Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Karier Melesat, Ini 3 Penyanyi Lokal yang Sudah Go International

by Miftahul Khoer on 23 Agustus, 2019

Indonesia patut bangga. Para penyanyi muda berbakat sudah banyak dilirik mancanegara. Anggun C Sasmi atau Agnez Mo yang sudah cukup sukses berkarier di luar negeri jangan ditanya lagi. Kini, beberapa penyanyi muda asal Indonesia sudah go international dan lagu-lagunya menjadi trending.

penyanyi lokal go international

Tak heran jika sebuah media entertainment dan label rekaman seperti 88rising yang berbasis di Amerika langsung tertarik dengan para penyanyi muda berbakat tanah air. Lalu siapa saja para penyanyi yang sudah go international tersebut? Kuy simak!

1. Rich Brian

Nama lengkapnya Brian Imanuel. Menjadi penyanyi rap hanya bermodal jaringan internet. Ia merupakan seorang yang candu dengan internet hingga bisa menghabiskan waktu 13 jam sehari untuk mengakses internet. Dan internetlah yang mengasah kemampuannya pandai berbicara bahasa Inggris dan bernyanyi rap. Brian menghabiskan banyak waktu belajar bahasa Inggris dan menyanyi di YouTube.

Pria kelahiran tahun 1999 tersebut menjadi perhatian musik Amerika setelah mengeluarkan lagu berjudul “Dat $tick” pada Februari 2016. Awalnya ia dikenal dengan nama Rich Chigga. Namun, ia mengubah nama bekennya jadi Rich Brian.

Pada Februari 2018, Rich Brian mengeluarkan album pertamanya berjudul “Amen”. Album tersebut direkam pada 2016 hingga 2017 melalui label 88rising. Beberapa lagu yang membuat namanya semakin menjadi pusat perhatian di industri musik hip-hop antara lain “Glow Like Dat”; “See me”; “Chaos”, dan banyak lagi. Album perdananya ini pernah masuk Top 20 Billboard 200.

Sebagai orang Indonesia, salah satu sejarah yang tak pernah dilupakannya adalah menjadi artis Asia pertama yang menduduki posisi pertama di iTunes untuk kategori musik hip-hop.

Karier Brian terus melesat. Ia kini telah mengeluarkan album keduanya berjudul “The Sailor”. Ada beberapa lagu yang telah dikeluarkan videonya di YouTube antara lain “Yellow”; “100 Degrees”; “The Sailor”; hingga “Rapapapa”. Lagu-lagu yang dinyanyikan Brian sebagian besar ditulis oleh dirinya sendiri yang berbicara tentang kehidupan sehari-hari.

Brian, yang kini berkarier di Amerika dianggap sebagai salah satu contoh anak muda berbakat yang menginspirasi banyak orang. Tak heran jika Presiden Joko Widodo pernah memanggilnya ke istana membicarakan tentang penyanyi Indonesia yang go international.

(Baca juga: Mengenal Jazz, Musik yang Bikin Joey Alexander Mendunia)
2. NIKI

Berbeda dengan Rich Brian, penyanyi muda berbakat yang juga di bawah naungan 88rising adalah Nicole Zefanya yang saat ini orang-orang mengenalnya dengan sebutan NIKI. Ia merupakan penyanyi R&B yang berhasil menyita perhatian publik Amerika Serikat. Tanpa waktu lama, NIKI pun bergabung dengan 88rising pada 2017 dan langsung menyumbang beberapa single untuk album kompilasi yang dikeluarkan label tersebut mulai dari “I Like U”; “Chilly”; hingga “See U Never.”

Di bawah naungan 88rising juga, NIKI telah mengeluarkan sebuah album berjudul “Zephyr”. Album inilah yang menjadikan ia sebagai ratu R&B lokal yang menjadi pembicaraan mancanegara. Padahal sebelumnya, NIKI hanyalah selebgram yang biasa meng-cover lagu-lagu lewat gitar akustiknya. Kini, ia mulai menapaki karier musiknya untuk bisa lebih diterima di pasar global.

Sebelumnya, perempuan kelahiran Januari 1999 ini sempat mengawali kariernya sebagai penyanyi dalam ajang kompetisi Cornetto Ride To Fame. NIKI berhasil terpilih dari ribuan orang yang mendaftar dalam ajang tersebut dan juga terpilih sebagai penyanyi pembuka untuk konser Red Tour Taylor Swift pada 2014 lalu.

3. Stephanie Poetri

Satu lagi penyanyi muda yang sedang diperbincangkan banyak orang baik di Indonesia maupun di mancanegara. Namanya Stephanie Poetri. Ia merupakan anak dari penyanyi Titi DJ yang belakangan viral dengan lagu yang diciptakan berjudul “I Love 3000”. Melalui lagu itu pulalah, 88rising tertarik dan meneken kontrak dengan Stephanie Poetri untuk menjadi salah satu penyanyi di bawah naungannya.

Dunia tarik suara bukan hal baru bagi bagi Stephanie Poetri. Gadis kelahiran Mei tahun 2000 tersebut sebelumnya sudah membuat project album soundtrack film “Ada Apa Dengan Cinta 2” pada 2016 lalu bareng band Goodbye Felicia. Belakangan, Stephanie Poetri serius dalam berkarier di dunia musik dan menciptakan lagu yang diterima khalayak luas hingga sempat menduduki posisi teratas di Global Viral 50 Spotify.

(Baca juga: Selain Bermusik, Ini Mesin Uang yang Dihasilkan Slank)

Nah, itulah tiga penyanyi asal Indonesia yang berhasil go international yang bisa menjadi referensi siapapun yang ingin berkarier di musik. Dari ketiganya kita bisa belajar bahwa platform media sosial dan juga situs berbagi video seperti YouTube bisa mengubah karier seseorang dari bukan siapa-siapa menjadi seseorang yang punya nama di dunia. Tertarik seperti mereka?

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.