Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Kalimat Sakti Ini Bakal Bikin Pasangan Bekerja Lebih Keras untuk Cari Uang

by Tisyrin N. T on 22 November, 2016

tips atur uang _ investasi - CekAja.com

Saat menjalin hubungan serius dengan seseorang, kamu harus mulai memikirkan masa depan bersama-sama. Ketika pasangan menganggur karena berbagai sebab, sebagai wanita, kamu pasti akan mengalami kebimbangan.

Sebelum itu terjadi, ucapkan kalimat-kalimat ini kepadanya sebagai motivasi, agar dia berpikir 20 kali untuk jadi pengangguran.

Biaya nikah tidak murah, setidaknya harus ada sekitar Rp 30 jutaan

Untuk melangsungkan pesta pernikahan, kalian berdua setidaknya harus menyiapkan Rp 30 jutaan. Biaya sebesar itupun masih tergolong irit. Jika pasangan menganggur, tentu sangat sulit untuk menabung bersama mengumpulkan modal nikah.

Ingat! Harga diapers lebih mahal dari  make up

Kelak, jika sudah menikah, kalian akan memiliki anak. Salah satu kebutuhan paling penting untuk bayi adalah diapers. Tanpa diapers, seorang ibu akan sangat kerepotan, karena bayi tentu saja belum bisa mengungkapkan saat akan buang air kecil atau besar. Namun, harga diapers tidaklah murah. (Baca juga: Agar Tidak Cedera, Ini 4 Tips Olahraga Lari untuk Para Pemula)

Harga diapers berkisar Rp 80.000 per bungkusnya, angka ini bisa jadi lebih mahal dari harga lipstickmu bukan? Katakan hal tersebut pada pasangan saat berbelanja bersama ke minimarket atau supermarket, agar dia sadar bahwa kebutuhan untuk anak-anak kalian nantinya sangat banyak.

Inflasi bisa mencapai lebih dari 7%

Jika mencermati data Bank Indonesia, rata-rata inflasi di Indonesia sepanjang 2016 tercatat di bawah 5%, atau terbilang menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun pada 2015, pada bulan-bulan tertentu inflasi masih menyentuh angka lebih dari 7% lho.

Cobalah bicara pada pasangan, jika inflasi tinggi, kalian pun harus siap secara finansial. Kalian harus siap menghadapi kenaikan harga kebutuhan pokok dan harga-harga lainnya. Tanpa sumber pemasukan yang pasti, kehidupan kalian akan terasa berat.

Harga rumah naik 10% – 20% per tahun

Saat awal berumah tangga, kamu dan pasangan  bisa mengontrak rumah atau menumpang di rumah orangtua untuk sementara waktu.

Namun, coba katakan bahwa kamu memimpikan rumah yang layak untuk menghabiskan waktu berdua hingga tua kelak. Selain itu sampaikan juga bahwa kenaikan harga rumah tidak main-main, angkanya bisa mencapai 10%- 20% per tahunnya. 

Biaya pendidikan terus meningkat 15% per tahun

Tak hanya rumah, biaya pendidikan pun terus mengalami peningkatan setiap tahunnya sekitar 15%. Padahal, anakanak kalian kelak butuh pendidikan yang layak. Katakan kamu ingin anak-anak kelak meraih pendidikan yang lebih baik dari orangtuanya. Dengan begitu, harus ditunjang dengan persiapan finansial yang matang. (Baca juga: 4 Tips Bikin Dompet Tetap Tebal Meski Hobi Belanja)

Wujudkan impian memiliki rumah idaman dengan Kredit Pemilikan Rumah. Ajukan sekarang juga di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.