Kamu Lebih Suka Kopi atau Teh? Ini Manfaat Keduanya

Kopi dan teh merupakan minuman favorit banyak orang di dunia. Walau begitu, setiap orang memiliki kecenderungan untuk lebih menyukai salah satunya. Bahkan tidak sedikit justru yang membenci salah satu dari kedua minuman tersebut.

Perlu kamu ketahui, kopi dan teh memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini manfaat teh dan manfaat kopi yang perlu kamu ketahui:

Manfaat Teh

  • Menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian yang dipublikasi Journal Obesity ditemukan fakta bahwa ekstrak teh hijau bisa menghalau pembentukan lemak tubuh. Bagi kamu yang sedang berdiet dan ingin cepat langsing, teh hijau dapat memberikan efek baik.
  • Menurunkan risiko kanker. Zat ORAC (Oxygen radical absorbance capaicty) yang terkandung dalam teh sangat tinggi. Oleh karena itu teh dapat menghancurkan radikel bebas yang berbahaya bagi tubuh. Seperti yang diketahui, radikal bebas merupakan penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti kanker.
  • Meningkatkan mood. Berdasarkan Journal of AMerican Medical Association, teh terbukti dapat mengurangi kadar hormon stres pada manusia. Khususnya teh hitam, kandungan yang ada pada teh hitam dapat menurunkan tekanan darah sistolik serta menurunkan tingkat stress dan dapat menjadi mood booster. (Baca juga: Deretan Film Indonesia yang Bikin Kamu Sadar Kalau Indonesia itu Indah)

Manfaat Kopi

  • Meningkatkan memori. Mungkin kamu menyadari sehabis minum kopi kamu jadi lebih konsentrasi dalam bekerja atau belajar. Berdasarkan penelitian dalam Radiological Society of North America, ditemukan fakta bahwa kopi berkafein dapat meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi.
  • Mencegah depresi. Sebuah penelitian dalam Archies of Internal Medicine tahun 2011 membuktikan fakta perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki kemungkinan 15% lebih kecil mengalami depresi dibanding mereka yang tidak minum kopi.
  • Menurunkan risiko parkinson. Pada tahun 2000 sebuah studi dari Journal of American Medical Association menemukan, orang yang mengonsumsi kafein dan kopi memiliki riisko lebih rendah terserang Parkinson. Bahkan orang yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki peluang 25% lebih kecil terserang penyakit berbahaya tersebut. (Baca juga: Alasan Lampung Cocok untuk Habiskan Akhir Pekanmu)

Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa manfaat dari keduanya. Jadi, kamu lebih pilih kopi atau teh? Atau mungkin malah keduanya?

Butuh asuransi kesehatan yang diterima ratusan rumah sakit berkualitas di Indonesia? Daftar sekarang di sini