Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Kalau Mau Punya Motor Besar, Siap-siap dengan Biaya Ini

by Rafly Aditia on 27 Mei, 2017

motor gede_asuransi kendaraan bermotor - CekAja.com

Motor besar memang punya pesona tersendiri, terutama bagi para lelaki. Tidak hanya membuat penggunanya terlihat keren, mengendarai motor besar bisa meningkatkan kepercayaan diri seorang lelaki.

Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa banyak lelaki rela menggelontorkan uangnya untuk membeli motor besar. Namun perlu diketahui, bukan hanya mahal, pemilik juga harus siap dengan beberapa biaya berikut ini:

Spion original yang mahal

Kaca spion merupakan salah satu bagian motor yang kerap diganti. Khususnya bagi yang tinggal di kota besar dan macet, kaca spion berisiko mengalami kerusakan bahkan patah ketika terserempet pengendara lain.

Harga kaca spion motor besar tidaklah murah.. Untuk motor Ninja Kawasaki saja, harga kaca spion original mencapai Rp 350 ribuan loh.

Ongkos perawatan rutin yang lebih besar

Terutama bagi pemilik motor besar seperti Harley Davidson, harus siap-siap menanggung ongkos perawatan rutin seperti ganti oli dan tune up yang lebih mahal dibandingkan motor lainnya.

Rata-rata untuk hal rutin seperti ganti oli, motor besar bisa menghabiskan Rp 300 ribuan. Tetapi kalau motor yang dimiliki masih kelas 250 cc mungkin bisa lebih murah yaitu sekitar Rp 150 ribuan.

Harga kampas rem bisa bikin kantong cekak!

Kampas rem merupakan salah satu komponen penting pada motor. Jangan pernah mengendarai motor dalam kondisi kampas rem habis karena sangat berbahaya untuk keselamatan berkendara.

Kalau motor-motor bebek dan motor matik standar harga kampas remnya hanya sektitar puluhan ribu rupiah, berbeda dengan motor besar yang harganya bisa lebih dari 5 kali lipat! Contohnya, untuk kampas rem depan KLX 250 berkisar Rp 430 ribuan, kampas rem belakang Rp 320 ribuan, sementara Ninza 650/ER6n harga kampas rem depan dan belakangnya sekitar Rp 450 ribuan.

Beli cover khusus motor

Biasanya motor besar tidak dipakai untuk transportasi harian. Agar tidak berdebu dan warna bodi tetap terjaga dengan baik  dianjurkan untuk melindungi badan motor kesayangan dengan cover khusus. Harganya pun beragam ada yang puluhan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah

Pastinya harga suku cadang secara keseluruhan lebih tinggi

Setiap suku cadang motor memiliki batas masa pakai. Nah, dapat dipastikan bahwa secara keseluruhan harga suku cadang motor besar lebih tinggi dibandingkan motor standar. Sudah tahu kan kalau punya motor besar bukan hanya harganya saja yang mahal? Tetapi perawatannya juga membutuhkan biaya lebih. Jadi, jangan kaget kalau harus keluar uang lebih banyak nantinya!

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami