Kamera Analog Terbaik yang Masih Eksis dan Paling Dicari Saat Ini

7 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Meski teknologi saat ini sudah semakin maju, dengan ditandai munculnya produk-produk serba digital, namun hal tersebut ternyata tidak membuat produk-produk analog hilang tergerus zaman begitu saja. Pasalnya, masih banyak produk analog yang sampai saat ini masih menjadi incaran, salah satunya kamera analog. Meski, sudah banyak kamera digital yang super canggih, namun sisi jadul dari kamera analog masih digemari segelintir pencinta kamera.

Kamera Analog Terbaik yang Masih Eksis dan Paling Dicari Saat Ini

Nah, bicara tentang kamera analog, apakah kamu tahu deretan kamera jadul atau kamera analog terbaik yang sangat hits pada zamannya? Untuk para generasi milenial, mungkin kamera analog masih sangat asing didengar bahkan dilihat, karena generasi tersebut sudah memasuki zaman, dimana semua halnya didukung teknologi modern.

Namun, untuk para pecinta fotografi, hadirnya kamera digital dengan beragam kecanggihannya, sepertinya bukan menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, dengan menghasilkan karya fotografi yang berkualitas dalam keterbatasan dan proses yang rumit, akan membuat mereka merasa tertantang.

Tidak hanya itu, modus auto yang terdapat pada kamera digital juga akan sangat dihindari oleh pecinta kamera analog. Para pecinta kamera analog, biasanya akan mempelajari semua teknik pemotretan, yang belum tentu digunakan di kamera digital.

Bahkan, selain mengurangi penguasaan teknik pemotretan, penggunaan kamera digital juga sangat membatasi kreatifitas dalam menghasilkan karya fotografi. Karena di kamera digital terdapat banyak fitur-fitur yang sangat memudahkan penggunanya dalam mengambil gambar, bahkan tanpa membutuhkan teknik sekalipun.

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Analog

Sebelum masuk ke pembahasan kamera analog terbaik, yuk simak kelebihan serta kekurangan dari kamera analog, yang masih diincar para pecinta fotografi berikut ini

Kelebihan:

  • Resolusi Besar

Tahukah kamu, bahwa resolusi yang dimiliki kamera analog ternyata lebih besar, ketimbang kamera digital. Kok bisa? Hal tersebut terjadi karena, adanya batasan besaran pada resolusi kamera digital. Sehingga, ketika foto dicetak melebihi pixel resolusi foto, maka hasil foto tersebut akan pecah.

Berbeda dengan kamera analog, yang tidak memiliki batasan untuk soal resolusi. Bahkan, kamu bisa mengcetak hasil foto dari kamera analog, hingga sebesar pintu rumahmu. Keren kan!

  • Tidak perlu Bantuan Daya Baterai

Sering menjadi keluhan bagi para pengguna kamera digital, kamera analog justru tak membutuhkan bantuan baterai sama sekali. Sehingga, kamu tidak perlu khawatir memikirkan baterai habis, dan tidak menemukan sumber listrik di lokasi mu saat itu.

  • Bobot Lebih Ringan

Untuk masalah bobot, kamera analog cenderung lebih ringan daripada kamera digital. Namun, beberapa kamera analog juga memiliki bobot yang berat, karena komponennya terbuat dari besi, namun hal tersebut juga tertolong, dengan bentuknya yang lebih kecil daripada kamera digital. Sehingga tetap nyaman untuk dibawa kemana-mana.

  • Tahan Lama dan Tahan Banting

Nah, selanjutnya adalah bicara soal komponen dan material yang digunakan kamera analog. Pasalnya, komponen yang digunakan pada kamera analoh tergolong kuat dan awet, bahkan tahan banting juga. Sedangkan kamera digital, sangat rentan terhadap gorean, terkena air, dan sangat sensitif.

  • Hasil Warna Pada Foto Akan Vivid

Warna vivid adalah warna yang mencolok atau sangat cerah, sehingga foto vivid dianggap sebagai hasil foto yang sangat bagus dipandang. Pasalnya, hal tersebut terjadi, karena roll film pada kamera analog mampu menangkap sinar pada objek secara apa adanya.

  • Bisa Lebih Melatih Insting dalam Mengambil Gambar

Tak tertantang sama sekali, bahkan semua orang pun bisa menggunakan kamera digital, karena kamu bisa bebas dalam mengambil gambar. Namun, untuk memperoleh hasil yang bagus dari kamera analog, kamu memperlukan kehati-hatian bahkan kamu harus memakai insting dalam mengambil gambar.

Insting di sini, kamu harus melatih bagaimana mendapatkan pencahayaan yang sempurna, agar mendapatkan hasil yang bagus. Mengapa insting wajib dilakukan? Pasalnya, pada kamera analog kamu tidak bisa mengahapus foto yang sudah dipotret, sehingga kamu harus memanfaatkan betul disetiap momennya.

  • Hasil Kamera Tanpa Noise

Noise di sini artinya adalah ketika pixel yang tidak sesuai dengan semestinya. Misalnya, noise seringkali menggangu kejernihan pada gambar, berupa bintik-bintik ketika kamu menggunakan ISO yang tinggi. Sebut saja, kamera digital yang terpasang pada ponsel, karena jika harganya murah, maka hasil gambar sudah dipastikan terdapat noise.

Namun, hal tersebut tidak akan temukan pada hasil foto analog. Akan tetapi, masalah tentunya pasti ada dan serupa dengan noise, yakni grain atau bintik-bintik yang diakibatkan sensitifnya emulsi film, pada proses cuci cetak. Namun, masalah grain pada kamera analog malah sering dianggap sebuah seni.

Kekurangan:

  • Fitur yang Serba Manual

Tidak seperti kamera digital, untuk bisa menggunakan kamera analog, kamu harus menghafal fitur-fitur yang ada pada kamera analog. Tidak hafal, kamu juga harus paham cara mengaturnya, karena jika hal-hal tersebut tidak dilakukan, maka hasil fotomu mungki tidak sempurna seperti yang diharapkan. Sehingga, roll film yang ada di dalam kamera tersebut menjadi sia-sia.

  • Menggunakan Roll Film yang saat Ini Sudah Langka dan Mahal

Saat ini, penggunaan roll film sudah jarang, sehingga produksinya pun sudah tidak besar seperti dulu, bahkan kini sudah menjadi barang langka. Dan hal inilah yang membuat roll film kini memiliki harga yang cukup mahal.

  • Hasil Foto Harus Dicetak

Untuk bisa melihat hasil foto pada kamera analog, tentunya kamu harus melakukan proses pencucian dan pencetakkan. Berbeda dengan kamera digital, yang sudah bisa ditransfer melalui wifi kamera ke smartphone atau laptop.

Deretan Kamera Analog Terbaik

Nah, sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan dari kamera analog? Sekarang saatnya kamu mengetahui deretan kamera analog terbaik, yang wajib dimiliki bagi kamu para pecinta fotografi, berikut ini:

1. Nikon FM2 – Tahun Produksi 1982

Nikon FM2 - Tahun Produksi 1982 - Kamera Analog Terbaik yang Masih Eksis dan Paling Dicari Saat Ini

Kamera analog terbaik yang pertama dan paling direkomendasikan untuk kamu adalah, Nikon FM2. Kamera analog ini memiliki semua pengaturan yang masih manual, mulai dari kecepatan (shutter speed), ISO film, aperture/diafragma, hingga pengaturan fokus.

Harga kamera analog terbaik Nikon FM2, saat ini adalah sekitar: Rp2.000.000,-

2. Canon Canonet QL17 – Tahun Produksi 1960-1980an

Canon Canonet QL17 - Tahun Produksi 1960-1980an - Kamera Analog Terbaik yang Masih Eksis dan Paling Dicari Saat Ini

Kamera analog terbaik selanjutnya, yang masih menjadi incaran pecinta fotografi hingga saat ini adalah Canon Canonet QL17. Selain itu, kamera ini juga masuk dalam golongan kamera “cult camera”. Kamera analog terbaik ini juga wajib dimiliki untuk kamu yang baru terjun ke dunia fotografi analog film.

Harga kamera analog Canon Canonet QL17, saat ini adalah sekitar: Rp1.500.000,-

3. Yashica FX Super 2000 – Tahun Produksi 1986

Yashica FX Super 2000 - Tahun Produksi 1986 - Kamera Analog Terbaik yang Masih Eksis dan Paling Dicari Saat Ini

Kamera analog terbaik berikutnya adalah Yashica FX Super 2000. Memiliki desain yang elegan, kamera analog ini juga memiliki kelebihan super, seperti fitur tambahan berupa shutter speed, bahkan hingga 1/2000 detik. Tidak hanya itu, terdapat light meter dengan tenaga dua baterai LR44.

Harga kamera analog terbaik Yashica FX Super 2000, saat ini adalah sekitar: Rp1.000.000,-

(Baca juga: Perusahaan Video Game Terbesar di Dunia!)

4. Nikon FM10 – Tahun Produksi 1995

Nikon FM10 - Tahun Produksi 1995 - Kamera Analog Terbaik yang Masih Eksis dan Paling Dicari Saat Ini

Nikon FM10 juga masuk ke dalam daftar kamera analog terbaik, yang paling direkomendasikan. Kamera ini juga memiliki kelebihan seperti center weighted metering, shutter spreed sampai 1/2000. Tidak hanya itu, kamera ini mempunya gambar tajam, dan termasuk bagus untuk kamera analog.

Harga kamera analoh terbaik Nikon FM10, saat ini sekitar: Rp1.500.000,-

5. Olympus Mjuii – Tahun Produksi 1999

Olympus Mju ii - Tahun Produksi 1999 - Kamera Analog Terbaik yang Masih Eksis dan Paling Dicari Saat Ini

Kamera analog terbaik yang juga disebut sebagai, kamera paling nyaman digunakan untuk street photography ini adalah Olympus Mjuii. Kamera yang bisa digunakan ketika hujan ini juga memiliki kemampuan menghasilkan gambar yang memuaskan. Namun, shutter speed kamera ini diatur secara auto. sehingga harus memakai film minimal iso 400 untuk mendapatkan dof yang luas.

Harga kamera Olympus Mjuii saat ini sekitar: Rp1.500.000,-

6. Yashica 35 GSN – Tahun Produksi 1973

Yashica 35 GSN - Tahun Produksi 1973 - Kamera Analog Terbaik yang Masih Eksis dan Paling Dicari Saat Ini

Kamera analog terbaik selanjutnya adalah Yashica 35 GSN, dimana kamera ini merupakan tipe analog rangefinder elektronik. Sehingga, kamera ini memiliki metering berupa lampu parallax berwarna orange dan merah yang mengoreksi kondisi cahaya. Sehingga, untuk menggunaka light meter di kamera ini, kamu harus membutuhkan baterai LR44 4 buah.

Untuk shutter speed di kamera ini, dilakukan secara otomatis dari 1/30-1/500, dan untuk melihat meteringnya, kamu cukup menekan setengah tombol shutter.

Harga kamera analoh Yashica 35 GSN saat ini adalah sekitar: Rp1.000.000,-

7. Canon AE1 – Tahun Produksi 1976-1984

Canon AE1 - Tahun Produksi 1976-1984 - Kamera Analog Terbaik yang Masih Eksis dan Paling Dicari Saat Ini

Kamera analog terbaik yang desainnya terkenal elegan ini adalah Canon AE1. Pasalnya, kamera ini memiliki body yang klasik dan sangat good looking. Kamera ini juga dilengkapi dengan program dan komponen elektronik, view finder yang cukup lebar, memiliki lensa yang cukup tajam juga, dan pastinya tahan banting.

Harga kamera analog Canon AE1 saat ini sekitar: Rp2.300.000,-

Sekadar informasi, bahwa harga-harga yang tercantum tersebut adalah perkiraan yang dijual oleh para pelapak. Namun, harga yang dicantumkan juga tergantung dari kondisi kamera analog itu sendiri, dikarenakan barang ini adalah barang bekas atau tua, yang tidak diproduksi kembali di zaman ini.

Nah, untuk kamu yang mau cari-cari kamera analog terbaik, kamu bisa pilih kamera dari rekomendasi di atas. Kamu juga bisa mencari kamera dengan harga terbaik di berbagai toko online. Namun, meski jadul, harga-harga kamera analog memang masih terbilang mahal karena menjual sisi estetikanya.

(Baca juga: Daftar Situs Nonton Film Online Terbaru 2020)

Akan tetapi, jika tabunganmu masih belum cukup untuk membeli kamera analog impian, kamu bisa menggunakan jenis pembayaran melalui kartu kredit loh. Pasalnya, dengan kartu kredit, kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan. Yuk, ajukan kartu kredit pilihanmu sekarang, hanya di situs CekAja!