Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Jurusan Paling Favorit di Universitas Palangka Raya Bidang Saintek dan Soshum

by Estrin Vanadianti Lestari on 2 Juni, 2020

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020, rencananya akan dilaksanakan pada Juli mendatang. Buat kamu para calon mahasiswa, yang tak lolos SNMPTN, dan tetap ingin melanjutkan pendidikan ke PTN, sebaiknya cek kembali informasi terkait calon PTN yang kamu pilih. Nah, buat kamu yang memilih Universitas Palangka Raya, sepertinya wajib untuk mengetahui jurusan paling favorit di Universitas Palangka Raya bidang saintek dan soshum berikut ini.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Palangka Raya Bidang Saintek dan Soshum

Tidak hanya mengetahui jurusan paling favorit di Universitas Palangka Raya bidang saintek dan soshum, sebagai calon mahasiswa yang tekun, kamu juga harus mengetahui informasi terkait daya tampung, peminat jurusan tahun sebelumnya, dan passing grade.

Sekilas Tentang Universitas Palangka Raya atau UPR

Namun, sebelum mengetahui lebih lanjut terkait jurusan paling favorit di Universitas Palangka Raya bidang saintek dan soshum, beserta daya tampung hingga passing grade, sebaiknya kamu ketahui dulu sekilas informasi terkait kampus ini. UPR (Universitas Palangka Raya) adalah salah satu perguruan tinggi negeri terkenal yang berada di kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Universitas Palangka Raya sendiri, telah didirikan sejak 10 November 1963, dan menjadi perguruan pertama dan tertua di provinsi Kalimantan Tengah. UPR memiliki delapan fakultas di antaranya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta Bidang Saintek dan Soshum)

Bagaimana tertarik untuk mendaftarkan diri ke Universitas Palangka Raya? Yuk, langsung saja cek jurusan paling favorit di Universitas Palangka Raya bidang saintek dan soshum, beserta informasi tentang daya tampung, peminat SBMPTN 2019, dan passing grade.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Palangka Raya Bidang Saintek
1. Pendidikan Dokter

Jurusan Paling Favorit di Universitas Palangka Raya Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 50
  • Peminat SBMPTN 2019: 414
  • Passing Grade: –

Jurusan paling favorit di Universitas Palangka Raya bidang saintek yang pertama adalah Pendidikan Kedokteran. Tidak hanya di UPR, jurusan pendidikan kedokteran memang selalu menjadi yang favorit di PTN lainnya.

Hal tersebut dikarenakan, prospek kerja seorang dokter memang lebih terjamin, meski biaya pendidikannya cenderung lebih mahal, ketimbang jurusan saintek lainnya.

Di UPR sendiri, biaya kuliah jurusan Pendidikan Kedokteran bisa mencapai sekitar Rp80 juta hingga lulus, di mana biaya tersebut belum termasuk biaya peralatan, buku dan lain-lain.

2. Teknik Perangkat Lunak (Teknik Informatika)

Teknik Perangkat Lunak (Teknik Informatika) - Jurusan Paling Favorit di Universitas Palangka Raya Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 45
  • Peminat SBMPTN 2019: 400
  • Passing Grade: 29,90%

Selanjutnya ada Teknik Perangkat Lunak atau Teknik Informatika, yang juga menjadi jurusan paling favorit di Universitas Palangka Raya bidang saintek.

Jurusan Teknik Informatika juga bisa dibilang sebagai jurusan yang sangat dicari saat ini. Terlebih, saat ini teknologi sudah mulai canggih, dan semua orang mulai beralih ke berbagai perangkat yang di mana banyak perusahaan membutuhkan tenaga IT.

3. Teknik Sipil

Teknik Sipil - Jurusan Paling Favorit di Universitas Palangka Raya Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 80
  • Peminat SBMPTN 2019: 283
  • Passing Grade: 24,00%

Tidak kalah favorit dari jurusan Teknik Informatika, Teknik Sipil juga sering menjadi jurusan favorit di setiap PTN termasuk di Universitas Palangka Raya. Untuk akreditasi, jurusan Teknik Sipil memiliki nilai akreditasi B dari BAN-PT.

Lulusan Teknik Sipil UPR, diharapkan bisa menerapkan keilmuan secara aktif, melalui berbagai kegiatan pengabdian pada masyarakat, sehingga bisa mengembangkan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

4. Kehutanan

Kehutanan - Jurusan Paling Favorit di Universitas Palangka Raya Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 100
  • Peminat SBMPTN 2019: 229
  • Passing Grade: 19,10%

Mungkin karena di Kalimantan terdapat banyak hutan yang lebat dan luas, membuat jurusan Kehutanan, menjadi jurusan paling favorit di Universitas Palangka Raya bidang saintek.

Di jurusan ini nantinya calon mahasiswa akan mempelajari segala sesuatu tentang hutan, mulai dari ekologi hutan, fisiologi tumbuhan, satwa, ilmu tanah, hingga pengolahan dan manajemen hasil hutan.

Buat kamu yang anaknya alam banget, sepertinya cocok untuk memilih jurusan ini. Di mana kamu bisa belajar sekaligus menjalankan hobi, seperti menelusuri hutan-hutan dan gunung.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Palangka Raya Bidang Soshum
1. Manajemen

Manajemen - Jurusan Paling Favorit di Universitas Palangka Raya Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 125
  • Peminat SBMPTN 2019: 482
  • Passing Grade: 25,10%

Jurusan paling favorit di Universitas Palangka Raya bidang soshum yang pertama adalah jurusan Manajemen. Sering dipilih karena memiliki jenjang dan prospek pekerjaan yang bagus, sehingga jurusan ini selalu penuh oleh peminat di berbagai PTN.

Jurusan Manajemen merupakan jurusan yang mempelajari mengenai bagaimana mengelola suatu perusahaan atau organisasi. Selain itu, kamu juga harus paham bidang bisnis dan ekonomi.

Pasalnya, nanti kamu akan bertanggung jawab dalam mengelola, merencanakan, hingga mengatur semua proses dalam sebuah perusahaan, untuk mencapai suatu tujuan.

2. Akuntansi

Akuntansi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Palangka Raya Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 125
  • Peminat SBMPTN 2019: 312
  • Passing Grade: 29,70%

Akuntansi juga menjadi jurusan paling favorit di UPR, bidang soshum, dan menjadi jurusan paling tinggi persentase passing gradenya, yakni 29,70%.

Bisa dibilang juga, buat kamu minat di jurusan ini, kamu wajib menyukai pelajaran hitungan atau menyukai pelajaran matematika. Pasalnya, kamu akan banyak menemukan angka dan data.

Kamu juga akan mempelajari bagaimana mencatat keuangan sebuah perusahaan. Mulai dari keuangan perpajakan, audit, hingga pelaporan keuangan setiap hari, bulan dan tahun.

3. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum - Jurusan Paling Favorit di Universitas Palangka Raya Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 100
  • Peminat SBMPTN 2019: 301
  • Passing Grade: 24,80%

Ingin bekerja di bidang hukum, seperti menjadi hakim, notaris, staf legal di perusahaan, dan masih banyak lagi? Jurusan Ilmu Hukum bisa jadi pilihan yang tepat. Terlebih, jurusan ini juga termasuk dalam jurusan paling favorit di Universitas Palangka Raya bidang soshum.

Namun, mau jadi apapun kamu nanti, seorang sarjana hukum juga harus mengerti semua tentang hukum-hukum dasar. Misalnya seperti konstitusi, hukum perdata, hukum dagang, hukum tata negara, hukum pidana, hukum tata pidana, dan lain-lain.

(Baca Juga: Siapkan Asuransi Pendidikan Anak di Tengah Pandemi Covid-19)
4. Ilmu Pemerintahan

Ilmu Pemerintahan - Jurusan Paling Favorit di Universitas Palangka Raya Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 63
  • Peminat SBMPTN 2019: 291
  • Passing Grade: 19,50%

Tak banyak yang menyangka, bahwa jurusan Ilmu Pemerintahan, menjadi jurusan dengan peminat terbanyak ke empat, dalam SBMPTN 2019 lalu di Universitas Palangka Raya bidang soshum.

Di mana jurusan ini akan mempelajari bagaimana cara mengkaji berbagai permasalahan organisasi, administrasi, manajemen, dan kepemimpinan dalam penyelenggaraan organisasi, maupun badan publik, yang bertugas melaksanakan kekuasaan negara, sebagaimana yang tertuang dalam peraturan perundang-undangan.

Nah, itu dia beberapa informasi terkait jurusan paling favorit di Universitas Palangka Raya bidang saintek dan soshum, beserta daya tampung dan passing gradenya. Sudahkah kamu mempersiapkan untuk bersaing dengan ratusan pendaftar?

Eits, selain mempersiapkan kemampuanmu dalam ujian seleksi di SBMPTN 2020 nanti, apakah kamu juga sudah mempersiapkan dana pendidikannya? Belum lagi jika kamu ingin merantau, pasti wajib memiliki persiapan dana lebih selain biaya pendidikan.

Nah, buat kamu yang tabungan pendidikannya pas-pasan, jangan berkecil hati. Kamu tetap bisa menggapai impianmu untuk kuliah di PTN favorit kok, yakni dengan mengajukan pinjaman dana pendidikan di CekAja.com.

Di CekAja.com, akan ada banyak penawaran menarik terkait produk pinjaman dana pendidikan, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuanganmu. Jadi, tidak ada alasan bukan untuk tidak melanjutkan pendidikan setinggi mungkin?

Yuk, ajukan segera pinjaman dana pendidikan, untuk masa depan yang lebih baik, hanya di CekAja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk