Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Pakai Mobil, 4 Biaya Ini Bisa Kuras Kantong Saat Musim Hujan

by Rafly Aditia on 4 Desember, 2015

penyebab mobil cepat rusak _ asuransi kendaraan - CekAja.com

Jika mobil adalah pendukung utama mobilitas sehari-hari. Beberapa biaya yang akan disebutkan berikut ini sering membengkak di saat musim hujan tiba.

Memasuki musim hujan, kita harus memiliki rencana anggaran yang lebih banyak dibandingkan saat musim panas mengenai perawatan kendaran. Mengapa harus demikian?

Semua karena pada musim hujan yang rawan kecelakaan ini kita harus memastikan keamanan dalam berkendara serta menjaga tampilan kendaraanmu agar tetap menarik dan enak dilihat.

Nah, apa saja sih biaya yang harus dikeluarkan untuk mobil pada saat musim hujan seperti ini? Simak biaya yang mesti dikeluarkan untuk perawatan mobil saat musim hujan;

Sering cuci mobil

Pada saat musim hujan seperti ini kamu kamu harus mencuci mobil kamu setidaknya seminggu dua kali. Kenapa? karena kamu harus menjaga tampilan mobilmu tetap menarik, bersih, dan nyaman untuk dikendarai.

Biaya yang kamu keluarkan dalam satu kali cuci mobil adalah 50 ribu rupiah. Untuk itu, dalam satu bulan kamu harus mengeluarkan setidaknya 400 ribu rupiah untuk menjaga mobilmu tetap bersih sealam satu bulan penuh.

Pilihan kredit kendaraan ada di sini.
Biaya cek kondisi mobil

Tingkat rata-rata kecelakaan di jalan akan meningkat drastis pada saat musim hujan. Maka dari itu, kamu harus berkendara lebih hati-hati lagi pada saat hujan mengguyur. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa rem, wiper, dan ban mobil tidak bermasalah.

Karena apabila bermasalah, maka keselamatanmu di jalan otomatis akan terancam. Untuk itu, kita harus melakukan pengecekan berkala sehinigga kondisi mobil bisa dipastikan baik saat dipakai di musim hujan.

Biaya cek kondisi mobil ini beragam di setiap bengkel, dan tergantung dengan kilometer mobil. Perkiraannya, untuk mobil dengan kilometer 50.000, kita akan dikenakan biaya sebesar 437 ribu rupiah satu untuk satu kali pengecekan. (Baca juga: 5 Pengeluaran Ekstra yang Sering Keluarkan Saat Musim Hujan)

Cek dan ganti lampu mobil

Biasanya, pada saat hujan deras pandangan di jalan akan menjadi terbatas. Sehingga, kita membutuhkan lampu mobil dalam kondisi prima agar dapat melihat jalanan dengan jelas dan terhindar dari kecelakaan.

Jadi, harus melakukan pengecekan lampu dan apabila memang dibutuhkan diperlukan mengganti lampu mobil. Biaya pengecekan dan ganti lampu mobil ini pastinya bervarisasi. Tetapi, untuk mobil kebanyakan, harga headlamp & signal lamp sekaligus pemasangan tidak kurang dari 450 ribu rupiah.

Ganti ban mobil

Satu lagi, pastikan ban mobil kamu tidak bermasalah saat musim hujan tiba. Karena salah satu penyebab tingkat kecelakaan yang begitu tinggi pada saat musim hujan, kecelakaan yang disebabkan oleh buruknya kondisi ban mobil, hingga seringkali membuat mobil tergelincir pada saat jalanan dalam keadaan basah dan licin saat atau setelah diguyur hujan.

(Baca juga: Mobil Kena Banjir Tapi Klaim Asuransi Kendaraan Ditolak, Ini Penyebabnya)

Jadi, bagi kamu yang merasa bahwa ban mobil milikmu sudah tidak layak pakai, ada baiknya kamu menggantinya sekarnag juga. Harganya lagi-lagi bervariasi, tergantung merk dan tipe yang kamu inginkan. Kisaran harga ban mobil yang layak pakai mulai dari 400 ribu rupiah hingga 1,5 juta rupiah.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.