Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kalau Bijak Mengatur Keuangan, 6 Hal Ini Aman Dibeli Secara Kredit

by Rafly Aditia on 19 Juli, 2016

kredit mobil dan rumah_KPR - CekAja.com

Membeli barang atau keperluan secara kredit sering dianggap memberatkan keuangan, terutama untuk hal-hal tertentu yang harganya cukup mahal. Padahal selama bijak mengatur keuangan sah-sah saja membeli sesuatu secara kredit. Bahkan, ada beberapa barang yang justru menguntungkan dibeli secara kredit.

Nah, berikut ini ada daftar 6 hal yang sebenarnya aman dibeli dalam bentuk kredit kalau bijak dalam mengatur keuangan:

Mobil

Banyak orang mengatakan membeli mobil secara kredit merupakan hal yang salah. Padahal tidak persis seperti itu. Jika uang yang tersedia hanya cukup untuk mencicil mobil, sedangkan kebutuhan sudah mendesak maka kredit mobil adalah pilihan yang terbaik.

Namun, pastikan bahwa kamu benar-benar menyiapkan segalanya dengan matang. Kalau bisa, jumlah kredit mobil jangan lebih besar dari 1/3 gaji. Selain itu, kredit dengan jangka waktu yang pendek juga mengurangi beban bunga yang dapat memberatkanmu suatu hari nanti. (Baca juga: 8 Alasan Mengapa Sampai Sekarang Kamu Susah Kaya)

Smartphone

Sekarang sudah sangat banyak smartphone canggih. Sebut saja dua merk smartphone raksasa yaitu iPhone dan Samsung. Dengan segala fitur dan kualitas terbaik yang ditawarkan, untuk membeli smartphone terbaru secara cash memerlukan uang yang tidak sedikit.

Maka dari itu, pembelian secara kredit juga bisa dijadikan pilihan. Sebaiknya kamu membeli smartphone secara kredit lewat kartu kredit, karena biasanya bakal ada promo menarik seperti bunga 0% dan bahkan cashback.

Properti

Kredit properti merupakan pilihan yang tepat untuk membantu seseorang memiliki properti seperti rumah atau apartemen. Karena, biasanya harga apartemen atau rumah tidak terjangkau jika dibeli secara tunai. Pembelian secara kredit dengan bunga yang masuk dengan bujetmu justru menguntungkan secara finansial.

Motor

Harga motor memang tidak semahal harga mobil, tetapi tetap saja bagi beberapa orang membelinya secara cash bisa memberatkan keuangan. Namun, kalau ingin kredit motor baru sebaiknya harus pintar-pintar memilih.

Sebaiknya pilih merk dan jenis motor baru yang tidak jatuh sat dijual kembali. Selain itu, jangan lupa untuk pikirkan biaya harian si kuda besi dan servis rutinnya.

Tas Mahal

Bagi para wanita, membeli tas branded dengan harga selangit memberi kepuasan tersendiri. Walau begitu, kamu harus bijak dalam mengatur keuangan. Tidak ada salahnya membeli tas mahal yang harganya mencapai jutaan rupiah dengan kartu kredit. (Baca juga: 5 Hadiah Pernikahan Unik Tapi Murah Meriah)

Alat musik

Bagi para pecinta musik, gear atau alat musik merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan dalam hidup. Mengingat biasanya alat musik yang bagus memiliki harga yang relatif mahal, maka sebaiknya kamu memilih pembelian secara kredit.

Tidak perlu repot-repot, gunakan kartu kredit yang saat ini dimiliki dan cari penawaran serta promo menarik. Kalau belum punya kartu kredit, segera bikin sekarang juga.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami