Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Kamu Boleh Pinjamkan Uang Pada Teman dan Keluarga Asal Patuhi 5 Hal Ini

by Rafly Aditia on 27 September, 2016

kesalahan cinta _ kartu kredit - CekAja.com

Membantu keluarga atau teman dekat yang sedang mengalami kesulitan keuangan memang baik. Walaupun begitu, kamu harus melakukan tindakan yang tepat agar hubungan kamu dengan mereka tetap terjaga.

Jangan sampai karena masalah utang piutang hubungan dekat jadi hancur berantakan. Berikut ini ada 5 syarat yang harus dipatuhi kalau kamu mau meminjamkan uang pada teman atau keluarga:

Jangan malas menagih

Kamu harus menagih utang mereka sesuai tempo. Tapi ingat, kamu bukan debt collector jadi tagihlah dengan sopan. Lihat dulu, bila mereka menunjukkan itikad baik untuk membayar Berikan tenggang waktu lebih lagi.

(Baca juga: 5 Orang Kaya Asli Indonesia yang Punya Pulau Pribadi)

Kalau perlu bikin surat perjanjian

Agar semuanya jelas dari awal, terutama apabila pinjaman uang yang diberikan cukup besar sebaiknya buat surat perjanjian. Bukan bermaksud perhitungan, namun hal ini diperlukan guna menghindari kemungkinan buruk di kemudian hari.

Jangan berharap mereka bakal membalas budi

Banyak orang berharap saat memberikan pinjaman uang keapda keluarga atau teman, mereka bakal memberikan bantuan yang sama di saat diri sendiri mengalami kesulitan. Pemikiran seperti itu salah besar. Jika ingin memberikan solusi, bantulah mereka dengan tulus dan niat baik. Jangan harapkan imbalan lebih kecuali pengembalian uang yang dipinjam.

Tidak apa-apa memberikan opsi cicilan

Berhubung pinjaman ini diberikan kepada keluarga atau teman dekat, maka kamu harus sedikit luwes. Berikan opsi cicilan, terutama apabila memang uang tersebut dibutuhkan untuk hal yang sangat penting dan jumlahnya cukup besar.

(Baca juga: 5 Penyebab Kamu dan Pasangan Gagal Kaya Saat Investasi Bersama)

Ikhlas bila tidak dilunasi

Bila yang meminjam adalah keluarga sendiri, kamu sudah harus menerima dengan ikhlas bila utang tersebut tidak dilunasi dengan berbagai alasan.

Butuh uang tunai cepat dalam waktu dekat? Kenapa tidak pinjam melalui fasilitas Kredit Tanpa Agunan (KTA). Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.