Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Karoseri Bus Terbaik di Indonesia 2020, Sudah Pernah Naik yang Mana?

by Estrin Vanadianti Lestari on 19 Februari, 2020

Buat kamu yang anak otomotif, pasti tahu dong jenis-jenis mobil karoseri? Karoseri biasa kita jumpai di mobil jenis bus-bus besar dan juga angkutan umum, ketimbang mobil pribadi. Bahkan, beberapa karoseri bus asal Indonesia berhasil mendunia. Masa sih? berikut deretan karoseri bus terbaik di Indonesia.

karoseri bus terbaik di indonesia

Pengertian Karoseri

Sebelum mengetahui daftar karoseri bus terbaik di Indonesia, apa kamu tahu pengertian karoseri? Karoseri sendiri merupakan tempat yang menjual jasa pembuatan body mobil beserta interiornya.

Jadi, karoseri bus adalah bus yang sudah dilakukan modifikasi, mulai dari body luar, kerangka dalam, kursi bus, lantai, lampu, hingga tambahan interior lainnya, seperti speaker, hingga TV.

Untuk jasa orang-orang di balik pembuatan atau modifikasi bus-bus karoseri ini, tidak lain adalah tangan-tangan ajaib anak bangsa Indonesia. Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa beberapa karya bus karoseri anak bangsa ini, sudah menembus pasar dunia.

Karoseri Bus Terbaik di Indonesia Banyak Diekspor ke Luar Negeri

Tidak hanya laku di negara sendiri, karoseri bus karya anak bangsa ini bahkan juga laku di luar negeri. Karoseri bus terbaik buatan Indonesia ini sudah ada yang berhasil diekspor ke negara-negara seperti Kenya, Banglades, Kepulauan Fiji dan Suriname.

Harga Karoseri Bus Lebih Murah, Ketimbang Bus Garapan Pabrik Asli

Mungkin kamu sendiri tidak sadar, bahwa pernah menumpangi salah satu jenis karoseri bus terbaik di Indonesia. Misalnya ketika pariwisata study tour dari sekolah, gathering kantor, pulang kampung, atau malah ternyata sering kamu tumpangi untuk bekerja setiap harinya, seperti bus APTB.

Pasalnya sejarah panjang karoseri ini ternyata sudah ada sejak 1960-an. Selain itu, untuk harga karoserian sendiri ternyata lebih murah, ketimbang harga bus garapan sendiri di pabrik aslinya.

Untuk bengkel-bengkel karoseri bus yang paling terkenal di Indonesia, banyak terdapat di kota Malang. Sebut saja seperti Karoseri Tentrem, Adi Putro, dan masih banyak lagi.

(Baca Juga: Berikut Moda Transportasi Yang Sudah Lebih Dulu Beroperasi di Jakarta!)
Daftar Karoseri Bus Terbaik di Indonesia 2020

Kira-kira karoseri bus yang mana saja ya yang terbaik, hingga terpopuler di Indonesia? Berikut deretan karoseri bus terbaik di Indonesia 2020:

1. Karoseri Adi Putro

Karoseri Adi Putro - Karoseri Bus Terbaik di Indonesia

Karoseri bus terbaik di Indonesia yang pertama adalah karoseri Adi Putro. Banyak memproduksi mobil-mobil karoserian dengan desain yang keren dan menarik, karoseri ini ternyata sudah ada sejak 1873 yang bertempat di Karanglo, Singosari.

Karoseri ini berdiri bukan tanpa alasan, karena ide berdirinya karoseri Adi Putro ini berawal dari ide kakak beradik yang bekerja di sebuah dealer otomotif. Di saat itu, mereka melihat bahwa Indonesia sangat membutuhkan kendaraan-kendaraan penumpang, ketimbang kendaraan pengangkut barang.

Sehingga, terciptalah ide-ide kreatif untuk memuat karoseri bus terbaik saat ini. Mereka membuat mobil dengan bak terbuka atau mobil pickup Mitsubishi Colt T120 keluaran dari perusahaan Mitsubishi untuk disulap menjadi kendaraan penumpang yang keren.

2. Karoseri New Armada

Karoseri New Armada - Karoseri Bus Terbaik di Indonesia

Karoseri bus terbaik di Indonesia yang kedua adalah karoseri New Armada. Bengkel karoseri asal Malang ini, sudah berhasil mengekspor karya-karya karoserinya ke beberapa negara seperti Kenya, Suriname, dan Bangladesh.

Didirikan pada 1974 oleh David Herman Jaya, karoseri ini juga melakukan hal yang sama seperti Adi Putro. Di mana ia juga memulai proyek pertama dengan memodifikasi mobil pick up keluaran Mitsubishi Colt T120SS.

Dari banyaknya produksi karya karoseri New Armada, produk yang paling terkenal banyak orang adalah All New Aristo, Aristovo, Evonext dan produk yang menjadi unggulan saat ini ialah Evolander Super High Deck.

3. Karoseri Laksana

Karoseri Laksana - Karoseri Bus Terbaik di Indonesia

Karoseri bus terbaik di Indonesia berikutnya yang produk-produknya tak kalah keren adalah karoseri Laksana. Dimulai sejak 1967 di Kota Semarang, awalnya toko ini hanya menjual mesin yang lebih berfokus pada kebutuhan otomotif.

Hingga akhirnya pada 1970, toko ini berkembang. Di tahun 1977, karoseri baru memasuki tahap manufacturing, untuk Mitsubishi Colt T 120-ss yang kala itu banyak permintaan untuk mobil minivan.

Karena produknya dibuat sangat teliti dan detail, sehingga sangat menjamin kepuasan, kenyamanan dan keselamatan penumpangnya. Kini karoseri Laksana telah banyak bekerjasama dengan perusahaan otobus, hingga badan-badan pemerintahan.

Bahkan, kini Laksana sendiri sudah merilis banyak varian dari Karoseri bus, diantaranya adalah : Legacy Sky, Sonic 3, Discovery, New Proteus, Nucleus 3, Legacy SR-1, Cityline 1&2, Legacy, Tourista, Proteus, Sprinter, Panorama series (DX, 2, 3), Comfort dan masih banyak lagi.

4. Karoseri Tentrem

Karoseri Tentrem - Karoseri Bus Terbaik di Indonesia

Karoseri bus terbaik di Indonesia yang berasal dari Malang selanjutnya adalah karoseri Tentrem. Masih satu daerah dengan karoseri Adi Putro, karoseri Tentrem juga merupakan karoseri pertama di Indonesia, yang membangun sebuah body bus di atas chassis Scania K80IB.

Dari sekian banyak produksi karoseri bus Tentrem, model-model bus yang paling populer dan disukai pelanggannya adalah Inspiro, Galaxy, Jupiter, Scorpion King, dan Max. Produksi terbaru dari Tentrem adalah Avante Super High Deck yang produk pertamanya digunakan oleh PO Harapan Jaya.

Tidak hanya itu, menjadi karoseri yang sangat populer, menjadikan Tentrem sebagai karoseri bus terbaik dengan harga jual yang lebih terjangkau bagi sebagian masyarakat kita.

5. Karoseri Morodadi Prima

Karoseri Morodadi Prima - Karoseri Bus Terbaik di Indonesia

Karoseri bus terbaik di Indonesia selanjutnya adalah karoseri Morodadi Prima. Masih berasal dari Kota Malang, karoseri ini didirikan oleh Bambang Gunawan. Terkenal dengan produk-produk karoseri yang memprioritaskan kualitas, baik sistem maupun material, karoseri Morodadi Prima tetap menawarkan harga yang cukup murah.

Dari sekian banyak produk, garapan karoseri yang paling disukai para pelanggannya adalah New patriot, Gran turismo, Ventura dan Zonda Bus. Selai itu, karoseri Morodadi Prima ini ternyata merupakan karoseri bus tertua yang ada di Kota Malang.

Namun, meski begitu, bengkel karoseri ini masih tetap eksis dalam pembuatan body-body mobil bus serta interiornya.

6. Karoseri Tri Sakti

Karoseri Tri Sakti - Karoseri Bus Terbaik di Indonesia

Karoseri bus terbaik di Indonesia berikutnya berasal dari kota Solo. Didirikan pada 1983, oleh Widodo, karoseri ini dikenal sebagai salah satu pelopor yang membuat bus dengan tipe double decker.

Karoseri Tri Sakti ini menciptakan bus dengan tipe double decker untuk bus pariwisata di Kota Solo. Selain untuk wisata, bus dengan tipe ini juga diproduksi sebagai bus antar kota dan antar provinsi.

Tidak kalah mengagumkan, karoseri ini juga punya produk andalan, di antaranya adalah New Setra, Marcopolo, Ultima, Phoenix GX dan Infinity. Bahkan, karoseri Tri Sakti juga belum lama merilis varian bus terbaru dengan tipe high deck, pada 2017 lalu.

7. Karoseri Rahayu Santosa

Karoseri Rahayu Santosa - Karoseri Bus Terbaik di Indonesia

Karoseri bus terbaik di Indonesia yang juga memproduksi double decker adalah karoseri Rahayu Santosa. Berdiri sejak 1961, dan menjadi karoseri tertua di Indonesia, karoseri ini juga banyak dipercayakan berbagai PO (Perusahaan Otobus), untuk membuat bus-bus angkutan umum penumpang.

Berbeda dengan karoseri lainnya, yang mayoritas berasal dari daerah Jawa Timur, karoseri Rahayu Santosa yang didirikan oleh Bambang Mulyadi ini, ternyata berasal dari Jl. Sukasari, Bogor. Untuk desain, sistem, dan material pun tidak kalah menarik dari karoseri lainnya.

Untuk produk andalan karoseri ini di antaranya adalah Jetliner, Milenium, Evolution Series, Ecoline dan Skyliner. Seperti yang sudah dikatakan di atas, karoseri ini juga menjadi salah satu karoseri yang memproduksi bus high deck dan double decker. Bus pertama double decker karoseri ini dibangun di atas sasis Mercedes-Benz OC 500 RF 2542.

Selain memproduksi body bus, Karoseri Rahayu Santosa juga memiliki divisi spesial design untuk memenuhi pasar kendaraan custom, seperti kendaraan tambang, box truck, ambulans dan lain-lain.

(Baca Juga: Dipilih-dipilih, Mobil Sedan ‘Motuba’ Rp25 Jutaan Aja)

8. Karoseri Tugas Kita

Karoseri Tugas Kita - Karoseri Bus Terbaik di Indonesia

Berdiri 1990-an di Semarang, karoseri Tugas Kita juga masuk ke dalam daftar karoseri bus terbaik di Indonesia. Tugas Kita juga memiliki produk baru, yakni membuat karya di atas sasis Daihatsu Gran Max yang dibuat sebagai mobil mini bus antar desa maupun kota.

Karoseri Tugas Kita juga sangat dikenal dengan bengkel yang memproduksi body-body mobil angkutan penumpang berkualitas, hingga variatif. Bahkan, desainnya yang dinamis, membuat karoseri ini banyak disukai banyak orang.

Nah itu dia beberapa karoseri bus yang paling terkenal di Indonesia. Para karoseri bus tersebut juga bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin membangun bisnis angkutan umum. Misalnya seperti bisnis sewa bus pariwisata, rental bus dan lain-lain.

Selain menjanjikan, bisnis sewa bus ala karoserian juga dikenal sangat menguntungkan. Untuk menjadikan bisnismu lancar, pastikan juga memiliki modal usaha yang mencukupi.

Butuh modal usaha untuk membangun bisnis? Yuk, ajukan pinjaman dana tunai, hanya di Cekaja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk