Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Kapan Waktu yang Tepat Gunakan Kartu Debit dan Kartu Kredit?

by Ariesta on 26 Agustus, 2016

Punya kartu debit dan kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban. Bukan untuk sekadar gaya, keberadaan kartu elektronik tersebut memang memudahkan transaksi.

Jika kartu debit didapat setelah membuka rekening tabungan, untuk mendapatkan kartu kredit kamu harus mengajukan permohonan terlebih dahulu. Namun, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, misalnya profesi/pekerjaan tetap, jumlah penghasilan, dan riwayat perbankan.

Sebagian orang menganggap kartu kredit berbahaya bagi kesehatan finansial. Namun, pendapat tersebut dilatarbelakangi minimnya pengetahuan finansial dan informasi mengenai  manfaat kartu kredit. Kartu plastik ini justru bermanfaat dan menguntungkan jika kamu tahu kapan waktu yang bijak untuk menggunakannya. Berikut panduannya.

Kartu debit sebaiknya digunakan saat…
  • Tarik tunai

Kalau tidak ingin menyimpan uang tunai dalam jumlah banyak di dompet karena alasan keamanan, kartu debit memang menjadi jalan keluar. Selain itu, tarik tunai lewat kartu debit di mesin ATM tidak dikenakan biaya tambahan karena dana memang berasal dari rekeningmu.

Beda halnya jika tarik tunai menggunakan kartu kredit. Kamu akan dikenai potongan 3% di muka. Jadi kalau melakukan gesek tunai untuk menarik uang Rp1 juta, maka kamu hanya mendapatkan Rp970 ribu. Selain itu kamu juga akan dikenakan bunga 2,95% per tahun jika tidak langsung melunasinya sebelum tanggal jatuh tempo.

  • Belanja sehari-hari

Kamu yang ingin terhindar dari boros dan belanja sesuai  bujet yang sudah dibuat, sebaiknya menggunakan kartu debit. Misalnya kamu punya bujet Rp2 juta dan dalam sebulan tidak boleh lebih dari itu. Masukkan uang belanja ke dalam satu rekening yang terpisah dari rekening tabungan.

(Baca juga: Mobil Terbaru Keluaran 2016 Ini Cocok Untuk Kamu yang Butuh Kendaraan Keluarga)

Kartu kredit sebaiknya digunakan saat…
  • Ada diskon tertentu

Bank penerbit kartu kredit bisasanya bekerja sama dengan merchant untuk tawaran harga lebih murah jika bertransaksi dengan kartu kredit. Kuncinya, jangan malas mengecek katalog promo di situs bank.

  • Ada cicilan nol persen

Pembelian dengan harga mahal sedangkan kamu sangat membutuhkannya akan membuat bujet belanja membengkak. Misalnya kamu butuh membeli rice cooker, sedangkan saat itu sudah akhir bulan. Tapi jika tidak dibeli, kamu tidak bisa menanak nasi.

Kebetulan saat itu ada tawaran cicilan nol persen jika bertransaski dengan kartu kredit. Kamu bisa mencicilnya sesuai tenor tanpa dikenai biaya tambahan.

  • Ada tawaran dobel reward

Reward kartu kreditmu bisa ditukar dengan merchandise, voucher belanja, tiket pesawat gratis, cashback, dan gratis iuran tahunan kartu kredit. Jika kebetulan ada penawaran dobel reward, gunakan saja kartu kredit saat bertransaksi. Tapi supaya tidak menjadi masalah, pastikan kamu punya uang untuk membayar tagihan ya.

  • Bayar ojek/taksi online

Buat kamu yang malas membawa uang kecil, masukkan saja nomor kartu kredit di kolom pembayaran dalam aplikasi ojek/taksi online. Cara ini juga memudahkan kamu untuk menghitung berapa yang kamu habiskan untuk transportasi dalam sebulan karena tertera pada tagihan kartu kredit.

(Baca juga: Keputusan Krusial yang Bikin Facebook Menjadi Perusahaan Raksasa)

  • Bayar tiket pesawat

Karena tiket pesawat termasuk pembelian besar, menggesek  kartu kredit membuatmu mendapatkan banyak reward. Selain itu kalau kartu kreditmu termasuk travel card, kamu juga berhak atas asuransi perjalanan, airmiles dalam jumlah besar, dan akses gratis ke airport lounge.

Tentang Penulis