Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

Jurusan Terfavorit di Universitas Mulawarman Bidang Saintek dan Soshum

by Nadhillah Kusindriani on 8 Mei, 2020

Bagi kamu siswa-siswi Samarinda, Universitas Mulawarman mungkin menjadi salah satu universitas negeri favorit yang akan kamu tuju. Namun, sebelum memutuskan jurusan apa yang akan kamu pilih, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Saintek dan Soshum yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu.

Jurusan Terfavorit di Universitas Mulawarman Bidang Saintek dan Soshum

Seperti yang diketahui, jadwal pelaksanaan perkuliahan seharusnya akan di mulai pada bulan Agustus mendatang. Namun, adanya pandemi virus corona atau Covid-19 saat ini, membuat jadwal perkuliahan mungkin akan mundur.

Kamu bisa memanfaatkan ini sebagai peluang untuk mencari tahu beberapa informasi terkait Universitas Mulawarman. Salah satunya adalah informasi terkait jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Saintek dan Soshum.

Jurusan Terfavorit di Universitas Mulawarman Bidang Saintek

Bidang Saintek sendiri merupakan salah satu bidang yang paling diincar oleh banyak calon mahasiswa. Bagaimana tidak, bidang ini memiliki banyak jurusan terfavorit di hampir seluruh universitas di Indonesia, termasuk Universitas Mulawarman.

Tidak hanya itu, prospek kerja untuk lulusan bidang Saintek pun cukup banyak dan bagus. Pasalnya, banyak dari perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dari lulusan bidang Saintek.

Lantas, apa saja jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Saintek? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Pendidikan Dokter

Akreditasi: A

Passing Grade: 42.0%

Kuota Penerimaan: 100 kursi

Jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Saintek yang pertama adalah Pendidikan Dokter. Jurusan yang satu ini sudah pasti menjadi jurusan pertama yang sangat diincar banyak calon mahasiswa.

Pasalnya, jurusan yang berdiri sejak 2001 ini menjadi satu-satunya pendidikan kedokteran yang ada di provinsi Kalimantan Timur hingga saat ini. Oleh karena itu, tidak heran apabila jurusan ini sangat diidam-idamkan banyak calon mahasiswa kedokteran di sekitar daerah Kalimantan Timur.

Untuk jurusan kedokteran sendiri, Universitas Mulawarman menerima sekitar 70 calon mahasiswa baru. 70 orang tersebut merupakan gabungan dari keseluruhan calon mahasiswa baru yang diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN.

Di mana, untuk jalur SNMPTN sendiri Unmul hanya menerima 42 kursi. Sedangkan untuk SBMPTN Unmul menerima 28 kursi. Unmul juga tidak membuka Seleksi Mandiri untuk kamu yang ingin masuk ke jurusan pendidikan dokter.

Maka dari itu, dua jalur tersebut harus kamu manfaatkan sebaik mungkin apabila ingin masuk ke jurusan pendidikan dokter Universitas Mulawarman. Terlebih, passing grade jurusan ini terbilang cukup longgar dibandingkan universitas lainnya.

(Baca Juga: 15 Universitas Terbaik di Dunia)
2. Farmasi

Akreditasi: B

Passing Grade: 36.4%

Kuota Penerimaan: 150 kursi

Jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Saintek selanjutnya adalah Farmasi. Meski menjadi jurusan terfavorit, namun farmasi memiliki banyak beasiswa yang bisa kamu gunakan.

Uang kuliah tunggal (UKT) di jurusan farmasi sendiri berkisar Rp500.000,- – Rp10.000.000,-. Namun kamu tidak perlu khawatir, sebab UKT akan disesuaikan dengan kemampuan finansial setiap calon mahasiswa.

Jika kamu masuk ke jurusan farmasi Universitas Mulawarman, kamu akan belajar seputar obat-obatan. Mulai dari cara membuat obat, senyawa penyusunnya hingga kode dari obat-obatan itu sendiri.

Tidak hanya itu, kamu pun akan mempelajari hal-hal seputar kesehatan masyarakat dan manajemen pemasaran.

Untuk prospek kerjanya sendiri, kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya jurusan farmasi kini banyak dibutuhkan di beberapa rumah sakit, instansi atau pun perusahaan kesehatan.

Kamu bisa bekerja di perusahaan farmasi, apotek di rumah sakit, kementerian kesehatan, lab klinik, peneliti obat hingga tenaga pendidik.

3. Kesehatan Masyarakat

Akreditasi: B

Passing Grade: 31.5%

Kuota Penerimaan: 110 kursi

Kesehatan Masyarakat nyatanya juga menjadi salah satu jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Saintek. Hal tersebut dapat dilihat dari passing grade jurusan ini yaitu sebesar 31.5 persen.

Tidak hanya itu, tingginya animo calon mahasiswa kesehatan masyarakat dapat dilihat dari total pendaftar pada SBMPTN 2018 yang mencapai 1.396 orang. Lebih dari itu, di tahun 2019 pun jurusan ini hanya menerima 18 orang saja, sehingga persaingan antara mahasiswa cukup ketat.

Maka dari itu, melihat dari pengalaman tahun lalu, di mana animo masyarakat terhadap jurusan ini sangat tinggi, maka pada tahun ini Universitas Mulawarman sedikit melonggarkan daya tampung untuk jurusan ini, yaitu sebesar 110 kursi.

Oleh karena itu, bagi kamu yang ingin masuk jurusan kesehatan masyarakat Universitas Mulawarman, kamu bisa memanfaatkan peluang ini sebaik mungkin. Terlebih, ada  tiga jalur yang bisa kamu ikuti, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

4. Ilmu Komputer

Akreditasi: B

Passing Grade: 34.9%

Kuota Penerimaan: 40 kursi

Berikutnya ada Ilmu Komputer yang masuk sebagai jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Saintek. Seperti yang diketahui, lulusan dari jurusan ilmu komputer sangat dibutuhkan saat ini.

Sebab, semua pekerjaan kini sudah berbasis data dan komputer. Sehingga, peluang kerja dari lulusan ini pun cukup besar. Kamu bisa bekerja di perusahaan-perusahaan IT atau pun instansi pemerintah.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa bekerja sebagai freelance programmer, kemudian tenaga pendidik, konsultan IT hingga game developer bagi kamu yang suka berkutik dengan permainan.

Hanya saja, untuk masuk ke jurusan ilmu komputer di Universitas Mulawarman sedikit sulit. Pasalnya, passing grade dari jurusan ini cukup besar, yaitu 34.9 persen.

Terlebih daya tampung dari jurusan ini tidak terlalu besar, yaitu hanya 40 kursi yang tersedia dan menjadi rebutan banyak calon mahasiswa.

Meski begitu, kuota tersebut sudah sedikit diperbesar dari tahun-tahun sebelumnya. Di mana, pada 2018 sendiri jurusan ilmu komputer Universitas Mulawarman hanya memiliki daya tampung untuk 38 orang saja.

5. Teknik Informatika

Akreditasi: C

Passing Grade: 32.9%

Kuota Penerimaan: 250 kursi

Jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Saintek yang terakhir adalah Teknik Informatika. Meski akreditasi yang dimiliki jurusan ini masih C, namun peminatnya terbilang sangat banyak.

Bagaimana tidak, pada tahun 2018 sendiri, calon mahasiswa yang mendaftar ke jurusan teknik informatika saja tercatat mencapai 1.109 orang. Sedangkan universitas hanya menyediakan kuota untuk 63 orang. Dengan begitu, persaingan antar calon mahasiswa tentu sangat ketat.

Maka dari itu, tahun ini teknik informatika Universitas Mulawarman membuka kuota penerimaan yang lebih besar, yaitu sebanyak 250 kursi. Dengan begitu, peluang diterimanya calon mahasiswa teknik informatika pun semakin besar.

Masuk ke jurusan yang satu ini pun menjadi salah satu pilihan yang tepat. Sebab, prospek kerja dari lulusan ini cukup luas. Kamu bisa bekerja sebagai programmer, web designer, software developer, database engineer dan lain sebagainya.

Jurusan Terfavorit di Universitas Mulawarman Bidang Soshum

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui lima jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Saintek, kini saatnya untuk kamu mengetahui lima jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Soshum.

Sebagai rumpun Ilmu Sosial dan Humaniora, jurusan dari bidang Soshum sendiri tentu akan mempelajari materi-materi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan ilmu-ilmu sosial dan humaniora, seperti misalnya kegiatan manusia yang mencakup komunikasi dan lain sebagainya.

Untuk itu, di bawah ini merupakan lima jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman. Lima jurusan tersebut di antaranya, yaitu:

1. Akuntansi

Akreditasi: B

Passing Grade: 35.1%

Kuota Penerimaan: 232 kursi

Jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Soshum yang pertama adalah Akuntansi. Seperti yang diketahui, lulusan dari jurusan Akuntansi selalu dibutuhkan di hampir seluruh perusahaan dan instansi.

Hal tersebut dikarenakan, lulusan dari jurusan akuntansi dinilai memiliki kemampuan di bidang keuangan. Seperti misalnya mencatat dan membuat laporan keuangan, melakukan klasifikasi keuangan, kemudian meringkas, mengolah dan menyajikan data serta hal-hal terkait keuangan lainnya.

Melihat dari tugas pekerjaan yang akan di hadapi, maka seorang mahasiswa akuntansi perlu memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam hal logika dan matematika. Untuk kamu yang ingin masuk ke jurusan ini, kamu bisa masuk melalui jalur SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Selain itu, jurusan ini juga memperbolehkan calon mahasiswa untuk lintas jurusan. Jadi, tidak hanya siswa dari lulusan IPS saja yang bisa masuk jurusan akuntansi, tetapi siswa lulusan IPA pun bisa.

2. Ilmu Komunikasi

Akreditasi: B

Passing Grade: 24.2%

Kuota Penerimaan: 80 kursi

Jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Soshum yang kedua adalah Ilmu Komunikasi. Sebagai salah satu jurusan yang berasal dari rumpun Ilmu Sosial, maka kamu nantinya akan belajar mengenai dasar-dasar yang dibutuhkan dalam berkehidupan sosial.

Kamu akan belajar mengenai aspek-aspek komunikasi melalui teori dan praktek. Untuk kegiatan praktik sendiri, kamu anntinya akan belajar membuat film, fotografi, menjadi seorang presenter, produser, kameramen, reporter, program director, floor director, editor dan lain sebagainya.

Selain itu, prospek kerja dari jurusan ini pun sangat luas. Kamu tidak hanya bisa bekerja di perusahaan atau instansi pemerintahan saja, tetapi justru kamu bisa bekerja di ranah entertainment, seperti misalnya di televisi, event organizer atau pun sebagai fotografer.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Saintek dan Soshum)
3. Ilmu Pemerintahan

Akreditasi: B

Passing Grade: 25.5%

Kuota Penerimaan: 80 kursi

Jurusan ketiga ada Ilmu Pemerintahan sebagai jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Soshum. Jurusan yang satu ini memberikan kuota yang lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya, di mana pada tahun ini jurusan ilmu pemerintahan membuka kuota untuk 80 orang calon mahasiswa.

Hal tersebut dikarenakan pada tahun-tahun sebelumnya jurusan ini hanya memberikan kuota yang sedikit, terlihat dari tahun 2019 ilmu pemerintahan Universitas Mulawarman hanya menerima 29 calon mahasiswa.

Tidak hanya itu, animo calon mahasiswa untuk jurusan ini pun cukup besar. Sebanyak 1.296 calon mahasiswa dari hampir seluruh Indonesia mendaftar jurusan ilmu pemerintahan. Jumlah calon mahasiswa tersebut merupakan data pendaftar tahun 2018, lantas bagaimana dengan tahun ini?

4. Manajemen

Akreditasi: B

Passing Grade: 31.4%

Kuota Penerimaan: 232 kursi

Jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Soshum yang keempat adalah Manajemen. Tidak heran apabila jurusan ini menjadi jurusan yang sangat di favoritkan. Hal tersebut dikarenakan prospek kerja dari jurusan ini sangat luas.

Lulusan manajemen akan selalu dibutuhkan di dunia pekerjaan, baik di perusahaan swasta maupun instansi pemerintahan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bekerja sebagai konsultan bisnis, konsultasi perbankan, manajer SDM, manajer perbankan dan lain sebagainya.

Maka dari itu, melihat prospek kerja yang luas, tahun ini jurusan manajemen membuka kuota penerimaan yang lebih besar, yaitu sebanyak 232 kursi. Dengan begitu, peluang untuk masuk ke jurusan ini pun lebih besar.

5. Ilmu Administrasi Bisnis

Akreditasi: B

Passing Grade: 24.5%

Kuota Penerimaan: 80 kursi

Yang terakhir ada Ilmu Administrasi Bisnis sebagai jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Soshum. Hal tersebut dapat dilihat dari total pendaftar untuk jurusan ini pada tahun lalu mencapai 1.220 peserta.

Sementara kuota yang diberikan pada saat itu hanya untuk 26 orang saja. Oleh karena itu, persaingan antar calon mahasiswa cukup ketat. Melihat dari kondisi saat itu, akhirnya tahun ini Universitas Mulawarman membuka kuota penerimaan yang lebih besar, yaitu untuk 80 orang.

Apabila kamu masuk jurusan ini, maka kamu akan mempelajari beberapa hal terkait ilmu administrasi dan bisnis, seperti komunikasi bisnis, matematika bisnis, dasar-dasar pemasaran bisnis, dasar-dasar akuntansi dan lain sebagainya.

Dengan begitu ilmu dan pengetahuan yang kamu miliki terkait administrasi bisnis cukup luas. Sehingga, hal tersebut bisa kamu jadikan bekal dan kamu terapkan untuk di dunia pekerjaan nanti.

Nah, beberapa jurusan terfavorit di Universitas Mulawarman bidang Saintek dan Soshum sudah kamu ketahui di atas. Kini kamu perlu lagi bingung menentukan jurusan apa yang kamu ambil untuk kuliah.

Setelah kamu mengetahui jurusan apa yang akan kamu ambil, kemudian persiapan untuk ujian masuk universitas pun sudah cukup, selanjutnya kamu bisa langsung melihat berapa biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke Universitas Mulawarman.

Dengan mengetahui biaya yang dibutuhkan, kamu bisa mulai mempersiapkan biaya tersebut sejak dini. Namun, jika dirasa biaya yang kamu miliki belum mencukupi, kamu jangan khawatir.

Sebab, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai atau KTA melalui CekAja.com. Untuk proses pengajuannya pun sangat mudah dan cepat. Terlebih, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis