Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Kamu Bisa Lebih Sehat Selama Puasa Bila Tidak Konsumsi Ini

by Rafly Aditia on 6 Juni, 2016

makanan junk food _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Berpuasa bisa bikin lebih sehat. Namun, konsumsi makanan dan minuman kamu pun mesti dijaga.

Bulan ramadhan atau bulan puasa adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Berbagai hal menjadikan bulan yang satu ini begitu spesial, mulai dari banyaknya tradisi hingga dibukakannya pintu rahmat oleh Tuhan yang Maha Kuasa sebesar-besarnya.

Menjalankan ibadah puasa sekitar 12 jam setiap harinya jadi kewajiban. Oleh karena itu, kamu harus menjaga ketahanan tubuh untuk bisa terus berpuasa hingga adzan maghrib berkumandang. Jangan sampai,  karena sembarangan mengonsumsi makanan dan minuman puasa jadi terganggu. Berikut ini ada beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari saat bulan puasa:

Minuman dengan gula tinggi

Kebutuhan manusia akan gula dan karbohidrat ketika puasa memang sangat penting. Tetapi, jangan sampai berlebihan. Karena, apabila kamu mengonsumsi minuman dengan kadar gula yang sangat tinggi serta porsi yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan bagi para penderita penyakit diabetes.

 

Kopi

Kopi merupakan minuman yang punya kandungan kafien cukup tinggi. Karena itulah kopi tidak begitu baik untuk lambung apabila dikonsumsi terlalu sering. Apalagi ketika berpuasa, minum kopi saat sahur justru bisa meningkatkan kadar asam lambung dan menyebabkan mag.

Karena asam lambung yang berlebih, kamu bisa mengalami mual-mual hingga ibadah puasa dapat terganggu.  (Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Sering Dihadapi Saat Puasa dan Cara Menghindarinya)

Makanan pedas

Sebaiknya saat berpuasa hindari mengonsumsi makanan pedas. Memang, rasa pedas menjadi salah satu alasan seseorang untuk menyantap makanan. Tetapi perlu kamu ketahui bahwa makanan pedas sangat berpotensi untuk merusak dinding lambung. Terutama ketika kamu seharian menjalani ibadah puasa, dinding lambung akan menjadi lebih sensitif.

Junkfood

Memang tidak jarang orang memilih makanan cepat saji atau junkfood sebagai menu untuk berbuka ataupun sahur. Alasannya simpel, karena tidak perlu repot-repot dan bikin perut cepat kenyang.

Perlu kamu ketahui, dalam junkfood terkandung banyak gula dan minyak berlebih. Sehingga hal ini akan membuat tubuh kamu mengalami proses metabolisme yang kurang teratur.

Sekarang kamu sudah tahu apa saja makanan dan minuman yang perlu dihindari selama bulan puasa. Jadi, jaga terus kesehatanmu dan selamat berpuasa! (Baca juga: Ini Dia Berbagai Bisnis Dadakan yang Datangkan Berkah Berlipat Saat Puasa)

 

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami