Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Kamu Percaya Nggak Tato Punya Manfaat untuk Kesehatan Tubuh Manusia?

by Rafly Aditia on 16 Desember, 2016

Dulu, orang yang bertato dicap buruk bahkan dianggap sebagai perilaku kriminal. Tetapi kini, tato menjadi bagian gaya hidup masyarakat terutama anak muda.

Walau begitu, kamu perlu mengetahui bahwa tato memiliki hubungan dan pengaruh terhadap kesehatan tubuh manusia. Berikut ini hubungan antara tato dan kesehatan yang perlu kamu ketahui:

Bersifat racun atau toksik

Beberapa jenis tinta tato ternyata bisa bersifat sebagai racun atau toksik. Hal tersebut terungkap dalam sebuah penelitian di Denmark pada tahun 2012, dari lima sampel tinta yang digunakan untuk tato ternyata mengandung karsinogenik yang bisa menyebabkan kanker. Sementara tinta lainnya mayoritas tidak memenuhi standar keamanan nasional.

promo kejutan 25 hari - CekAja.com

Bukan cuma itu, Food and Drug Administration (FDA) mengungkapkan bahwa pigmen pada tinta tato ternyata bahan yang sama dalam industri tinta printer dan cat mobil.

(Baca juga: Cara agar Tahun Depan Kamu Lebih Bahagia di Tempat Kerja)

Ada risiko infeksi

Kalau kamu sudah siap menato tubuhmu, pastikan bahwa kamu tahu betul dan siap apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Memang tidak sering terjadi, tetapi menato bagian tubuhmu berisiko infeksi. Bakteri staphylococcus aureus hinggap pada alat-alat tato yang kurang steril. Infeksi bakteri ini cukup berbahaya karena kerap kebal terhadap pengobatan.

Selain itu, kalau alat-alat untuk menato tidak steril kamu juga berisiko terkena penyakit hepatitis dan lainnya. Jadi, pastikan tempat tato pilihanmu benar-benar menggunakan alat yang steril.

cekaja-dana-tambahan-akhir-tahun-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Bisa juga bermanfaat?

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Alabama, ternyata tato juga bisa meningkatkan sistem imun dan membuat imun bereaksi dengan cepat. Lewat penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa saat ditato, tubuh manusia merespon dengan menekan sistem imun.

(Baca juga: Jurus Ampuh Agar Bos Mau Mengabulkan Permintaan Kamu Naik Gaji di Tahun Depan)

Namun, hal tersebut hanya terjadi karena tingkat stress yang dialami tubuh saat berhadapan dengan jarum. Lama kelamaan, tubuh akan beradaptasi dan ini membuktikan bahwa sistem imun jadi lebih kuat dari sebelumnya.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami