik di Indonesia.

Nah, dengan banyaknya orang-orang yang bermimpi untuk bisa menjadi bagian dari Universitas tempat Presiden Joko Widodo sempat mengenyam pendidikan ini, tentu kamu juga penasaran untuk mencari tahu tentang jurusan paling favorit di UGM bidang saintek dan soshum, bukan?

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jurusan paling favorit di UGM bidang saintek dan soshum yang bisa kamu jadikan pilihan. Apa sajakah itu?

Jurusan Paling Favorit di UGM untuk Bidang Saintek
1. Ilmu Kedokteran

Ilmu Kedokteran - Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Saintek dan Soshum

Jurusan paling favorit di UGM untuk bidang saintek yang pertama adalah Ilmu Kedokteran. Selain menjadi jurusan favorit untuk para calon mahasiswa baru, Fakultas Ilmu Kedokteran itu sendiri juga menjadi salah satu Fakultas Kedokteran paling tua di Indonesia.

Berdiri pada tanggal 5 Maret 1946, jurusan yang fokus pada pembelajaran anatomi manusia dan kesehatan ini memiliki visi dan misi yang tidak bisa dipisahkan dengan apa yang dimiliki oleh UGM, yaitu menjadi Fakultas Kedokteran berkelas dunia yang inovatif dan unggul mengabdi kepada kepentingan masyarakat yang didasari oleh Pancasila.

Berbeda dari Fakultas Kedokteran yang ada di Perguruan Tinggi pada umumnya, UGM tidak hanya menghasilkan para lulusan dokter umum saja. Jurusan paling favorit di UGM untuk bidang saintek ini memiliki tiga program studi pada jenjang S1 yang bisa dijadikan pilihan, yaitu Pendidikan Dokter, Keperawatan, dan Gizi Kesehatan.

Selain itu, terdapat pula enam program studi untuk jenjang master atau S2, 20 spesialisasi, 1 program doktoral, 32 departemen, serta 9 pusat studi. Tidak hanya Fakultas Kedokteran Umum, UGM juga memiliki Fakultas Kedokteran lainnya, seperti Kedokteran Gigi dan Kedokteran Hewan.

2. Farmasi

Farmasi - Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Saintek dan Soshum

Selanjutnya ada Fakultas Farmasi yang juga menjadi salah satu jurusan paling favorit di UGM untuk bidang Saintek. Sama halnya dengan Fakultas Kedokteran, Fakultas Farmasi juga didirikan di tahun yang sama, yaitu pada tahun 1946 dan juga menjadi Perguruan Tinggi tertua di Indonesia.

Dengan memiliki daya tampung sekitar 108 bangku saja di tahun ajaran 2019/2020, peminat yang ingin masuk ke jurusan yang terfokus pada obat terhitung mencapai lebih dari 3000 calon mahasiswa dengan passing grade 56.53 persen. Wah, persaingan ketat banget ya.

Terakreditasi A, di Fakultas Farmasi untuk jenjang S1 pada nantinya kamu akan diminta untuk memilih empat peminatan yang dapat disesuaikan dengan kegemaran dan fokus dari masing-masing mahasiswa, yaitu adalah Farmasi Sains dan Teknologi, Farmasi Industri, Farmasi Komunitas dan Klinik, dan Farmasi Bahan Alam.

Selain jenjang S1, tersedia pula program studi untuk jenjang yang lebih tinggi, seperti Profesi Apoteker, Pasca Sarja S2 Ilmu Farmasi, Pasca Sarjana S2 Magister Farmasi Klinik, dan Pasca Sarjana S3 Ilmu Farmasi.

3. Teknik Sipil

Teknik Sipil - Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Saintek dan Soshum

Kemudian ada Teknik Sipil yang juga menjadi jurusan paling favorit di UGM untuk bidang saintek. Berdiri pada tahun 1946 dan menjadi salah satu Program Studi tertua yang ada di UGM, Teknik Sipil UGM telah terakreditasi A dan memiliki angka passing grade 54,60 persen pada tahun 2019.

Bagi kamu yang tidak terlalu senang belajar teori, memilih jurusan Teknik Sipil bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat karena dapat dipastikan kamu akan cukup banyak menghabiskan waktu belajar di luar ruangan, dibandingkan hanya di dalam kelas.

Meskipun jurusan satu ini lebih identik dengan pria, tetapi kamu yang wanita juga tidak dilarang untuk bergabung lho. Kamu akan banyak menggambarkan dan membawa alat pengukur kemanapun kamu pergi. Tetapi perlu diingat bahwa, Teknik Sipil itu berbeda dengan Arsitek.

Apabila jurusan Arsitek lebih kepada nge-desain gedung, maka jurusan Teknik Sipil lebih fokus kepada perencanaan pembangunannya, seperti bahan yang dibutuhkan, biaya yang harus dikeluarkan, cara konstruksi, dan sebagainya. Jadi, bisa dipastikan bahwa ketika kamu lulus nanti, kurang lebih pekerjaanmu akan selalu berkesinambungan dengan para Arsitek.

Selain itu, sebagai mahasiswa Teknik Sipil kamu juga akan berhadapan dengan banyak sekali hitung-hitungan, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Kalkulus, Algoritma, Statistika, hingga Probabilitas.

4. Teknik Informasi

Teknik Informasi - Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Saintek dan Soshum

Nah, untuk jurusan Teknik Informasi di UGM itu merupakan Program Studi yang lahir dari bagian Teknik Elektro. Disini pada nantinya para mahasiswa akan dibagi menjadi tiga konsentrasi atau peminatan, yaitu rekayasa perangkat lunak, rekayasa sistem informasi, dan rekayasa sistem komputer.

Berdasarkan data yang diambil dari situs kampusaja.com, terlihat bahwa pada tahun 2019 lalu orang-orang yang minat untuk mengambil jurusan Teknik Informasi lebih dari 2000 calon mahasiswa, yang mana untuk daya tampungnya itu sendiri hanya sebesar 45 bangku.

Di salah satu jurusan paling favorit di UGM bidang saintek ini kamu tidak hanya akan kembali berhadapan dengan hitung-hitungan seperti Matematika, Algoritma, Statistika dan Probabilitas, tetapi juga dengan mata kuliah lainnya yang tak kalah seru dan tentunya tidak jauh dari data dan perangkat lunak, seperti Sistem Mikroprocessor, Stadium Generate, Jaringan dan Komunikasi Data, dan masih banyak lagi.

5. Kehutanan

Kehutanan - Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Saintek dan Soshum

Terakhir ada jurusan Kehutanan yang juga masuk ke dalam salah satu jurusan paling favorit di UGM bidang saintek. Sesuai dengan namanya, di jurusan satu ini kamu akan memperdalam ilmu mengenai hutan dan tanah. Kamu akan kembali bertemu dengan mata pelajaran Biologi sebagai salah satu mata pelajaran wajib yang disertai dengan berbagai mata kuliah-mata kuliah yang seru.

Selain juga diharuskan untuk mempelajari ilmu dasar seperti Bahasa Inggris dan Pendidikan Pancasila, kamu juga akan bertemu dengan mata kuliah yang lebih mengedepankan praktek lapangan dibandingkan hanya teori di dalam kelas saja, seperti Praktikum Ilmu Tanah Hutan, Praktikum Fitogeografi, Biometrika Hutan, dan masih banyak lagi.

Pada intinya, jika ingin mengambil jurusan ini maka bersiaplah untuk berhadapan dengan berbagai praktikum dan menghabiskan waktu di laboratorium. Meskipun jurusan satu ini terdengar belum terlalu populer, siapa sangka bahwa nyatanya yang mendaftar untuk masuk ke jurusan Kehutanan mencapai lebih dari 2 ribu calon mahasiswa.

Padahal daya tampungnya itu sendiri hanya 124 bangku saja. Selain itu, prospek pekerjaannya pun juga cukup menjanjikan. Sebagai lulusan Kehutanan, kamu akan memiliki kesempatan untuk bekerja baik itu di kementerian maupun di perusahaan swasta, seperti di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dinas Kehutanan, hingga di berbagai perusahaan swasta yang menyediakan peluang.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Brawijaya Bidang Saintek dan Soshum)
Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Soshum
6. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum - Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Saintek dan Soshum

Sekarang kita beralih ke jurusan paling favorit di UGM bidang soshum atau sosial humaniora. Nah, di urutan pertama terdapat Fakultas Ilmu Hukum yang terhitung memiliki peminat lebih dari 4000 calon mahasiswa untuk tahun 2019 namun hanya memiliki daya tampung 149 bangku setiap tahunnya.

Berdiri pada tanggal 17 Februari 1946, Fakultas Hukum UGM dikenal sebagai Fakultas Hukum Negeri pertama yang ada di Indonesia, bahkan jauh sebelum nama “Universitas Gadjah Mada” itu sendiri diresmikan.

Mungkin banyak yang beranggapan bahwa mahasiswa Fakultas Ilmu Hukum hanya belajar menghafal undang-undang saja. Padahal kenyataannya tidak seperti itu lho. Meskipun hal-hal yang dipelajari memang berhubungan dengan undang-undang, terutama di dalam penerapan di sebuah kasus, tetap saja mereka tidak akan menghafal seluruh undang-undang, melainkan hanya memahaminya saja.

Dalam jenjang S1, Ilmu Hukum dibagi menjadi 12 konsentrasi yang harus dipilih ketika berada di semester 5, yaitu Hukum Acara, Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Internasional, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Dagang, Hukum Agraria, Hukum Adat, Hukum Islam, Hukum Lingkungan, dan Hukum Pajak.

Lalu, bagaimana untuk prospek pekerjaannya? Tentu saja sangatlah menjanjikan. Seorang lulusan Ilmu Hukum akan berpeluang untuk bekerja di posisi-posisi yang bergengsi, seperti Konsultan Hukum, Staf Legal, Notaris Hakim atau Jaksa, hingga Staf Kementerian.

7. Psikologi

Psikologi - Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Saintek dan Soshum

Selanjutnya ada Psikologi yang juga bukan hanya masuk ke dalam daftar jurusan paling favorit di UGM bidang soshum melainkan juga di Perguruan Tinggi lainnya yang ada. Jurusan yang lebih mempelajari tingkah laku, mental, dan kejiwaan manusia ini memang cenderung identik dengan perempuan. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan pria pun juga bisa memilih jurusan ini.

Selain itu, masuk ke dalam jurusan Psikologi menjadi langkah awal bagi siapapun yang ingin meniti karir di bidang psikolog. Bagi kamu yang senang mengamati orang lain dan menilai mereka, belajar Psikologi bisa menjadi pilihan yang tepat. Akan banyak sekali mata kuliah seru yang kamu pelajari, dan tentu saja menjadi mahasiswa Psikologi kamu tidak hanya mempelajari teori-teori di dalam kelas saja, melainkan juga di lapangan.

Psikologi budaya, psikologi olahraga, psikologi agama dan spiritualitas, hingga psikologi gender merupakan beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari di jenjang pendidikan S1. Lalu bagaimana dengan prospek pekerjaannya?

Kamu tidak perlu khawatir karena memilih jurusan paling favorit di UGM bidang soshum satu ini tidak harus bekerja sebagai psikolog saja lho, melainkan juga pekerjaan di bidang lainnya yang tak kalah menjanjikan, diantaranya seperti sebagai HRD (Human Resources Development), konselor, guru bimbingan konseling, terapis anak, dan masih banyak lagi.

Terhitung pada tahun 2019, jurusan Psikologi UGM memiliki lebih dari 3000 peminat untuk memperebutkan 102 bangku.

8. Manajemen dan Akuntansi

Manajemen dan Akuntansi - Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Saintek dan Soshum

Jurusan paling favorit di UGM bidang soshum lainnya adalah jurusan Manajemen dan Akuntansi. Berdasarkan dari data di kampusaja.com, pada tahun 2019 terhitung bahwa peminat dari jurusan Manajemen mencapai lebih dari 3000 calon mahasiswa untuk memperebutkan 59 bangku sedangkan jurusan Akuntansi yang memiliki peminat lebih dari 2000 calon mahasiswa yang memperebutkan 68 bangku.

Sepertinya jurusan satu ini akan memiliki kompetisi yang jauh lebih ketat dibandingkan jurusan paling favorit di UGM bidang soshum lainnya yang sudah kita sebutkan sebelumya. Jurusan manajemen dan Akuntansi di UGM masuk ke dalam program studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang mana telah berdiri sejak tahun 1955.

Untuk mata kuliahnya itu sendiri, kedua jurusan ini sama-sama mempelajari ilmu ekonomi. Hanya saja yang membedakan adalah, Akuntansi lebih banyak mempelajari hitung-hitungan sementara manajemen lebih banyak mempelajari ilmu dasar dan teori.

Meski mempelajari ilmu yang berbeda, Akuntansi dan Manajemen memiliki prospek pekerjaan yang cukup menjanjikan lho. Bahkan hampir di seluruh perusahaan, baik itu negeri maupun swasta, lulusan Akuntansi dan Manajemen sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi-posisi yang tidak bisa dilakukan oleh para lulusan dari jurusan lain.

Untuk jurusan Akuntansi, prospek pekerjaan yang menanti diantaranya seperti Akuntan Publik, Auditor, Analis Keuangan, Konsultan Pajak, Perencana Keuangan, Akuntan Pemerintah, dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk jurusan Manajemen, prospek pekerjaan yang menanti diantaranya seperti Konsultan Bisnis, Konsultan Perbankan, Manajer Pemasaran, Manajer SDM, dan lain-lain.

9. Ilmu Hubungan Internasional

Ilmu Hubungan Internasional - Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Saintek dan Soshum

Menawarkan prospek pekerjaan yang sangat menjanjikan dan elegan membuat Ilmu Hubungan Internasional menjadi salah satu jurusan paling favorit di UGM bidang soshum. Berdiri pada tahun 1957, dapat dikatakan jurusan HI UGM merupakan pertama yang ada di Indonesia.

Namun pada tahun 2011, UGM mulai membagi program studi Hubungan internasional menjadi dua bagian, yaitu kelas reguler dan internasional yang mana terbagi lagi menjadi tiga konsentrasi atau peminatan, yaitu Global Politics and Security, Peace and Conflict Studies, dan International Political Economy and Development.

Bagi kamu yang ingin meniti karir di ranah internasional sekaligus mengembangkan kemampuan berbahasa asing, memilih jurusan HI bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat. Hanya saja, jika kamu mau masuk ke Ilmu Hubungan Internasional UGM, maka bersiap-siaplah untuk berkompetisi secara ketat.

Karena pasalnya di tahun 2019 ini, terhitung ada lebih dari 2000 calon mahasiswa yang memperebutkan 36 bangku saja. Tetapi, tentu saja perjuanganmu di awal akan segera terbayarkan, karena ketika lulus nanti, akan ada banyak sekali profesi-profesi keren dengan gaji fantastis yang sudah menanti.

Nah, diantaranya seperti menjadi Diplomat, Staf Kedutaan Asing, Konsultan Imigrasi, Konsultan Pendidikan Luar Negeri, hingga Politikus yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan.

(Baca Juga: 10 Jurusan Paling Favorit di Universitas Udayana Bidang Saintek dan Soshum)
10. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi - Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Saintek dan Soshum

Jurusan paling favorit di UGM bidang soshum yang masuk ke dalam daftar terakhir adalah Ilmu Komunikasi. Dengan prospek kerja yang begitu luas dan menjanjikan, tak heran apabila banyak sekali calon mahasiswa yang memilih jurusan ini, bukan hanya di UGM melainkan juga di Perguruan Tinggi lainnya.

Sama halnya dengan Ilmu Hubungan Internasional, para calon mahasiswa yang ingin masuk ke dalam jurusan Ilmu Komunikasi juga harus bersiap-siap untuk berkompetisi secara ketat. Karena terhitung di tahun 2019 ini, terdapat lebih dari 2000 pendaftar yang memperebutkan 34 bangku.

Jika kamu tertarik untuk meniti karir di bidang media, maka belajar Ilmu Komunikasi layak dijadikan pilihan. Banyak orang yang menganggap bahwa jurusan Ilmu Komunikasi hanya mempelajari etika berkomunikasi saja. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar lho.

Banyak sekali ilmu-ilmu yang akan kamu pelajari disini, mulai dari teori hingga praktik terjun lapangan, seperti broadcasting, periklanan, sinematografi, hingga penulisan naskah. Tidak hanya itu, prospek pekerjaannya pun sangat menjanjikan, bahkan untuk masa yang akan datang.

Jurusan Ilmu Komunikasi UGM terbagi menjadi empat konsentrasi atau peminatan, yaitu jurnalisme, media hiburan, humas, dan periklanan, yang pada nantinya dapat dipilih oleh para mahasiswa sesuai apa yang mereka sukai.

Sedangkan untuk prospek pekerjaannya itu sendiri, menjadi wartawan, presenter, editor, public relation (PR), periklanan, hingga sutradara merupakan beberapa profesi yang siap menantimu ketika lulus nanti. Keren banget kan!

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda