Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

by Nadhillah Kusindriani on 2 Juni, 2020

Siapa di antara kamu yang belum mengetahui Universitas Negeri Surabaya? Universitas yang dikenal dengan sebutan UNESA ini memiliki segudang jurusan paling favorit di UNESA bidang saintek dan soshum, lho ternyata. Dengan begitu, kamu bisa menjadikan universitas ini sebagai pilihan universitas negeri yang akan kamu tuju.

Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

Sekilas tentang Universitas Negeri Surabaya

Sekilas tentang universitas negeri Surabaya - Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

Sebelum membahas lebih jauh mengenai jurusan paling favorit di UNESA bidang saintek dan soshum, ada baiknya jika kamu terlebih dahulu mengetahui sekilas informasi tentang Universitas Negeri Surabaya itu sendiri.

Karena sejatinya, universitas yang memiliki panggilan khusus UNESA ini dahulunya merupakan sebuah Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan Surabaya (IKIP). Maka dari itu, tidak heran apabila universitas ini memiliki berbagai macam jurusan kependidikan.

Perubahan nama dari IKIP ke UNESA pun terjadi pada Desember 1964, tepatnya pada tanggal 19. Melalui peresmian tersebut, maka Universitas Negeri Surabaya mulai membuka beberapa jurusan baru di luar jurusan kependidikan.

Beberapa jurusan yang tersedia di UNESA selain jurusan kependidikan, di antaranya yaitu jurusan Manajemen, Sistem Informasi, Teknik Sipil, Fisika, Matematika, Desain, Seni Rupa, Ilmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Kesejahteraan Sosial dan lain sebagainya.

Seiring berjalannya waktu, Universitas Negeri Surabaya terus memberikan yang terbaik bagi sivitas akademika, baik dalam metode pembelajaran, lingkungan universitas, lingkungan fakultas, hingga fasilitas-fasilitas yang diberikan.

Oleh karena itu, sangat wajar apabila saat ini Universitas Negeri Surabaya mendapatkan akreditasi yang sangat baik, yaitu A. Pencapaian akreditasi ini menjadi hasil baik dari kinerja yang dilakukan oleh sivitas akademika UNESA.

(Baca Juga: Jurusan Terfavorit di Universitas Pattimura Bidang Saintek dan Soshum)
Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

Setelah mengetahui sekilas informasi tentang Universitas Negeri Surabaya pada penjelasan di atas, selanjutnya kamu akan mengetahui beberapa jurusan paling favorit di UNESA bidang saintek dan soshum.

Karena seperti yang sudah disinggung pada pembahasan sebelumnya, UNESA memiliki banyak sekali jurusan, mulai dari jurusan kependidikan hingga seni. Maka dari itu, CekAja.com pada kesempatan ini akan mengulas sembilan jurusan paling favorit di UNESA bidang Saintek dan Soshum.

Adapun sembilan jurusan tersebut akan dibagi menjadi dua sub pembahasan, yaitu yang jurusan paling favorit di UNESA bidang saintek dan jurusan paling favorit di UNESA bidang soshum.

Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek

Bidang saintek merupakan bidang yang sangat diidam-idamkan oleh siswa-siswi lulusan jurusan IPA di SMA nya. Bagaimana tidak, pasalnya siswa-siswi tersebut dapat melanjutkan ilmu dan pengetahuan saintek yang mereka miliki saat SMA, serta memfokuskannya ke jurusan yang diinginkan sesuai dengan minat bakat.

Lantas, apa saja jurusan paling favorit di UNESA bidang saintek? di bawah ini CekAja.com telah merangkumnya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. Pendidikan Matematika

Pendidikan Matematika - Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 45 kursi

Jumlah Pendaftar SBMPTN 2019: 501 pendaftar

Jurusan paling favorit di UNESA bidang saintek yang pertama adalah Pendidikan Matematika. Di bidang saintek sendiri, jurusan matematika dipandang layaknya ibu dari semua ilmu pengetahuan.

Sebab, semua ilmu terkait sains dan teknologi pasti membutuhkan matematika, sebagai dasar perhitungan atas segala sesuatu. Oleh karena itu, dengan masuk ke jurusan matematika, kamu akan banyak menguasai dasar-dasar ilmu matematika yang tentunya sangat berguna untuk kehidupan mu kelak.

Jika kamu masuk ke jurusan Matematika Universitas Negeri Surabaya, kamu pun memiliki prospek kerja yang cukup baik, yaitu kamu bisa bekerja sebagai ahli statistika, peneliti, tenaga pengajar, hingga bekerja di perusahaan perbankan.

2. Gizi

Gizi - Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: B

Daya Tampung SBMPTN 2020: 36 kursi

Jumlah Pendaftar SBMPTN 2019: 746 pendaftar

untuk kamu yang tertarik dengan bidang kesehatan tetapi tidak ingin masuk ke jurusan kedokteran dan sejenisnya, kamu bisa coba masuk ke jurusan yang satu ini. Sesuai dengan namanya, di jurusan Gizi kamu tentu akan berkutik soal gizi, keseimbangan nutrisi pada pangan dan lain sebagainya.

Hal-hal semacam itu nantinya akan diulik lagi lebih dalam melalui beberapa materi kuliah yang akan kamu pelajari, seperti biokimia gizi, ilmu bahan pangan, metabolisme zat gizi, gizi kuliner, gizi masyarakat hingga evaluasi gizi.

3. Teknik Sipil

Teknik Sipil - Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: B

Daya Tampung SBMPTN 2020: 36 kursi

Jumlah Pendaftar SBMPTN 2019: 492 pendaftar

Berikutnya ada jurusan Teknik Sipil yang menjadi jurusan paling favorit di UNESA bidang saintek. Jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang sangat tepat bagi kamu yang ingin bekerja sebagai manajer konstruksi, drafter, surveyor, perencana struktur hingga direktur konsultan perencana.

Hal tersebut karena, di jurusan yang telah terakreditasi B ini kamu akan banyak belajar tentang perancangan, konstruksi, pemeliharaan bangunan fisik dan lingkungan, yang didalamnya termasuk jalan, jembatan dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang ingin masuk ke jurusan Teknik Sipil UNESA, kamu bisa mengikuti seleksi masuk UNESA melalui tiga jalur yang tersedia, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri.

4. Teknik Informatika

Teknik Informatika - Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: C

Daya Tampung SBMPTN 2020: 54 kursi

Jumlah Pendaftar SBMPTN 2019: 636 pendaftar

Jurusan paling favorit di UNESA bidang saintek yang terakhir adalah jurusan Teknik Informatika. Meski akreditasi jurusan ini masih C, namun ternyata animo para calon mahasiswa untuk masuk ke jurusan Teknik Informatika UNESA cukup besar.

Hal tersebut terlihat dari jumlah peminat jurusan ini pada 2019 yang mencapai 636 pendaftar. Sedangkan, di tahun ini sendiri Teknik Informatika hanya membuka sebanyak 54 kursi untuk jalur masuk SBMPTN.

Dengan begitu, dapat diambil kesimpulan bahwa persaingan untuk bisa masuk ke jurusan Teknik Informatika cukup ketat, meskipun akreditasi yang jurusan ini miliki belum sempurna.

(Baca Juga: Jurusan IPS Paling Favorit untuk Kuliah dan Prospek Kerja yang Menanti)
Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Soshum

Jika melihat dunia pekerjaan, beberapa keahlian dari bidang soshum memang sangat dibutuhkan. Seperti misalnya keahlian dalam menjadi seorang public relation, kemampuan menulis, men-design, manajemen, komputer hingga menjadi seorang tenaga pendidik.

Untuk bisa memiliki keahlian-keahlian tersebut pun kamu perlu belajar, agar setidaknya kamu memiliki dasar dari keahlian yang ingin dikuasai. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan masuk ke jurusan dari bidang sosial dan humaniora (soshum).

Hal tersebut dikarenakan bidang soshum memiliki banyak sekali jurusan yang bisa kamu jadikan pilihan, khususnya bidang soshum di Universitas Negeri Surabaya. Maka dari itu, di bawah ini ada lima jurusan paling favorit di UNESA bidang soshum, yang di antaranya yaitu:

5. Manajemen

Manajemen - Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 81 kursi

Jumlah Pendaftar SBMPTN 2019: 990 pendaftar

Sudah menjadi hal umum apabila Manajemen menjadi jurusan paling favorit di hampir seluruh universitas di Indonesia, termasuk di Universitas Negeri Surabaya.

Bagaimana tidak, pasalnya jurusan yang satu ini menjanjikan prospek kerja yang luas dan menarik, di antaranya kamu bisa bekerja sebagai konsultan bisnis, konsultan di perbankan, manajer pemasaran, manajer SDM hingga menjadi tenaga pendidik.

Terlebih, jurusan ini memiliki akreditasi yang sempurna, yaitu A. Dengan begitu, jurusan ini dianggap telah memenuhi kebutuhan dengan baik, mulai dari fasilitas yang bagus, tenaga pendidik yang berkualitas serta lulusan yang mampu bersaing di dunia kerja.

6. PGSD

PGSD - Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 90 kursi

Jumlah Pendaftar SBMPTN 2019: 932 pendaftar

Menjadi satu hal menarik, bahwa jurusan PGSD belakangan ini menjadi salah satu jurusan paling favorit di UNESA bidang soshum. Hal tersebut dikarenakan, jurusan yang nantinya akan melahirkan lulusan-lulusan kompeten di bidang pendidikan ini, umumnya jarang diminati oleh para calon mahasiswa.

Sebab, lulusan dari jurusan PGSD tentu nantinya akan berkarir dan mengabdikan diri sebagai guru Sekolah Dasar (SD). Sehingga, selama masa pendidikan, kamu akan banyak belajar tentang strategi pembelajaran, pendidikan anak, pendidikan agama, pendidikan Pancasila, pendidikan seni, sains, dan materi-materi terkait pendidikan Sekolah Dasar lainnya.

7. AkuntansiAkuntansi - Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 54 kursi

Jumlah Pendaftar SBMPTN 2019: 657 pendaftar

Di urutan ketujuh ada jurusan Akuntansi sebagai jurusan paling favorit di UNESA bidang soshum. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki kemampuan menghitung dan senang berkutik dengan data dan angka.

Pasalnya, di jurusan ini kamu akan banyak belajar tentang akuntansi keuangan, akuntansi biaya, sistem informasi akuntansi, analisis laporan keuangan, perpajakan, pengauditan hingga akuntansi sektor publik.

Tidak hanya itu, lulusan dari jurusan ini pun nantinya akan bekerja sebagai akuntan publik, internal auditor, credit analyst maupun perencana keuangan.

8. Psikologi

Psikologi - Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: B

Daya Tampung SBMPTN 2020: 68 kursi

Jumlah Pendaftar SBMPTN 2019: 997 pendaftar

Jurusan paling favorit di UNESA bidang soshum yang kedelapan adalah Psikologi. Meskipun passing grade jurusan ini tidak terlalu tinggi, namun peminat jurusan Psikologi sangat banyak.

Hal tersebut terlihat dari jumlah peminat jurusan Psikologi tahun 2019 yaitu sebanyak 997 orang. Dengan begitu, tidak menutup kemungkinan apabila peminat jurusan Psikologi untuk tahun ini lebih besar.

Jika benar seperti itu, maka sudah bisa dipastikan bahwa persaingan untuk bisa masuk jurusan Psikologi sangat ketat. Sebab untuk SBMPTN sendiri, daya tampung yang diberikan hanya sebanyak 68 kursi.

9. Ilmu Administrasi Negara

Ilmu Administrasi Negara - Jurusan Paling Favorit di UNESA Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 45 kursi

Jumlah Pendaftar SBMPTN 2019: 525 pendaftar

Jurusan yang terakhir adalah Ilmu Administrasi Negara. Jurusan paling favorit di UNESA bidang soshum yang satu ini, merupakan jurusan yang menghasilkan lulusan-lulusan terbaik dan kompeten di bidang Ilmu Administrasi Negara.

Terlebih, prospek kerja dari jurusan yang satu ini pun cukup luas. Kamu bisa bekerja di instansi-instansi pemerintahan, seperti misalnya menjadi aparat pemerintah, anggota legislatif, anggota partai politik, konsultan pemerintahan dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, selain bekerja di ranah pemerintahan, kamu pun bisa bekerja sebagai tenaga pendidik, aktivis LSM, hingga asisten peneliti.

Hal tersebut dikarenakan, lulusan jurusan Ilmu Administrasi Negara UNESA dinilai memiliki kemampuan terkait administrasi negara, ekonomi politik, manajemen pelayanan umum, keuangan negara dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, jika kamu memiliki ketertarikan dengan dunia pemerintahan dan senang berkutik dengan hal-hal administrasi, jurusan Ilmu Administrasi Negara UNESA akan sangat cocok untuk kamu.

Nah, kini kamu telah mengetahui sembilan jurusan paling favorit di UNESA bidang saintek dan soshum. Dari sembilan jurusan tersebut, kamu bisa memilih salah satu jurusan yang paling sesuai dengan minat bakat mu.

Setelah selesai memilih jurusan yang akan kamu tekuni, selanjutnya kamu bisa mempersiapkan dana untuk biaya perkuliahan. Sebab, dana yang dibutuhkan tidak sedikit, sehingga kamu perlu mempersiapkannya sejak dini.

Tetapi, jika dana yang kamu miliki saat ini belum mencukupi, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai atau KTA dengan mudah dan cepat melalui CekAja.com. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis