Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Kaleidoskop: 8 Makanan dan Minuman Terviral di 2018

by Sindhi Aderianti on 11 Desember, 2018

Tak jauh berbeda dengan fashion, tren makanan dan minuman juga silih berganti. Di sepanjang tahun 2018, banyak ragam kuliner yang digandrungi hingga viral di social media. Kebanyakan dari mereka merupakan menu lama yang dikreasikan, sehingga mempunyai cita rasa dan tampilan baru. Apakah tampilannya sesuai dengan rasa? Tentu saja.

Es Kepal Milo - CekAja

Soal bagaimana mereka bisa bertahan nanti, sebagai mestinya tren pasti tidak ada yang abadi. Ada yang diprediksikan mampu bertahan di tahun-tahun berikutnya, namun sayang ada pula yang harus rela meraup keuntungan hanya dalam kurun waktu beberapa bulan saja. Berikut CekAja akan ulas kaleidoskop 8 makanan dan minuman terviral di tahun anjing tanah ini.

1. Pisang Nugget

Buah dengan kandungan potasium yang tinggi ini memang ajaib. Selain enak dimakan langsung, pisang juga sering menjadi bahan dasar berbagai jajanan hits. Kalau dulu orang-orang tahunya nugget itu hanya ayam, sekarang ‘giliran’ pisang.

Jajanan ini sebenarnya hanya olahan pisang yang diberi tepung terigu dan panir lalu digoreng. Karena sekilas kelihatan mirip chicken nugget, makanya diistilahkan begitu. Disajikannya dengan berbagai topping mulai dari coklat, keju, matcha, sampai cookies and cream.

Semakin booming di awal 2018 lalu, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep bahkan sampai tertarik untuk berwirausaha membuat brand pisang nugget sendiri yang diberi nama “Sang Pisang”.

2. Mie Goreng Donat

Awalnya, makanan ini lebih dulu viral di Australia. Salah satu produsen donat di Sydney, Australia, Donut Papi, berkolaborasi dengan Indomie untuk memasarkan kreasi donat mi goreng pada 25-17 Mei 2018.

Namun karena menggunakan bahan dasar asli dari Indonesia, akhirnya mie goreng donat ini pun ramai diburu di negeri sendiri. Sebenarnya cara membuat mie goreng donat ini sangat mudah. Hanya saja Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki cetakan atau loyang mini berukuran 10 sentimeter.

(Baca juga: 5 Makanan Ini Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan)
3. Sate Taichan

Taichan sendiri adalah sate ayam dengan konsep masak cukup unik, yakni dikukus dulu baru dibakar, sehingga menghasilkan tekstur daging yang super lembut tanpa ada bagian gosong sedikitpun.

Jauh berbeda dengan sate biasa, taichan justru hanya butuh saus dari olahan rawit dan tomat yang menghasilkan rasa asam manis pedas. Kalau kurang asin, ada tambahan garam yang bisa Anda cocol sesuka hati.

Suami selebgram Rachel Vennya pun turut menerima berkah populernya sate taichan dengan membuka restoran “Taichan Goreng”. Di tahun 2018 ini, restoran tersebut bahkan sukses memenangkan nominasi Best Partner GoFood kategori sate di seluruh Indonesia.

4. Ayam Geprek Mozarella

Siapapun pasti suka makan ayam. Baik itu digoreng atau dibakar, rasanya selalu enak. Berangkat dari latar belakang itu, para pelaku bisnis kemudian memodifikasinya ke dalam bentuk yang lebih menarik, yakni digeprek dengan lelehan mozzarella sebagai topping.

Kini setidaknya ada ratusan gerai yang menjual makanan dengan konsep tersebut, salah satunya yang terviral adalah Geprek Bensu. Sebagai makanan berat yang menarik dan juga nikmat, kuliner ini memang pantas menjadi favorit selama tahun 2018.

Apalagi bagi pecinta pedas, karena umumnya ayam geprek mozzarella disajikan dengan level pedas mulai dari 1 hingga 10. Masih kurang kenyang? Minta tambahan tempe atau tahu pun bisa.

(Baca juga: Begini Bentuk Makanan dan Pola Konsumsi di Tahun 2038)

5. Bola Ubi Kopong

Walaupun banyak dessert atau jajanan tradisional yang populer, akan tetapi jajanan kaki lima yang satu ini berhasil menyita minat kaum millenial. Padahal bahannya cukup sederhana, hanya saja ditambah dengan paduan rasa yang kekinian.

Bola-bola ubi ini terbuat dari campuran ubi jalar kukus, tepung tapioka dan gula bubuk. Semua adonan dicampur hingga rata setelah itu dibentuk menjadi bulat. Selain menggunakan ubi kuning, ada juga yang menggunakan ubi ungu.

Tidak hanya dengan gula putih, bola ubi kopong juga bisa Anda nikmati bersama taburan bubuk susu cokelat dan matcha.

6. Salted Egg Chicken

Kelezatan kuliner ini terletak pada tekstur tekstur daging ayam yang lembut di dalam dan kulit luarnya yang renyah, serta tentu saja saus telur asin yang creamy. Salted egg memang spesial, perpaduan gurih dan manis membuat siapapun susah menolaknya.

Di Jakarta sendiri, sudah banyak restoran yang menyajikan menu tersebut. Beberapa gerai bahkan menjualnya langsung dengan nasi dalam box dengan ukuran regular dan large. Jadi lebih praktis!

Meski harga yang ditawarkan terkadang sedikit mahal, salted egg chicken tak lantas sepi peminat. Di kedai salted egg chicken Eatlah misalnya, Anda harus rela mengantri untuk membeli satu porsinya.

(Baca juga: Mau Buka Bisnis Makanan, Simak Kiat-kiat Ini!)
7. Es Kepal Milo

Pertama kali dipopulerkan oleh kedai bernama Ais Kepal Milo di Malaysia, dessert ini sempat  begitu viral pada pertengahan tahun 2018. Sesuai namanya, es kepal milo dibuat dengan kepalan es serut, fla milo, dan berbagai macam topping pilihan seperti sereal, meses, kacang hingga parutan keju.

Harganya yang tidak terlalu mahal juga menjadikan dessert satu ini memiliki banyak peminat. Di tengah popularitasnya, tak sedikit pula orang-orang yang menelisik es kepal milo dari segi gizi. Kabarnya kalori satu mangkuk es kepal milo setara dengan sebungkus nasi padang.

Fakta unik inipun lantas ramai menjadi jokes para netizen di social media. Namun sayang, popularitas es kepal milo kini tampaknya sudah mulai memudar dan tak bisa bertahan lama.

8. Cheese Tea

Teh memang satu-satunya minuman yang cocok untuk dikreasikan menjadi berbagai macam jenis. Kalau minum milk tea dengan bubble, mungkin sudah biasa.

Di tahun 2018 ini, selain dicampur dengan susu, teh juga tengah viral disajikan dengan topping keju berwujud seperti foam yang lembut sehingga menghasilkan cita rasa gurih, manis dan menyegarkan.

Konsep minuman unik ini awalnya berasal dari Taiwan dan sekarang mulai menjamur pula di berbagai negara lain termasuk Indonesia.

Itulah kedelapan makanan dan minuman yang sempat viral di tahun 2018. Mana yang paling Anda favoritkan? Semoga di tahun-tahun berikutnya, Anda masih bisa menikmati kuliner tersebut dengan cita rasa yang sama ya.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami