Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Kamu akan Terkejut Kalau Tahu Harga Asli Barang Mahal Berikut Ini

by Ariesta on 2 November, 2016

iPhone_kartu kredit - CekAja.com

Ketika membeli barang mahal coba renungkan mengapa kamu membeli barang tersebut? Apakah karena merek terkenal? Apakah karena kualitasnya? Atau agar kamu dianggap mampu, berduit, dan bisa menaikkan status sosial?

Pepatah mengatakan, ada harga ada rupa. Meski mahal, masih banyak orang yang rela mengeluarkan kocek besar atau mencicilnya dengan kartu kredit. Pada kenyataannya, suatu barang yang dilabeli mahal tidak melulu sesuai ekspektasi. Malah terkadang harga aslinya justru jauh lebih murah sebelum dilempar ke pasar. Siap-siap, kamu akan terkejut kalau tahu harga asli barang mahal berikut ini.

Bulu mata
bulu-mata-syahrini-cendrawasih
foto: bulumatasyahrini.com

Bagi Make Up Artist dan pencinta makeup, bulu mata palsu wajib ada sebagai pelengkap penampilan. Sudah bukan rahasia lagi kalau bulu mata palsu asal Indonesia menjadi komiditi ekspor yang terkenal hingga ke mancanegara. Bulu mata produksi Purbalingga bahkan menjadi favorit artis Hollywood Katy Perry dan Paris Hilton. Bulu mata karya buruh Purbalingga ini oleh pengepul diekspor ke luar negeri, lalu diberi label.

Ketika dijual kembali ke Indonesia, harganya menjadi puluhan bahkan ratusan ribu. Beberapa perusahaan tersebut juga menggandeng selebriti Indonesia seperti Syahrini. Khusus bulu mata model Cenderawasih yang sering dikenakan Syahrini, harganya mencapai Rp65 ribu per pak, sudah termasuk lem dan pemasangannya.

Namun harga jual ini tidak sebanding dengan upah pengidep (pengrajin bulu mata). Upah buruh bulu mata palsu bernama Khotimah misalnya, hanya sejumlah Rp500 dari setiap bulu mata yang berhasil dikerjakan. Dalam sehari, Khotimah dan buruh lainnya harus menyelesaikan 20 pasang bulu mata.

Jika bisa mencapai target, yakni 14 pasang sehari, ia akan dibayar Rp13 ribu. Rinciannya, satu bulu mata dihargai Rp500, uang hadir Rp3.000, dan uang prestasi mencapai target Rp3.000. Tapi jika bulu mata tidak rapi sedikit saja, bulu mata akan dikembalikan tanpa dibayar. Membuatnya sulit, tapi dihargai murah. Tak jarang buruh menderita sakit mata dan pusing-pusing karena harus membungkuk dalam waktu lama.

(Baca juga: 7 Pemimpin Negara yang Punya Harta Pribadi Miliaran Dolar)

T-shirt
baju-compang-camping
foto: Bacatulisan.com

Jika harga segulung bahan kaos cotton combed 30’s adalah Rp60.000 dan satu gulung bisa dijadikan empat kaos, maka modal setiap kaosnya adalah Rp15.000. Jika ditambah ongkos jahit Rp10.000, maka modal bersih Rp25.000. Karenanya sehelai kaos wajar jika dijual mulai dari Rp50.000. Tapi ketika masuk toko, harganya bisa lebih dari Rp100.000.

Yang lebih mengejutkan adalah kaos robek-robek memiliki harga lebih mahal dibandingkan pakaian normal pada umumnya. Sempat menjadi viral, sepotong kaos robek dibanderol dengan harga Rp349.900.

Tak heran harganya mahal karena kaos bolong-bolong tersebut dilabeli merk ternama dan dijual di mal. Jika lain kali kamu menemukan kaos yang harganya lebih mahal, kini kamu tahu berapa sebenarnya modal yang diperlukan.

Motor
5-motor-matic-terbaik-di-indonesia
foto: OtoManiac

Harga skuter matik di pasaran berkisar di angka Rp15 juta. Tapi tahukah kamu berapa harga keluaran pabrik? Hanya Rp7-8 juta saja! Padahal idealnya, motor-motor skutik tersebut dijual dengan harga Rp10 jutaan dengan asumsi margin yang diambil sekitar 20%. Sebenarnya dengan angka ini saja, produsen sudah mendapatkan banyak keuntungan.

Bahkan dua produsen besar di Indonesia, Honda dan Yamaha tengah menghadapi tuduhan kartel dari Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Kedua produsen ini dduga telah memonopoli pasar dan bersekongkol melakukan praktik usaha tidak sehat terhadap harga jual sepeda motor jenis skuter matik 110-125cc di Indonesia.

Namun Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membantah pernyataan Komisi Pengawasan Persaingan Usaha (KPPU). Menurut perwakilan Yamaha, harga sepeda motor jenis matik saat keluar pabrik ada di kisaran Rp 9,3 juta. Penyebab tingginya harga adalah beban pajak sebesar 42% yang ditanggung konsumen. Ditambah lagi PPN 10%, bea balik nama, bea plat nomor, STNK, BPKB dan sebagainya. Jadi, harga Rp15 juta dinilai wajar.

(Baca juga: Penggemar Motor CC Besar? 4 Motor Ini Bakal Bikin Kamu Kepincut)

Bagaimana menurutmu?

IPhone 7
iphone-7
foto: TheCountryCaller

Gadget keluaran Apple selalu dilabeli mahal. Meski demikian, kehadiran seri terbarunya selalu ditunggu-tunggu. Bahkan ada orang yang rela menginap dan mendirikan tenda untuk menjadi orang pertama yang memiliki iPhone 7. Beberapa mungkin berpikir kalau iPhone 7 bisa menaikkan gengsi. Namun mereka yang paham akan berpikir ulang karena harga smartphone tersebut tidak sesuai dengan spesifikasi.

Adalah HIS Markit, sebuah perusaahaan riset dan analis yang membongkar ‘isi’ iPhone 7 untuk menaksir harga komponen perangkat tersebut. Hasilnya, modal untuk membuat iPhone 7 hanyalah sejumlah US$224,80 atau Rp2.922.400 saja (US$1 = Rp13.000). Biaya ini bahkan sudah termasuk manufacturing cost US$5.

(Baca juga: 3 Smartphone Mirip iPhone 7 yang Harganya Jauh Lebih Murah)

Sedangkan di pasaran, iPhone 7 dijual Rp 8,5 juta untuk versi 32 GB. Sementara varian iPhone 7 Plus dipatok mulai Rp10 jutaan. Yang harus kamu tahu, sebenarnya perkiraan harga bahan baku yang digunakan iPhone 7 hampir sama dengan Samsung. Hanya saja margin alias keuntungan yang diambil Apple lebih besar.

Butuh kartu kredit yang berikan diskon belanja dan cashback hingga jutaan rupiah setiap bertransaksi? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis