Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta Bidang Saintek dan Soshum

by Vera Khairifah on 28 Mei, 2020

Berbagai universitas di Indonesia kini semakin meningkatkan kualitasnya. Jurusan paling favorit pun akhirnya diburu banyak peminat. Buat kamu yang mau tahu, ini dia daftar jurusan paling favorit di Universitas Negeri Yogyakarta Bidang Saintek dan Soshum.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  Bidang Saintek Dan Soshum

Mengenal UNY dan Jurusannya

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) adalah universitas yang sudah ada sejak 1964 dengan nama sebelumnya yakni Institut Keguruan dan Ilmu Kependidikan (IKIP). Ada beberapa kampus yang tersebar di beberapa lokasi di Jogja, dengan lebih dari 100 jurusan yang beragam. Mulai dari bidang saintek dan soshum, dari tingkat D3 sampai S3.

Universitas ini memang cukup populer di Kota Pelajar ini. Banyaknya calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan kuliah di sini membuat kampus yang dipimpin oleh rektor Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd ini memiliki beberapa jurusan paling favorit di Universitas Negeri Yogyakarta Bidang Saintek dan Soshum.

Sebagian besar, jurusan yang tersedia di Universitas Negeri Yogyakarta ini adalah Ilmu Pendidikan yang cocok untuk mahasiswa yang mungkin minat berkarir menjadi guru atau tenaga pengajar lainnya. Meskipun begitu, karir profesional lainnya juga tetap bisa kamu tekuni setelah lulus dari Universitas Negeri Yogyakarta ini.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  Bidang Saintek Dan Soshum

Berikut daftar jurusan paling favorit di Universitas Negeri Yogyakarta Bidang Saintek dan Soshum untuk tingkat S1. Daftar jurusan favorit ini didasarkan pada jumlah peminat atau pendaftar serta jumlah ketersediaan kursi mahasiswa baru pada tahun 2019.

1. Pendidikan Teknik Informatika

Pendidikan Teknik Informatika - Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  Bidang Saintek Dan Soshum

Akreditasi: B

Jurusan paling favorit di Universitas Negeri Yogyakarta Bidang Saintek dan Soshum yang pertama adalah Jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Pada tahun 2019, jumlah pendaftar untuk jurusan ini sekitar 3800-an orang. Sedangkan jumlah ketersediaan kursi untuk mahasiswa baru hanya ada 40 kursi.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan teknologi. Mulai dari ilmu komputer, pemrograman, mengenal lebih dalam perangkat lunak, dan lain sebagainya. Jurusan ini cocok untuk kamu yang menyukai analisa matematis yang teliti.

2. Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan

Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan - Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  Bidang Saintek Dan Soshum

Akreditasi: A

Selanjutnya, ada jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan yang juga masih masuk ke dalam Fakultas Teknik di Universitas Negeri Yogyakarta. Jumlah peminat pada tahun lalu sebanyak 3.200-an orang, dengan jumlah bangku mahasiswa diterima hanya 40 kursi.

Jurusan ini mempelajari proses merancang, membangun, dan merenovasi berbagai bangunan atau infrastruktur berskala besar. Seperti gedung, jembatan, jalan tol, bendungan, dan lainnya.

Karena berkaitan dengan pembangunan, maka mahasiswa jurusan paling favorit di Universitas Negeri Yogyakarta bidang saintek ini harus cermat dan teliti. Baik dalam melakukan analisa, pengembangan dan penemuan ide, serta hitungan matematis.

3. Biologi

Biologi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  Bidang Saintek Dan Soshum

Akreditasi: A

Selain Fakultas Teknik, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) juga menjadi jurusan paling favorit di Universitas Negeri Yogyakarta bidang saintek. Jumlah peminat pada proses seleksi penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 lalu sebanyak 3.100-an orang, dengan jumlah bangku tersedia sebanyak 80 kursi.

Jurusan ini mempelajari ilmu yang berkaitan dengan struktur dan anatomi semua makhluk hidup.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di UGM Bidang Saintek dan Soshum)
4. Kimia

Kimia - Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Jurusan paling favorit di Universitas Negeri Yogyakarta bidang saintek selanjutnya adalah Jurusan Kimia. Walau tahun lalu tersedia bangku untuk mahasiswa baru yang cukup banyak, yakni 105 kursi, namun jumlah pendaftarnya juga tak kalah banyak. Yakni hampir 2.800 orang.

Di sini, kamu bakal mempelajari struktur, komposisi, hingga sifat semua material atom sampai molekul. Kalau kamu menyukai kelas praktek laboratorium, jurusan ini pas sekali.

5. Pendidikan Biologi

Pendidikan Biologi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Jumlah pendaftar untuk jurusan ini pada tahun 2019 adalah sekitar 2.700-an orang. Sedangkan jumlah kursi untuk mahasiswa yang diterima yakni 80 kursi. Hampir sama seperti Jurusan Biologi Universitas Negeri Yogyakarta, jurusan ini mempelajari struktur dan anatomi makhluk hidup.

Bedanya, Jurusan Pendidikan Biologi menekankan pada keberhasilan mahasiswa untuk menjadi pengajar Ilmu Biologi.

6. Manajemen

Manajemen - Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Jurusan paling favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  bidang saintek dan soshum memang beragam. Untuk bidang soshum, calon mahasiswa banyak memburu Jurusan Manajemen. Tahun lalu, tersedia 240 kursi. Namun jumlah peminatnya juga membludak hingga hampir 8.800 orang, lho.

Jurusan Manajemen memang ilmunya hampir dibutuhkan di setiap industri pekerjaan. Tak heran jika banyak yang menyasar jurusan ini.

7. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: B

Rasanya, Jurusan Ilmu Komunikasi memang populer di universitas manapun. Jurusan paling favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  bidang soshum ini mampu menarik 5.300 peminat dengan ketersediaan kursi sebanyak 50 kursi saja. Bisa dibayangkan kan ketatnya persaingan untuk masuk ke sini?

Berbagai pola komunikasi antar manusia akan kamu pelajari di sini. Lulusan jurusan ini nantinya bisa bekerja sebagai Staf Humas, Wartawan, pekerja kreatif di industri periklanan, dan lain-lain.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
8. Psikologi

Psikologi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: –

Jurusan paling favorit di Universitas Negeri Yogyakarta bidang soshum lainnya adalah Jurusan Psikologi. Antusias calon mahasiswa untuk masuk ke jurusan ini sangat tinggi, hingga mencapai 5.000-an pendaftar pada tahun lalu dengan ketersediaan kursi sebanyak 80 kursi.

meskipun begitu, akreditas untuk jurusan ini belum ditetapkan. Sebab, ini merupakan jurusan baru.

Jurusan Psikologi mempelajari pikiran, mental dan perilaku manusia secara mendalam. Mahasiswa nanti akan diajarkan meneliti alur pemikiran dan alasan di balik sebuah tindakan atau perilaku seseorang.

9. Akuntansi

Akuntansi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  Bidang Saintek Dan Soshum

Akreditasi: A

Tahun lalu, Jurusan Akuntansi di Universitas Negeri Yogyakarta menarik hati hampir 5.000 pendaftar yang memperebutkan 120 kursi.

Banyak calon mahasiswa tampaknya ingin menjadi seorang akuntan, mengingat profesi ini dibutuhkan di semua perusahaan. Maka dari itu, tak heran jika jurusan ini begitu populer.

10. Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta  Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Jurusan paling favorit di Universitas Negeri Yogyakarta bidang soshum yang terakhir adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Sesuai namanya, mahasiswa akan diajarkan menjadi tenaga pengajar berkompeten di tingkat SD.

Akreditasi jurusan di Universitas Negeri Yogyakarta ini sangat baik, hingga mampu menyedot animo 4.400 pendaftar yang memperebutkan 200 kursi pada 2019 lalu.

Itulah daftar jurusan favorit di Universitas Negeri Yogyakarta bidang saintek dan soshum berdasarkan jumlah peminat dan ketersediaan kursi pada tahun 2019.

Sekarang, kamu tak perlu lagi bingung melanjutkan kuliah di universitas favorit incaran mu. Sebab tersedia Kredit Tanpa Agunan (KTA) yang bisa digunakan untuk kebutuhan apa saja. Ajukan secara mudah dengan sistem online melalui CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast