Jurusan Terfavorit di Universitas Syiah Kuala Bidang Saintek dan Soshum

7 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang terletak di Banda Aceh, Universitas Syiah Kuala menjadi PTN yang banyak diincar para calon mahasiswa. Terlebih, universitas ini juga memiliki beberapa jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang saintek dan soshum. Lantas, apa saja jurusan terfavorit tersebut? Yuk, simak ulasan berikut ini yang telah CekAja.com rangkum khusus untuk kamu.

Jurusan Terfavorit di Universitas Syiah Kuala Bidang Saintek dan Soshum

Sekilas tentang Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala mungkin terdengar sedikit asing di telinga para pelajar di daerah Jabodetabek. Bagaimana tidak, pasalnya universitas tersebut berada di Banda Aceh, Indonesia.

Sedangkan, banyak dari pelajar di Jabodetabek lebih mengenal universitas-universitas yang terletak di pulau Jawa, seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Padjadjaran (UNPAD), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) dan lain sebagainya.

Padahal sebenarnya, Universitas Syiah Kuala tidak kalah bagus dari universitas-universitas tersebut. Universitas yang berdiri sejak 2 September 1961 ini menjadi perguruan tinggi negeri tertua di Aceh.

Oleh karena itu, tidak heran apabila Universitas Syiah Kuala hingga saat ini memiliki mahasiswa lebih dari 30.000 orang. Seluruh mahasiswa tersebut tersebar di 12 fakultas sarjana dan program paska sarjana.

Tidak hanya itu, seluruh mahasiswa tersebut pun masuk melalui beberapa jalur masuk Universitas Syiah Kuala.

Karena seperti yang diketahui, Universitas Syiah Kuala menerima mahasiswa baru melalui tiga jalur, yaitu SNMPTN, SBMPTN dan Seleksi Mandiri.

Untuk jalur SNMPTN sendiri, Universitas Syiah Kuala tahun ini membuka kuota sebanyak 20%. Kemudian untuk SBMPTN kuota yang dibuka sebesar 40%, sedangkan jalur mandiri sebesar 30%.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Andalas Bidang Saintek dan Soshum)

Jurusan Terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang Saintek

Nah, bagi kamu yang ingin masuk ke Universitas Syiah Kuala, kini kamu sudah mengetahui sekilas informasi tentang Universitas tersebut.

Namun, sebelum menentukan jurusan apa yang akan kamu pilih, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang saintek dan soshum.

Dan pada pembahasan kali ini, CekAja.com pertama-tama akan mengulas lima jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang saintek, beserta akreditasi, daya tampung SBMPTN 2020 dan passing grade-nya. Adapun lima jurusan terfavorit tersebut di antaranya, yaitu:

1. Kedokteran

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 81 kursi

Passing Grade: 52,2%

Menjadi jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang Saintek yang pertama, jurusan Kedokteran ini menduduki peringkat nomor satu sebagai jurusan dengan peminat terbanyak.

Hal tersebut terlihat dari jumlah peminat SBMPTN kedokteran Universitas Syiah Kuala, pada 2019 saja mencapai 1.116.

Lantas, bagaimana dengan peminat tahun ini? Sedangkan, daya tampung yang diberikan untuk jurusan Kedokteran sendiri tahun ini hanya 81 kursi.

Dengan begitu, sudah dipastikan bahwa persaingan untuk masuk ke jurusan Kedokteran sangat ketat. Kamu perlu belajar lebih giat agar bisa masuk ke jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang saintek yang satu ini.

2. Kedokteran Gigi

Akreditasi: B

Daya Tampung 2020: 36 kursi

Passing Grade: 44,5%

Masih satu rumpun keilmuan dengan jurusan Kedokteran, jurusan Kedokteran Gigi nyatanya juga masuk sebagai jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang saintek.

Pasalnya, meski jurusan ini terbilang baru di Unsyiah, namun fasilitas yang dimiliki jurusan Kedokteran Gigi sudah cukup lengkap.

Beberapa fasilitas tersebut di antaranya, yaitu Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) yang digunakan oleh para mahasiswa Kedokteran Gigi untuk melakukan praktik mata kuliah. Dengan begitu, mahasiswa dapat berlatih untuk meningkatkan kemampuan yang dimilikinya.

Namun, untuk bisa masuk jurusan yang satu ini, kamu perlu mempersiapkan dana yang cukup besar. Untuk jalur reguler sendiri, kamu perlu mengeluarkan biaya berkisar Rp500 juta – Rp14 juta per semesternya.

Sedangkan untuk jalur non-reguler, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp7 juta – Rp30 juta per semesternya untuk jalur non-reguler.

3. Informatika

Akreditasi: B

Daya Tampung 2020: 45 kursi

Passing Grade: 37,5%

Bagi kamu yang suka berkutik dengan teknologi, masuk ke jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang saintek yang satu ini rasanya sangat cocok.

Pasalnya, apabila masuk ke jurusan Informatika, kamu nantinya akan memiliki kesempatan untuk bekerja sebagai konsultan IT, programmer, pekerja industri, tenaga ahli, hingga akademisi.

Hal tersebut dikarenakan, selama kuliah kamu akan mempelajari beberapa materi terkait teknologi, seperti struktur diskrit, basis data, jaringan komputer, etika teknologi informasi, rekayasa perangkat lunak, pemrograman berbasis web, teori bahasa dan automata, dan mata kuliah lainnya.

4. Farmasi

Akreditasi: B

Daya Tampung 2020: 27 kursi

Passing Grade: 44,5%

Di posisi keempat ada jurusan Farmasi, yang masuk sebagai jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang Saintek.

Jurusan ini menjadi jurusan yang tepat, untuk kamu yang suka bereksperimen dengan bahan-bahan kimia dan meracik obat-obatan.

Pasalnya, di jurusan ini kamu akan belajar beberapa hal terkait bidang farmasi, mulai dari anatomi fisiologi manusia, farmasetika, pengantar kefarmasian, kimia organik, bioteknologi farmasi, botani farmasi, hingga peraturan perundang-undangan dan etika kesehatan.

Jurusan ini juga memiliki visi untuk menjadi salah satu pusat pendidikan dan riset farmasi terbaik yang ada di Indonesia, berbasis pada pemanfaatan sumber daya alam lokal serta menghasilkan Sarjana Farmasi yang handal dan juga memiliki dedikasi tinggi di bidang sains, teknologi serta kesehatan pada tahun 2025 mendatang.

5. Teknik Sipil

Akreditasi: A

Daya Tampung 2020: 81 kursi

Passing Grade: 38,2%

Menjadi hal yang sangat wajar, apabila jurusan Teknik Sipil menjadi jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang saintek.

Pasalnya, jurusan ini telat mendapatkan akreditasi A sebanyak tiga kali secara berturut-turut dari BAN-PT.

Apabila kamu masuk ke jurusan yang satu ini, kamu nantinya bisa memilih konsentrasi bidang yang akan kamu tekuni sesuai dengan minat dan bakat.

Sebab, jurusan Teknik Sipil Unsyiah memiliki lima konsentrasi, yang diantaranya terdiri dari bidang transportasi, bidang struktur, bidang hidrologi teknik, bidang geoteknik dan bidang manajemen rekayasa konstruksi.

(Baca Juga: Jurusan Terfavorit di Universitas Pattimura Bidang Saintek dan Soshum)

Jurusan Terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang Soshum

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui lima jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang Saintek, kini saatnya untuk kamu mengetahui empat jurusan terfavorit bidang Soshum.

Untuk itu, di bawah ini merupakan empat jurusan terfavorit yang telah CekAja.com rangkum, yaitu sebagai berikut.

6. Akuntansi

Akreditasi: A

Daya Tampung 2020: 72 kursi

Passing Grade: 40,2%

Bagi kamu yang senang menyusun dan mengatur keuangan, rasanya masuk ke jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang Soshum yang satu ini sangat tepat.

Sebab, di jurusan Akuntansi Unsyiah kamu akan belajar tentang ilmu ekonomi dan beberapa materi lainnya, yang dapat meningkatkan kemampuanmu dalam bidang akuntansi.

Hal tersebut sangat berguna, sebagai persiapan dan modal untuk bersaing di dunia profesional nantinya.

Pasalnya, prospek kerja untuk lulusan Akuntansi cukup besar. Di mana, kamu bisa bekerja sebagai seorang akuntan publik, kredit analis, perencana keuangan hingga internal auditor di perusahaan.

7. Pendidikan Bahasa Inggris

Akreditasi: B

Daya Tampung 2020: 54 kursi

Passing Grade: 32,6%

Melihat keberadaan bahasa Inggris kini menjadi bahasa yang sangat dibutuhkan dan perlu dikuasai oleh setiap orang, membuat jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang soshum yang satu ini rasanya sangat cocok untuk kamu tekuni.

Terlebih jurusan ini sangat fleksibel dalam hal pekerjaan. Karena setelah lulus dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, kamu bisa langsung bekerja di berbagai macan institusi, perusahaan swasta maupun lembaga-lembaga yang berkaitan dengan bahasa internasional, seperti tour and travel, event dan lain sebagainya.

8. Manajemen

Akreditasi: A

Daya Tampung 2020: 90 kursi

Passing Grade: 38,5%

Di posisi berikutnya ada jurusan Manajemen sebagai jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang soshum. Secara umum, jika masuk ke jurusan ini kamu akan belajar tentang bagaimana cara mengelola suatu organisasi atau perusahaan dengan baik.

Tidak hanya itu, setelah menempuh studi di jurusan ini pun, para lulusannya diharapkan memiliki kemampuan dalam segi perencanaan, organisasi, pengarahan hingga pengawasan.

Dengan begitu, nantinya kamu dapat menjalankan semua proses kegiatan di perusahaan atau organisasi dengan benar dan mencapai tujuan yang diinginkan.

9. Ilmu Hukum

Akreditasi: A

Daya Tampung 2020: 180 kursi

Passing Grade: 37,3%

Tidak hanya menjadi jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang soshum, tetapi jurusan Ilmu Hukum juga menjadi jurusan paling tua jika dibandingkan dengan jurusan-jurusan lainnya.

Selama jurusan yang satu ini berdiri, ia telah mengalami beberapa perubahan kurikulum menyesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, jika kamu masuk jurusan Ilmu Hukum saat ini, kamu akan mempelajari beberapa materi, seperti pengantar hukum Indonesia, hukum tata negara, hukum perdata, hukum adat, hukum dagang, hukum internasional, dan lainnya.

Tidak hanya itu, jurusan Ilmu Hukum juga akan memberikan mu beberapa pembinaan soft skill yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan kemampuan.

Beberapa kegiatan pembinaan tersebut di antaranya, yaitu Pelatihan Legal Drafting, Moot Court dan Judicial Review, Workshop Public Speaking hingga Workshop on Academic Writing Skill for International Class Student.

Nah, dari pembahasan di atas, kini kamu telah mengetahui sembilan jurusan terfavorit di Universitas Syiah Kuala bidang saintek dan soshum.

Dengan mengetahui jurusan-jurusan tersebut, kamu tidak perlu lagi bingung memilih jurusan yang akan kamu tekuni.

Terlebih, dari beberapa jurusan di atas kamu sudah mengetahui perkiraan biaya yang akan kamu keluarkan. Sehingga, kamu bisa mempersiapkan dana untuk perkuliahan sejak dini. Tetapi, apabila dana yang kamu miliki saat ini belum memadai, jangan khawatir.

Sebab, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tunai atau KTA dengan mudah dan proses yang cepat hanya di CekAja.com.

Terlebih, CekAja.com juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani