Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Kalau Kamu Dapat Bonus Akhir Tahun, Ini Cara Bijak untuk Memanfaatkannya

by Tisyrin N. T on 6 Desember, 2016

Saat mendapat bonus akhir tahun, kamu mungkin terpikir menghabiskannya untuk bersenang-senang. Padahal, jika kamu mengelolanya dengan baik, kamu bisa meraih manfaat jangka panjang.

Jika dikelola dengan baik, bonus yang kamu peroleh pun tak sekadar numpang lewat di rekening. Ini beberapa cara bijak untuk memanfaatkannya.

Lunasi utang

Jika kamu punya utang, manfaatkan bonus akhir tahun untuk mencicil atau bahkan melunasinya. Ingat, utang akan menjadi beban finansial jika kamu tak segera membayarnya. Kurangi bebanmu, sehingga kamu akan lebih ringan menata kondisi finansialmu ke depannya.

(Baca juga: Bukan Cuma Murah, Ini 5 Mobil Paling Irit BBM Sepanjang Tahun 2016)

Menambah tabungan

Kalau selama ini kesulitan menabung dari gajimu, kenapa tidak memanfaatkan bonus akhir tahun untuk menambah jumlah tabungan? Apalagi kalau kamu punya resolusi finansial tahun depan yang membutuhkan banyak dana seperti membeli rumah atau mobil. Kamu harus mengumpulkan sejumlah uang untuk DP bukan?

Tambahkan ke dana darurat

Setiap orang atau keluarga idealnya memiliki dana darurat, jumlahnya disesuaikan dengan kondisi masing-masing. Para perencana keuangan biasanya menyarankan jumlahnya antara 3-12 kali pengeluaran bulanan. Manfaat dana darurat adalah untuk menghadapi situasi-situasi tertentu yang membutuhkan dana besar dan sifatnya darurat.

Investasi

Investasi adalah cara lain yang bijaksana untuk memanfaatkan bonus akhir tahun. Investasi akan memberikan manfaat jangka panjang. Dengan investasi, bonusmu tidak akan menguap sia-sia.

(Baca juga: Resep Memiliki Tubuh Langsing ala Model Victoria’s Secret)

Modal bisnis sampingan

Kalau kamu sudah bercita-cita menjalankan bisnis sampingan, ini bisa jadi saat yang tepat untuk kamu bergerak. Kamu bisa menambahkan bonus akhir tahun sebagai modal bisnis sampingan. Kalau jumlahnya masih kurang, segera cari tambahan modalnya. Salah satu cara menambah modal yaitu, kamu bisa mempertimbangkan fasilitas pinjaman tanpa agunan yang ditawarkan lembaga keuangan.

Butuh dana tunai untuk tambahan modal usaha? Kenapa tidak manfaatkan pinjaman tanpa agunan. Ajukan sekarang di CekAja!

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami