Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jurusan Paling Favorit di Universitas Brawijaya Bidang Saintek dan Soshum

by Estrin Vanadianti Lestari on 31 Januari, 2020

Tidak lama lagi, berbagai proses seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) 2020 akan dimulai. Bagi para siswa SMA kelas tiga, atau para calon mahasiswa, setidaknya wajib mempersiapkan segala hal, demi bisa masuk PTN. Universitas Brawijaya, Malang, pun tak luput menjadi salah satu PTN favorit, yang banyak diserbu peserta Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

jurusan paling favorit di univeritas brawijaya bidang saintek dan soshum

Namun, sebelum siap bertarung memperebutkan kursi, apakah kamu tahu jurusan paling favorit di Universitas Brawijaya bidang saintek dan soshum? Pasalnya, dengan mengetahui informasi terkait jurusan favorit, kamu bisa mengetahui seberapa besar kesempatan yang kamu punya.

Data Total Pendaftar SBMPTN 2019 di Universitas Brawijaya

Kamu bisa melihat semua informasi tersebut, dari data pendaftaran SNMPTN maupun SBMPTN 2019. Universitas Brawijaya juga menjadi PTN yang menempati posisi pertama, sebagai PTN yang paling diminati dalam SBMPTN 2019, dengan jumlah peminat sebanyak 55.871.

Adapun untuk SBMPTN 2019, semua proses seleksi, nilainya diambil murni dari Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Tidak hanya itu, di Universitas Brawijaya juga menerapkan nilai yang 100 persen diambil dari UTBK, dan tidak ada kriteria lainnya, seperti nilai dari portofolio prestasi.

Lantas, bagaimana dengan data terkait jurusan paling favorit di Universitas Brawijaya, bidang saintek dan soshum? Nah, bagi kamu yang berminat untuk kuliah di Universitas Brawijaya, berikut data jurusan favorit di Universitas Brawijaya bidang saintek dan soshum.

Total Pendaftar SBMPTN 2019 Universitas Brawijaya
  • Sains dan Teknologi (Saintek): 33.987 Orang – Dengan kuota 3.627
  • Sosial dan Humaniora (Soshum): 21.884 Orang – Dengan kuota 1.988
(Baca Juga: 10 Jurusan Paling Favorit di Universitas Udayana Bidang Saintek dan Soshum)
Jurusan Favorit di Universitas Brawijaya Bidang Saintek dan Soshum pada SBMPTN 2019
A. Saintek
1. Agroteknologi (2.202 Pendaftar)

Jurusan Favorit di Universitas Brawijaya Bidang Saintek di SBMPTN 2019 yang pertama adalah jurusan Agroteknologi. Terpilih sebagai primadona, apa keunggulan dari jurusan Agroteknologi di Universitas Brawijaya?

Jurusan yang lebih banyak berkecimpung di bidang pertanian ini, ternyata banyak mempelajari ilmu-ilmu penting. Misalnya seperti Ilmu Pertanian, Dasar Ilmu Tanaman, Pemasaran Agribisnis, Teknologi Perlindungan Tanaman, dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan prospek kerjanya? Untuk reputasi alumni, 20 persen lulusan ini bekerja sebagai PNS, baik dosen atau peneliti di instansi pemerintah. 20 persen lain di perusahaan swasta, dan 40 persen lainnya sebagai pengusaha di sektor pertanian.

2. Peternakan (1.734 Pendaftar)

Jurusan favorit di Universitas Brawijaya bidang saintek di SBMPTN 2019 yang kedua adalah Peternakan. Jurusan yang dikenal dengan sebutan Fapet (Fakultas Peternakan) ini, didirikan pada 26 Oktober 1962.

Fapet Universitas Brawijaya juga menjadi fakultas peternakan terpandang di Asia Tenggara, bersama dengan Fapet IPB dan UGM, yang mewakili Indonesia. Untuk tingkatan jurusan, di sini tersedia S1 peternakan, S2 Ilmu Ternak, dan S3 Ilmu Ternak.

Untuk reputasi alumni, 6 persen alumni Fapet banyak bekerja sebagai profesional di beberapa perusahaan pakan ternak, maupun yang bergerak di sektor agribisnis, seperti Charoen Pokphand hingga Japfa. Sedangkan 11 persen lainya bekerja sebagai akademisi maupun peneliti, dan 9 persen sebagai pengusaha di bidang peternakan.

3. Pendidikan Dokter (1.468 Pendaftar)

Siapa yang tidak ingin masuk ke jurusan paling terkenal ini? Jurusan yang ada di peringkat ketiga, dalam daftar jurusan favorit di Universitas Brawijaya bidang saintek, pada SBMPTN 2019 ini adalah Pendidikan Dokter.

Seperti yang kita tahu, jurusan Pendidikan Dokter memang tidak pernah sepi peminat. Jurusan yang sangat menyenangkan ini, akan mempelajari cara mendiagnosa penyakit yang dialami pasien, lalu mengobati, hingga mencari cara untuk mencegah penyakit tersebut datang kembali.

Selama kuliah, kamu juga akan mempelajari anatomi tubuh manusia, biologi sel dan molekuler, genetika, biokimia, dan juga farmakologi. Bagaimana soal pekerjaannya nanti?

Untuk soal prospek kerja, kamu tidak perlu khawatir lagi, karena mahasiswa lulusan kedokteran biasanya tidak sulit dapat kerja. Kamu bisa praktek di rumah sakit, puskesmas, klinik, atau membuka klinik sendiri.

B. Soshum
1. Ilmu Hukum (2.584 Pendaftar)

Setelah bicara tentang bidang saintek, selanjutnya ada jurusan favorit di Universitas Brawijaya bidang soshum di SBMPTN 2019, yang pertama yakni Ilmu Hukum. Berdiri pada 1 Juli 1957, jurusan ini mengelola 3 jenjang pendidikan, yakni S1, S2 dan S3.

Pada 2010, Program Studi S1 Ilmu Hukum Universitas Brawijaya, mendapatkan akreditasi dengan kualifikasi A, untuk yang ketiga kalinya. Demikian halnya, untuk S2 juga ternyata mendapatkan kualifikasi A untuk yang kedua kalinya. Sedangkan untuk S3, mendapatkan kualifikasi B.

2. Ilmu Administrasi Bisnis (1.598 Pendaftar)

Jurusan favorit di Universitas Brawijaya bidang soshum di SBMPTN 2019 berikutnya adalah jurusan Ilmu Administrasi Bisnis. Program studi yang tersedia di jurusan yang didirikan pada 15 september 1960 ini, di antaranya adalah S1, S2, dan S3.

Tidak hanya itu, jika kamu kuliah disini, setidaknya akan ada hal yang akan dipelajari, yakni pemasaran, keuangan bisnis, sumber daya manusia, operasi bisnis, teori dan perilaku organisasi, perencanaan, ekonomi mikro dan makro, bea cukai, dan lain-lain. Untuk prospek kerjanya sendiri dapat bekerja di perusahaan swasta nasional dan multinasional, perusahaan negara, peneliti bisnis, dan lain-lain.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Saintek dan Soshum)

Bagaimana, tertarik daftar di Jurusan favorit Universitas Brawijaya, bidang soshum dan saintek di atas? Namun, selain mempersiapkan kemampuan untuk proses seleksi, tentunya kamu juga harus mempersiapkan biaya pendidikan.

Nah, untuk masalah biaya pendidikan, kamu bisa gunakan uang tabunganmu. Akan tetapi, jika impianmu berkuliah terhalang biaya tak perlu khawatir. Karena kamu bisa gunakan Kredit Tanpa Agunan, sebagai bantuan biaya pendidikan.

Yuk, ajukan segera KTA demi pendidikan yang mumpuni, hanya di situs Cekaja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk