Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kamu yang Masih Mahasiswa, 4 Kesalahan Kecil Ini Bisa Jadi Beban Keuangan

by Rafly Aditia on 15 Desember, 2015

Menjadi seorang mahasiswa dengan pergaulan yang luas, waktu luang yang banyak, ambisi untuk menggapai mimpi-mimpi yang ada memang menyenangkan. Namun, kamu jangan pernah melupakan bahwa kamu juga perlu membangun masa depan dengan pondasi keuangan dan finansial yang kuat.

Jangan sampai karena terlalu asik menikmati momen-momen menyenangkan selama menjadi mahasiswa, kamu jadi sering mengabaikan masa depan keuanganmu, melakukan banyak kesalahan yang membuat kamu tertimpa kesulitan finansial dan yang lainnya.

Tanpa kamu sadari, beberapa hal kecil berikut mungkin pernah kamu lakukan dan tahukah kamu kalau hal-hal tersebut dapat menjadi beban keuangan kamu sebagai mahasiswa?. Untuk itu, ketahuilah daftar 4 kesalahan kecil yang menjadi beban berat keuangan mahasiswa;

Tidak mencari pekerjaan part-time

Walau kamu masih berstatus mahasiswa dan diberikan uang saku bulanan oleh orang tua kamu, tidak ada salahnya untuk mencoba menjadi lebih mandiri dengan mencari pekerjaan part-time atau pekerjaan sampingan.

Selain untuk menambah pendapatan bulanan kamu yang berguna untuk kehidupan kamu sehari-hari, uang yang didapatkan dari bekerja tersebut bisa dijadikan dana darurat apabila orang tua kamu tidak memberi uang bulanan atau uang untuk membayar kuliah kamu suatu saat nanti.

Malas mencari beasiswa

Beasiswa di perguruan tinggi sangat banyak, mulai dari beasiswa untuk kategori mahasiswa yang kurang mampu hingga mahasiswa yang berprestasi. Sayangnya, karena sudah terlena dengan diterima di perguruan tinggi, mungkin membuat kamu jadi malas untuk mencari beasiswa.

Padahal, beasiswa bisa menjadi salah satu cara bagi kamu untuk memiliki jumlah tabungan bulanan yang lebih banyak. Kamu tidak perlu pusing-pusing meminta uang kuliah kepada orang tua kamu lagi, dan kamu juga tidak perlu mencari uang untuk membayar kuliah kamu sepenuhnya.

(Baca juga: Tiga Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Rantau Saat Libur Natal)

Sering dapat nilai jelek

Hello, students! Ketahuilah bahwa mendapatkan nilai jelek tidak hanya memberikan dampak buruk bagi jangka studi kamu di perguruan tinggi. Bukan hanya membuat kamu lebih lama lulus dari perguruan tinggi, pastinya sering mendapatkan nilai jelek di kelas bisa memberatkanmu dalam hal keuangan.

Apabila kamu sering mendapatkan nilai jelek, dan tidak lulus mata kuliah maka kamu diwajibkan untuk mengulangnya di semester yang akan datang. Hal ini berarti kamu perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membayar biaya semester pendek atau semester tambahan.

Salah bergaul

Dengan banyaknya waktu luang serta keinginan untuk mencoba hal-hal baru yang segudang, para mahasiswa sering sekali keasikan dalam pergaulan yang cenderung bebas dan berisiko untuk masa depannya.

Maka dari itu, kamu sebaiknya mengetahui mana pergaulan yang baik dan mana pergaulan yang buruk. Jangan sampai kamu terjerumus dalam lingkungan yang negatif seperti berteman dengan pengguna narkoba, pecandu alkohol dan yang lainnya karena selain kamu bisa terkena jerat hukum kamu juga pastinya akan mengeluarkan banyak uang apabila kamu bergaul dalam lingkungan seperti itu.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami