Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Kamu Bisa Sial Jika Mengeluarkan Uang Untuk Sejumlah Hal Ini

by Surtan Siahaan on 5 Februari, 2016

Orang Tionghoa adalah kaum yang percaya setiap segi dalam kehidupan manusia memiliki arti sendiri. Baik keberuntungan dan kesialan adalah hal yang timbul karena tindakan tertentu.

Jika sebelumnya CekAja pernah menerbitkan artikel tentang benda-benda yang diyakini masyarakat Tionghoa bisa membawa hoki, kali ini kami akan menyuguhkan artikel mengenai pantangan selama Imlek. Sebab, jika dibeli saat Imlek, hal-hal ini justru diyakini membawa kesialan. Tertarik mengetahui? Berikut ini daftarnya:

Sepatu baru

Orang Tionghoa meyakini, keberuntungan atau kesialan berasal dari cara pengucapan terhadap benda atau hal tersebut. Seperti sepatu yang jika dibaca dengan dialek Kanton mirip dengan kata kesulitan. Maka orang Tionghoa sangat anti berbelanja sepatu baru saat Imlek.

(Baca juga: Wajib Stok, Harga Barang Ini Akan Naik Mendekati Imlek)

Salon

Salon adalah tempat yang paling dihindari orang Tionghoa saat perayaan Imlek. Sebab, di salon seseorang biasanya melakukan aktivitas seperti mencuci rambut. Meski orang Tionghoa memiliki tradisi potong rambut sebelum Imlek, mereka justru dilarang mencuci rambut karena diyakini dapat mencuci keberuntungan.

Buku

Sama seperti rambut yang punya kemiripan cara baca dengan kesialan, buku juga punya kemiripan dengan kata kehilangan. Oleh karenanya, aktivitas jual beli buku sangat tidak dianjurkan pada saat Imlek. Biasanya, orang Tionghoa akan membeli buku sebelum tahun baru karena aktivitas membaca sebenarnya tidak dilarang.

(Baca juga: 5 Tradisi Positif Saat Imlek yang Bisa Kita Tiru)

Bubur

Makanan yang satu ini juga tabu dikonsumsi saat Imlek. Tidak heran banyak penjual bubur keturunan Tionghoa akan libur saat tahun baru. Salahs atu alasannya kenapa bubur tidak dianjurkan karena makanan ini dianggap akan membawa kemiskinan apabila disantap saat Imlek.

Tentang Penulis