Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Jurusan Paling Favorit di Universitas Sam Ratulangi Bidang Saintek dan Soshum

by Ayunindya Annistri on 6 Mei, 2020

Pengumuman kelulusan siswa-siswi SMA atau SMK tahun 2020 telah dilakukan pada Minggu (03/05) lalu. Buat kamu yang berminat melanjutkan pendidikan di Kota Manado, berikut deretan jurusan paling favorit di Universitas Sam Ratulangi Bidang Saintek dan Soshum.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Sam Ratulangi Bidang Saintek dan Soshum

Universitas Sam Ratulangi atau dikenal UNSRAT adalah perguruan tinggi negeri Indonesia yang berada di Manado, Sulawesi Utara. PTN ini didirikan pada 14 September 1965, dan telah mengantongi akreditasi A berdasarkan SK BAN-PT nomor 5236/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2017.

Unsrat memiliki 11 fakultas dan 83 program studi untuk jenjang sarjana dan 1 program pascasarjana. Beberapa diantaranya disebut sebagai jurusan paling favorit terutama dalam Bidang Saintek dan Soshum.

Hingga 2019 lalu, Universitas Sam Ratulangi telah memiliki mahasiswa sebanyak 22.646 orang. Untuk kamu yang tertarik masuk ke universitas ini, kamu bisa mengikuti seleksi dalam tiga tahapan. Pertama, SNMPTN yakni jalur seleksi tanpa tes dan hanya berdasarkan nilai rapor serta prestasi lainnya sesuai ketentuan PTN.

Kedua, jalur SBMPTN dengan sistem ujian tertulis. Dan terakhir, jalur mandiri yang memiliki sistem tes serupa dengan SBMPTN.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek dan Soshum)
Jurusan Paling Favorit di Universitas Sam Ratulangi Bidang Saintek dan Soshum

Berikut daftar jurusan paling favorit di Universitas Sam Ratulangi Bidang Saintek dan Soshum. Perlu diketahui, bila daftar ini diambil berdasarkan total peminat calon mahasiswa pada 2019 lalu, dan sesuai dengan akreditasi yang dimiliki tiap jurusan.

1. Pendidikan Dokter

Akreditasi: A

Passing grade: 46,5%

Daya tampung SBMPTN 2020: 90 kursi

Jurusan paling favorit di Universitas Sam Ratulangi Bidang Saintek yang pertama adalah Jurusan Pendidikan Dokter. Pada penilaian BAN-PT tahun 2018 lalu, jurusan ini berhasil menduduki peringkat keenam di Indonesia dengan akreditasi fakultas, yaitu A.

Selain tersedia untuk prodi S1, UNSRAT juga memiliki Program Pendidikan Dokter Spesialis, bagi dokter umum yang ingin melatih kemampuannya untuk menjadi seorang dokter spesialis tertentu. Lama pendidikannya sendiri bervariasi, namun rata-rata sekitar 8 semester.

2. Ilmu Kesehatan Masyarakat

Akreditasi: B

Passing grade: 31,1%

Daya tampung SBMPTN 2020: 125 kursi

Meski jurusan ini baru berdiri pada 2009, namun Ilmu Kesehatan Masyarakat banyak diminati oleh calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia, dengan total peminat berjumlah 569 orang pada 2019 lalu.

Salah satu jurusan paling favorit di Universitas Sam Ratulangi Bidang Saintek ini memiliki beberapa bidang minat yang dapat dipilih oleh mahasiswa. Mulai dari Bidang Minat Epidemiologi, Promosi Kesehatan, hingga Bidang Kesehatan dan Keselamatan Kerja.

3. Teknik Sipil

Akreditasi: A

Passing grade: 27,7%

Daya tampung SBMPTN 2020: 69 kursi

Dengan total peminat 568 orang pada SBMPTN 2019 lalu, Teknik Sipil di Universitas Sam Ratulangi memiliki capaian label akreditasi A. Jurusan ini memiliki banyak laboratorium yang disesuaikan dengan bidang teknik itu sendiri, diantaranya Laboratorium Teknik Pantai, Teknik Lingkungan, Struktur Material, Teknik Pertambangan, dan laboratorium teknik lainnya.

Dengan fasilitas yang memadai, Jurusan Teknik Sipil ini diharapkan dapat mencetak lulusan terbaik dibidangnya, serta mampu memperluas akses pelayanan ke semua strata masyarakat.

4. Manajemen

Akreditasi: A

Passing grade: 32,9%

Daya tampung SBMPTN 2020: 230 kursi

Tidak hanya Bidang Saintek saja yang unggul, Universitas Sam Ratulangi juga masih memiliki beberapa jurusan di Bidang Soshum dengan kualitas pengajaran di atas rata-rata. Hal ini terbukti dengan daya minat SBMPTN 2019 lalu yang mencapai 774 orang.

Jurusan paling favorit pertama di Universitas Sam Ratulangi Bidang Soshum ini tergabung dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Dimana Jurusan Manajemen juga tersedia bagi calon mahasiswa yang mengikuti program S2, yaitu Magister Manajemen.

5. Ilmu Hukum

Akreditasi: B

Passing grade: 29,0%

Daya tampung SBMPTN 2020: 400 kursi

Tahun lalu, Jurusan Ilmu Hukum Universitas Sam Ratulangi diminati hingga 673 orang. Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk sebuah jurusan dengan akreditasi B. Di jurusan ini, kamu bakal belajar banyak hal mengenai hukum negeri, mulai dari Dasar-Dasar Ilmu Hukum, Hukum Keperdataan, Hukum Pidana, Hukum Internasional, hingga Hukum dan Masyarakat.

6. Akuntansi

Akreditasi: A

Passing grade: 35,9%

Daya tampung SBMPTN 2020: 150 kursi

Dengan label akreditasi A yang melekat pada jurusan paling favorit di Universitas Sam Ratulangi Bidang Soshum ini, Akuntansi UNSRAT pernah mendapatkan rekomendasi dari pihak Ikatan Akuntan Indonesia untuk membuka Program Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) pada 2004 lalu.

Jurusan ini juga menyediakan Program Akuntansi Keuangan Daerah untuk mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat pascasarjana. Lulusan dari Akuntansi Universitas Sam Ratulangi sendiri bisa menjadi seorang Teknisi Sistem Informasi Akuntansi, Asisten Auditor, Teknisi Tax Accounting, dan masih banyak lagi.

Itulah sederet jurusan paling favorit di Universitas Sam Ratulangi Bidang Saintek dan Soshum yang salah satunya bisa kamu pilih. Sebelum memasuki masa perkuliahan, memang sebaiknya kamu menyiapkan dana pendidikan hingga kelulusan nanti. Mengingat di zaman yang serba modern ini, seluruh kebutuhan hidup terus mengalami peningkatan, termasuk pula biaya kuliah.

Dapatkan Dana Pendidikan untuk Kuliah dengan KTA Permata

Tak perlu bingung mencari pinjaman dana pendidikan kemana, yang penting jangan pernah menggunakan layanan rentenir, karena biasanya pihak bodong ini selalu menaikkan suku bunga yang membuat debitur merugi.

Untunglah, kini ada fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA) dari Bank Permata. Dengan dana pendidikan KTA Permata, kamu bisa mendapatkan uang tunai hingga batas maksimal mencapai Rp300 juta, dan pastinya dengan suku bunga yang menarik pula.

Pengajuannya sendiri bisa dilakukan melalui CekAja.com, yang terbukti aman dan dengan proses pencairan cepat. Yuk, miliki dana pendidikan dari KTA Permata sekarang juga!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau