Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Jurusan Terfavorit di Universitas Pattimura Bidang Saintek dan Soshum

by Nadhillah Kusindriani on 14 Mei, 2020

Sebagian dari kamu mungkin ada yang belum mengetahui Universitas Pattimura. Pasalnya, universitas negeri yang satu ini terletak jauh dari pulau Jawa, tepatnya di Kota Ambon, Maluku. Nah, bagi kamu yang ingin masuk Unpatti, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu apa saja jurusan terfavorit di Universitas Pattimura bidang Saintek dan Soshum berikut ini.

Jurusan Terfavorit di Universitas Pattimura Bidang Saintek dan Soshum

Jurusan Terfavorit di Universitas Pattimura Bidang Saintek

Seperti yang diketahui, bidang Saintek merupakan bidang yang nantinya akan mempelajari tentang ilmu-ilmu pengetahuan alam dan juga teknologi. Kemudian, di jurusan ini pun kamu akan mendapatkan beberapa materi yang berkaitan dengan matematika, bologi, kimia, fisika maupun teknologi.

Terlebih, prospek kerja dari bidang Saintek pun cukup luas. Sehingga sangat wajar apabila banyak calon mahasiswa ingin masuk ke beberapa jurusan terfavorit yang ada di bidang Saintek.

Lantas, apa saja jurusan terfavorit di Universitas Pattimura bidang Saintek? Berikut CekAja.com telah merangkum dua jurusan terfavorit dan akan mengulasnya khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

1. Pendidikan Dokter

Pendidikan Dokter - Jurusan Terfavorit di Universitas Pattimura Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: B

Daya Tampung: 75 kursi

Sebagai jurusan terfavorit di Universitas Pattimura bidang Saintek yang pertama, pendidikan dokter banyak sekali menarik animo para calon mahasiswa.

Bagaimana tidak, pasalnya jurusan yang dikenal dengan ciri khas menggunakan jas lab berwarna putih ini, menjanjikan para mahasiswanya menjadi seorang dokter setelah lulus.

Kemudian jika kamu masuk ke jurusan yang satu ini, kamu akan banyak belajar materi tentang anatomi tubuh manusia, genetika, biokimia, biologi sel dan molekuler hingga materi tentang farmakologi.

Tetapi materi yang kamu dapatkan tidak hanya sebatas teori, sebab kamu juga akan mendapatkan pelatihan keterampilan dalam skill lab dan pelatihan dasar di berbagai stase di rumah sakit.

Setelah lulus pun kamu tidak perlu khawatir perihal prospek kerja. Karena, lulusan dari pendidikan dokter memiliki peluang untuk bekerja di rumah sakit, Kementerian Kesehatan, Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) hingga membuka praktik sendiri.

2. Manajemen Sumber Daya Perairan

Manajemen Sumber Daya Perairan - Jurusan Terfavorit di Universitas Pattimura Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung: 50 kursi

Berikutnya ada Manajemen Sumber Daya Perairan, yang menjadi jurusan terfavorit di Universitas Pattimura bidang Saintek. Pada jurusan ini, kamu akan mempelajari materi tentang manajemen.

Hanya saja, dasar yang digunakan bukan lah dasar-dasar ekonomi, melainkan bersumber dari perairan atau kemaritiman. Di jurusan ini kamu juga akan belajar banyak tentang proses pengolahan bahan mentah menjadi bahan jadi.

Dengan begitu, kamu bisa mengetahui bahwa hasil dari produk tersebut berasal dari sumber daya manusia yang unggul di bidang perairan atau kemartitiman.

Untuk prospek kerja dari jurusan yang satu ini pun sangat luas, di mana kamu tidak hanya bisa bekerja di intansi pemerintahan yang bergerak di bidang kemaritiman saja, tetapi kamu juga bisa menjadi seorang pengusaha dalam bidang perairan.

(Baca Juga: Jurusan IPS Paling Favorit untuk Kuliah dan Prospek Kerja yang Menanti)

Jurusan Terfavorit di Universitas Pattimura Bidang Soshum

Pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui dua jurusan terfavorit di Universitas Pattimura bidang Saintek. Selanjutnya, kamu akan mengetahui beberapa jurusan terfavorit di Universitas Pattimura bidang Soshum.

Pada dasarnya, beberapa jurusan di bidang Soshum Universitas Pattimura memiliki akreditasi yang baik, yaitu berada pada rentang A dan B. Dengan akreditasi tersebut, dapat dipastikan bahwa kualitas pengajaran yang diberikan pun baik, terlebih di beberapa jurusan terfavorit.

Adapun beberapa jurusan terfavorit di Universitas Pattimura bidang Soshum di antaranya, yaitu:

3. Manajemen

Manajemen - Jurusan Terfavorit di Universitas Pattimura Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: B

Daya Tampung: 100 kursi

Jurusan terfavorit di Universitas Pattimura bidang Soshum yang pertama adalah Manajemen. Jurusan yang satu ini merupakan bagian dari cabang Ilmu Bisnis.

Di sini, kamu akan belajar banyak tentang tanggung jawab dalam mengelola sesuatu, baik dalam lingkup perusahaan maupun organisasi.

Terkait prospek kerja? Jangan khawatir. Sebab, lulusan dari jurusan Manajemen akan selalu dicari oleh banyak perusahaan maupun instansi pemerintah. Kamu bisa bekerja sebagai konsultan bisnis, manajer SDM, manajer pemasaran, manajemen trainee hingga menjadi tenaga pendidik.

4. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum - Jurusan Terfavorit di Universitas Pattimura Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung: 275 kursi

Jurusan terfavorit di Universitas Pattimura bidang Soshum yang kedua adalah Ilmu Hukum. Sebagai salah satu jurusan sosial yang banyak mendapat perhatian calon mahasiswa, Ilmu Hukum memiliki banyak materi perkuliahan yang berpusat pada praktik hukum.

Beberapa materi perkuliahan yang akan kamu pelajari diantaranya, yaitu pengantar ilmu hukum, hukum tata negara, hukum pidana, hukum perdata, hukum dagang, hukum internasional, hukum adat dan mata kuliah hukum lainnya.

Selain itu, untuk prospek kerjanya sendiri kamu tidak perlu khawatir. Pasalnya, prospek kerja dari jurusan ini sangat besar. Terlebih kamu juga didukung dengan akreditasi yang telah diperoleh jurusan mu, yaitu A.

Kamu bisa bekerja di instansi pemerintah maupun di perusahaan-perusahaan swasta sebagai legal. Tetapi, apabila kamu ingin mengembangkan kemampuan di luar bidang hukum, kamu juga bisa terjun ke beberapa profesi seperti bisnis, jurnalisme, keuangan hingga lingkup bahasa sekalipun.

5. Akuntansi

Akuntansi - Jurusan Terfavorit di Universitas Pattimura Bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: B

Daya Tampung: 125 kursi

Jurusan terfavorit di Universitas Pattimura bidang Soshum yang selanjutnya adalah Akuntansi. Pada jurusan ini, kamu akan belajar tentang metode pencatatan serta penyusunan laporan keuangan.

Di mana, laporan tersebut nantinya sangat berguna dalam membantu orang yang memiliki hak sebagai pembuat keputusan dalam mengambil keputusan. Maka dari itu, tidak heran apabila sebagai mahasiswa akuntansi, kamu memiliki hubungan erat dengan angka.

Tidak hanya itu, seorang mahasiswa akuntansi pun secara tidak langsung diharuskan untuk memiliki beberapa pengetahuan dan keahlian terkait kemampuan dalam mengelola keuangan, mengevaluasi anggaran, menilai laporan keuangan, menginterpretasikan angka, hingga membuat sebuah rekomendasi.

Dengan memiliki pengetahuan dan kemampuan tersebut, seorang lulusan akuntansi akan semakin mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Terlebih peluang kerja untuk jurusan ini sangat banyak. Kamu bisa bekerja sebagai akuntan, konsultan pajak, pengacara pajak hingga HRD.

Seluruh Jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Jurusan terfavorit di Universitas Pattimura bidang Soshum yang terakhir adalah seluruh jurusan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Sebagian dari kamu mungkin akan heran, mengapa seluruh jurusan di FIKIP Unpatti menjadi jurusan terfavorit.

Hal tersebut tentu saja dikarenakan lulusan dari jurusan di FIKIP nantinya dapat langsung bekerja sebagai tenaga pengajar atau guru. Namun, sebelum memilih jurusan yang satu ini, ada baiknya kamu memantapkan diri terlebih dahulu. Sebab, menjadi seorang guru merupakan panggilan jiwa, berbeda dengan jenis pekerjaan lainnya.

Tidak hanya itu, ada beberapa tantangan lain yang nantinya akan kamu hadapi selama masa pendidikan atau pun dalam dunia pekerjaan. Pada masa pendidikan sendiri, kamu diharuskan untuk memiliki minat baca yang tinggi.

Kemudian, kamu juga diharuskan untuk terus mengembangkan kemampuan membaca situasi dan mengajar mu. Pasalnya, materi bidang studi yang akan kamu ajarkan nantinya terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu.

Dengan begitu, kamu harus siap dengan segala konsekuensi ke depannya, termasuk belajar terus-menerus mengikuti perkembangan materi bidang studi yang akan kamu ajarkan kepada anak-anak murid.

Untuk prospek kerja lulusan fakultas keguruan dan ilmu pendidikan pun tidak perlu diragukan lagi. Karena sudah dipastikan akan mengabdikan diri untuk menjadi tenaga pengajar, baik di sekolah negeri, sekolah swasta, sekolah internasional hingga lembaga pendidikan lainnya.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Undip Bidang Saintek dan Soshum)
Jalur Masuk Universitas Pattimura

Beberapa informasi terkait jurusan terfavorit di Universitas Pattimura bidang Saintek dan Soshum sudah kamu ketahui di atas. Apabila di antara kamu ada yang tertarik untuk masuk ke salah satu jurusan di atas, kamu bisa langsung mencobanya.

Pasalnya, Universitas Pattimura membuka tiga jalur seleksi untuk para calon mahasiswa. Tiga jalur tersebut di antaranya, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Ujian Mandiri. Untuk jalur SNMPTN sendiri kini sudah tidak bisa kamu coba karena sudah melewati batas waktu.

Tetapi, kamu bisa mencoba di dua jalur seleksi lainnya yaitu SBMPTN dan Ujian Mandiri. Proses pendaftarannya pun mudah. Untuk jalur seleksi SBMPTN, kamu bisa langsung daftar menggunakan nilai UNBK.

Sedangkan untuk jalur seleksi Ujian Mandiri, kamu bisa mendaftar langsung di Gedung Registrasi dan Statistik Universitas Pattimura pukul 09:00 – 15:00 WIT. Kamu bisa langsung membawa beberapa persyaratan dan biaya yang dibutuhkan.

Adapun beberapa biaya pendaftaran yang harus kamu penuhi di antaranya, yaitu:

  • Program Sarjana Reguler I Rp250 ribu
  • Program Sarjana Reguler II Rp300 ribu
  • Program Sarjana Reguler III Rp300 ribu

Beberapa biaya tersebut bisa mulai kamu persiapkan sejak saat ini. Kamu juga bisa langsung mengakumulasikannya dengan biaya-biaya yang lain, seperti misalnya biaya transportasi, konsumsi dan tempat tinggal apabila kamu merantau.

Dari semua biaya tersebut dapat diprediksikan bahwa biaya yang akan kamu keluarkan cukup besar. Maka dari itu, pastikan bahwa tabungan yang sudah kamu miliki cukup untuk memenuhi semua kebutuhan masuk universitas.

Namun, apabila dana yang kamu miliki masih belum cukup, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai atau KTA di CekAja.com. Sebagai financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), CekAja.com memberikan kemudahan proses pengajuan. Jadi, tunggu apalagi? Ajukan sekarang, yuk!

Tentang Penulis