Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Suka Naik Bus untuk Traveling? Berikut Tip Amannya

by Tisyrin N. T on 28 Desember, 2016

tips naik bus - CekAja.com

Banyak kelebihan traveling menggunakan bus. Dari harga tiket lebih murah, sampai kepada klakson uniknya yang berbunyi “telolet” yang menjadi viral dengan kalimat “Om Telolet Om”.

Jika ingin liburan sambil berpetualang sambil singgah di antara perjalanan, menaiki bus tentu bisa jadi pilihan. Hampir setiap destinasi wisata di sepanjang perjalanan darat yang kita lalui, memiliki kemungkinan untuk bisa dikunjungi.

Tidak sekadar itu, traveling menggunakan bus ternyata miliki strategi supaya bisa dilakukan dengan aman dan nyaman.

Penasaran dan ingin traveling dengan bus, ini tip yang bisa kamu contek.

1. Selektif pilih tempat duduk agar nyaman

Pasikan kamu mendapat tempat duduk yang nyaman karena akan menghabiskan waktu cukup lama dalam perjalanan. Lihat siapa yang duduk di bagian kanan dan kirimu, terutama jika kamu pergi sendirian.

Kalau orang di kanan atau kiri terlihat menyeramkan atau mencurigakan, sebaiknya segera mencari tempat duduk lain sebelum bus berangkat. Dan, jika kita bepergian bersama orang terdekat,  usahakan mereka mendapatkan tempat duduk di kanan atau kiri dan berdekatan.

Widget TRV Insurance

2. Jangan simpan semua benda berharga di satu tempat

Sebar benda berhargamu di beberapa tempat, misalnya uang tunai, simpanlah di dompet, tas, dan saku jaket. Tujuannya untuk mengantisipasi hal yang buruk, apabila ada salah satu barang milik kita dicuri, kita tidak kehilangan seluruh uang tunai yang dibawa. Bayangkan jika semua diletakan di dompet lalu dompet hilang, maka kita akan kehilangan semua uang sekaligus.

(Baca juga: Liburan Tahun Baru Murah di Yogyakarta)

3. Siapkan perlengkapan untuk mendengarkan musik

Untuk menghindari kebosanan selama perjalanan, kita bisa membawa perlengkapan untuk mendengarkan musik. Sebaiknya tidak membaca buku dalam bus, karena kegiatan membaca akan membuat kepala terasa pusing.

4. Bawa bantal leher

Bantal leher akan melindungi kepala dan wajah agar tidak terantuk jendela bus saat tertidur. Kepala akan menemukan tempat bersandar yang empuk dan nyaman.

5. Bawa bekal

Traveling dengan bus bisa jadi wisata murah buat yang menyenangkan bagi kita. Tapi bukan artinya perjalanan yang dilakukan tidak bisa lebih berhemat. Dengan membawa bekal, tentu kita akan lebih menghemat biaya perjalanan. Apalagi, membeli makanan di jalanan tidak terjamin kebersihan dan rasanya.

Widget TRV Insurance

6. Bawa tisu basah atau hand sanitizer

Meski sedang dalam perjalanan, kamu tetap harus memperhatikan kebersihan. Untuk menjaga tangan tetap steril selama perjalanan, siapkan tisu basah atau hand sanitizer. Gunakan saat akan makan.

7. Bawa obat-obatan

Bawalah obat-obatan seperti obat anti mabok, obat masuk angin, minyak kayu putih, balsem, dan minyak angin. Semua itu akan membantu merasa lebih nyaman di perjalanan terutama jika kita mengalami mabuk perjalanan.

(Baca juga: Liburan Tahun Baru Enaknya Kemana ?)

8. Pakai pakaian senyaman mungkin

Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat atau terbuka. Gunakan pakaian yang paling nyaman, misalnya pakaian tertutup, berbahan lembut, dan longgar. Siapkan jaket untuk berjaga-jaga jika suhu udara dalam bus terlalu dingin.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.