Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Kalau Dilakukan Berlebihan 4 Hal Ini Justru Bikin Kamu Miskin

by Rafly Aditia on 15 November, 2016

 kerja lembur - CekAja.com

Tahukah kamu, beberapa hal yang dianggap baik, jika dilakukan berlebihan justru berdampak buruk bagi kondisi kekuangan.

Agar kamu tidak terkecoh, ketahuilah beberapa hal yang tidak baik untuk keuangan kalau dilakukan secara berlebihan. Berikut 4 hal yang bisa bikin miskin kalau dilakukan berlebihan:

Workaholic justru buang-buang uang

Berdasarkan penelitian Kansas State University, orang yang workaholic alias gila kerja cenderung tidak sehat. Biasanya, para workaholic memiliki waktu kerja lebih dari 50 jam seminggu. Akibatnya pola makan dan istirahat mereka berantakan.

Oleh karenanya, meski memiliki gaji tinggi para wokaholic harus keluar uang banyak karena harus bolak-balik ke rumah sakit terkait penyakit yang disebabkan pola hidup tidak baik tersebut.

(Baca juga: Berbahaya, Kenali 4 Gejala Diabetes Ini Sejak Dini)

Banyak investasi tapi tidak punya strategi

Investasi merupakan salah satu hal yang harus dilakukan kalau kamu ingin kaya raya. Semakin banyak uang atau harta yang diinvestasikan, semakin besar peluang untuk melipatgandakan kekayaan.

Namun, kalau kamu berinvestasi tanpa strategi yang jelas  tetap saja tidak baik. Malahan bisa-bisa bangkrut karena salah investasi. Maka dari itu, sebaiknya pelajari berbagai macam instrumen dan strategi berinvestasi kalau tidak ingin jatuh miskin saat berinvestasi.

Nabung terus tapi tidak punya asuransi dan investasi

Pepatah menabung pangkal kaya sebenarnya tidak tepat. Kalau kamu hanya menabung, jumlah uang yang ada di bank tidak akan berkembang. Walau mendapat bunga, nilai uang yang ditabung akan tergerus oleh inflasi. Untuk menjadi kaya kamu harus berinvestasi bukan hanya menabung.

Kalau lupa melindungi diri dengan asuransi, maka uang tabungan bakal habis suatu saat nanti ketika terjadi risiko yang tidak terduga. Guna menanggulangi berbagai macam risiko yang bisa saja menerpamu, segera lindungi diri dengan asuransi.

(Baca juga: Ini Harga Rumah yang Sesuai dengan Gaji Kamu)

Kebanyakan pakai kartu kredit

Memang sih saat ini lebih mudah bertransaksi menggunakan kartu kredit dibanding dengan uang cash. Berbagai promo dan diskon menarik menjadi alasan mengapa penggunaan kartu kredit lebih diminati saat ini. Namun, sebaiknya kamu juga mengontrol penggunaan kartu kredit dengan bijak.

Jangan sampai kamu dibuat pusing oleh tagihan bulanan yang membengkak karena dikit-dikit gesek kartu kredit.

Butuh asuransi kesehatan terbaik yang diterima ratusan rumah sakit berkualitas? Daftar sekarang juga!

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami