Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

5 menit waktu bacaan

Kalau Kamu Mau Kaya Seperti Miliarder Dunia, Ini Target yang Harus Dicapai

by Ariesta on 5 September, 2016

tips jadi miliarder - CekAja.com

Miliarder Warren Buffet adalah salah satu investor terkaya dunia yang kekayaannya terus tumbuh setiap harinya. Tapi, CEO Oracle Omaha ini tidak mendapatkannya dengan mudah. Faktanya, 99% dari kekayaannya saat ini diraih setelah ulang tahunnya yang ke-50.

Buffet mulai menapaki jalan menjadi miliarder sejak muda. Setelah melalui kerja keras, dan kesabaran, Buffet pun mulai mencicipi kesuksesannya. Tapi seperti apa proses yang dilalui Buffet saat memulai investasi dan membangun kekayaan, dan seberapa kaya dirinyaa saat seusia kamu? Ikuti perjalanan Warren Buffet berikut ini dan bandingkan pencapaiannya dengan target hidupmu.

Warren Buffet usia anak-anak sampai remaja: Membeli saham pertama

Buffet lahir pada tahun 1930. Masa itu dikenal sebagai Great Depression atau krisis besar sebagai dampak jangka panjang dari Perang Dunia II. Buffet membeli saham pertamanya di usia 11 tahun, yaitu saham Cities Service dengan harga US$38.

Ketika berusia remaja, Buffet membayar pajak untuk pertama kalinya, menjadi loper koran, dan memiliki mesin pinball yang tersebar di berbagai tempat. Setelah lulus dari SMA, Buffet sudah memiliki sebidang tanah di Omaha dan menjual semua mesin pinball miliknya seharga US$1.200.

Warren Buffet usia 20-an: Punya gaji tinggi

Setelah lulus dari universitas, Buffet bekerja untuk ayahnya sebagai broker saham. Saat Buffet berusia 21 tahun, kekayaanya sekitar US$20.000. Di usia 24 tahun, Buffet ditawari pekerjaan oleh mentornya, Benjamin Graham, dengan gaji tahunan US$12.000. Menurut data sensus Amerika, angka ini sudah tiga kali lebih banyak daripada pendapatan rata-rata tahunan keluarga di Amerika pada tahun 1954. Keberuntungan Buffet terus berlanjut karena pada usia 26 tahun dia sudah memiliki US$140.000.

Warren Buffett saat usia 30-an: Menjadi jutawan

Ketika mencapai usia 30 tahun, kekayaan Buffet mencapai US$1 juta. Sedangkan pada tahun 1960-an rata-rata pendapatan tahunan keluarga Amerika hanya US$5.600. Dibandingkan dengan kekayaan Buffet yang mencapai US$1 juta pada waktu itu, rata-rata pria seusianya yang bekerja penuh waktu hanya bisa mengumpulkan US$5.400 dalam setahun.

Pada usia 35, saham yang dibeli Buffet terus tumbuh dan bernilai hingga US$26 juta. Buffet kemudian membeli saham Berkshire Hathaway pada 1965, dan meraih keuntungan hingga US$104 juta. Memasuki usia akhir 30 tahun, tepatnya saat berusia 39, Buffet telah mengumpulkan US$25 juta. (Baca juga: 4 Alternatif Tempat untuk Beli Logam Mulia Antam)

Warren Buffett usia 40 tahun: Bangkit dari krisis finansial

Saat berusia 43 tahun, kekayaan pribadi Buffet sudah berjumlah US$34 juta. Buffet kemudian menggunakan sebagian besar kekayaannya ini untuk membeli See’s Candie, sebuah perusahaan distributor dan pabrik permen dan cokelat di Amerika.  Namun pertengahan 1970-an, Berkshire pernah hampir bangkrut karena nilai saham pada perusahaan tersebut jatuh. Kerugian tersebut membuat kekayaan Buffet anjlok menjadi hanya US$19 juta di usianya yang menginjak 44 tahun.

Meski demikian Buffet berhasil bangkit. Di akhir tahun 70-an, yakni ketika usianya 47 tahun, dia berhasil menumbuhkan kekayaannya hingga US$67 juta. Sedangkan pada saat yang sama, rata-rata penghasilan keluarga di Amerika hanyalah US$16.530.

Warren Buffett saat usia 50 tahun: Menjadi miliarder

Kekayaan Buffet pada tahun 1982 adalah US$376 juta dan meningkat nyaris dua kali lipat menjadi US$620 juta hanya dalam setahun. Di usianya yang ke-56, Buffet menjadi miliarder. Tapi uniknya, dia dengan rendah hati hanya menerima gaji US$50.000 dari Berkshire Hathaway sebagai CEO.

Sementara itu, rata-rata pendapatan keluarga Amerika pada 1986 hanya setengah dari gaji Buffet, yaitu $24,900. Mendekati usia 60 tahun, kekayaan Buffet mencapai US$3,8 miliar. (Baca juga: Investasi Modal Mini dengan Tabungan Emas Pegadaian)

Warren Buffett saat usia 60 tahun: Kekayaan Buffet dan Berkshire terus tumbuh

Dalam sebuah surat yang ditujukan pada pemegang saham Berkshire yang ditulis pada 1990, Buffet menulis bahwa dia berpikir keuntungan perusahaannya akan menurun di akhir dekade. Dan perkiraan ini benar-benar terjadi di pertengahan tahun 1990.

Namun di akhir abad 20, Berkshire Hathaway berhasil menutup tahun dengan keuntungan fantastis yakni US$362 juta. Mendekati usia 60 tahun, kekayaan pribadinya terus tumbuh hingga menjadi US$16,5 miliar di usia 66 tahun. Di akhir 1990-an, pendapatan rata-rata keluarga di Amerika hanyalah US$42.000.

Warren Buffett usia 70 tahun: Semakin kaya raya dan menjadi dermawan

Dalam rentang waktu enam tahun—dari usia 66 sampai 72 tahun—kekayaan Buffet tumbuh lebih dari dua kali lipatnya yakni US$35,7 miliar. Namun, semakin kaya semakin dermawan pula ayah tiga anak ini. Tahun 2006 lalu dia merilis surat berisi ikrar akan mendonasikan 85% kekayaanya untuk lima yayasan amal berbeda. Sementara itu di tahun 2000-an, pendapatan rata-rata keluarga di Amerika hanyalah US$42,148.

Warren Buffett usia 80 tahun: Mencapai kebebasan finansial

Pada bulan Agustus 2015, kekayaan Buffet mencapai US$67 miliar. Angka tersebut membuatnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia setelah Bill Gates dan Carlos Slim Helu. Di usia 84 Buffet tidak memperlihatkan tanda-tanda jatuh miskin walaupun sudah mendonasikan hampir semua kekayaannya untuk amal. Selain itu dia tetap dinobatkan menjadi orang terkaya meski hanya menerima US$100.000 per tahun dari Berkshire Hathaway.

Ini membuktikan uang bukan lagi prioritas seorang Warren Buffet karena dia sudah mencapai kebebasan finansial. Harta yang berlimpah juga tidak membuat Buffet hidup boros. Dia tetap rendah hati dan hidup hemat. Namun tetap saja, Buffet adalah satu dari jutaan rakyat Amerika yang beruntung. Karena pada tahun ini pun, berdasarkan data sensus Amerika, rata-rata pendapatan sebuah keluarga di Amerika hanyalah US$51.939. (Baca juga: 6 Cara Manajemen Keuangan ala Miliarder Agar Makin Kaya)

Nah, sekarang kamu sudah menyimak pencapaian Warren Buffet. Pengalaman Buffet membuktikan bahwa sukses tidak diraih secara instan. Ada jatuh bangun, ada perjuangan, dan kepribadian rendah hati. Bagaimana dengan target hidupmu? Apa saja yang sudah kamu capai sampai hari ini?

Ingin menjadi miliarder seperti Warren Buffet? Ayo mulai berbisnis. Dapatkan tambahan modal usaha dengan mengajukan pinjaman segala kebutuhan di sini

Tentang Penulis