Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Kartu Keanggotaan Belanja, Sebaiknya Punya atau Tidak?

by Surtan Siahaan on 20 April, 2016

anggaran belanja - CekAja.com

Kartu keanggotaan menjadi strategi baru dari perusahaan ritel dalam menjaring pelanggan. Meski ada sejumlah biaya yang harus dibayarkan, dengan iming-iming diskon sampai bonus hadiah, kartu keanggotaan diharapkan mampu mendorong pelanggan untuk berbelanja lebih banyak lagi.

Namun, dari sisi konsumen atau pelanggan, apakah kartu keanggotaan tersebut cukup menguntungkan? Sebab, untuk mendapatkan keuntungan dari kartu keanggotaan, seorang pelanggan tidak serta merta mendapatkannya melainkan ada sejumlah syarat lain yang harus dipenuhi.

Nah, sebelum memutuskan membuat kartu keanggotaan, berikut ini kondisi di mana kartu tersebut menguntungkan atau malah justru sebaliknya:

Menguntungkan:

Kalau sering belanja di tempat itu

Jika kamu memang sering berbelanja di tempat tersebut, baik ritel, bioskop, coffe shop atau toko buku sekalipun, membuat kartu keanggotaan akan menguntungkan. Sebab, tanpa mengubah kebiasaan belaja, kamu bisa mengakumulasi poin untuk mendapatkan berbagai macam keuntungan yang ditawarkan.

Lain halnya jika tempat yang menawarkan kartu keanggotaan itu bukan tempat favoritmu berbelanja karena jauh dan harga barangnya relatif mahal. Membuat kartu keanggotaan bakal jadi pengeluaran yang mubazir.

Kalau uang keanggotannya terjangkau

Faktor ini paling penting. Sebab, ada ritel yang mensyaratkan uang keanggotaan bahkan iuran bulanan untuk pembuatan kartu member. Jika harga kartu keanggotaan atau iuran tersebut masih masuk akal, membuat member masih menguntungkan. Tapi, jika iuran dan tarif pembuatan kartu harganya mahal, sementara kamu sendiri akan jarang menggunakannya, sebaiknya urungkan niat menjadi anggota.

(Baca juga: Mana Lebih Murah, TIKI, JNE, POS, Atau Wahana?

Kalau selalu belanja dalam jumlah banyak

Seperti sudah dibahas sekilas di awal, tidak semua pembelian menggunakan kartu member akan menguntungkan. Sebab, ada sejumlah ritel atau coffe shop yang hanya akan memberikan reward poin untuk pembelian dengan nominal tertentu.

Jika kamu termasuk orang yang selalu membeli dalam jumlah banyak, misalnya belanja kebutuhan pokok selalu untuk dua atau tiga bulan, maka membuat kartu keanggotaan ritel akan sangat menguntungkan. Oleh karenannya, sebelum membuat kartu pelajari lebih dulu syarat dan ketentuannya.

Tidak menguntungkan:

Anda tidak suka belanja di satu tempat

Kartu keanggotaan akan bermanfaat jika penggunanya memang kerap berbelanja di tempat penerbit kartu. Tapi, jika kamu bukan tipe orang yang suka berbelanja di satu tempat tertentu, kartu member akan terasa kurang manfaatnya.

Jika Anda sering belanja tapi nilainya kecil

Plejari lebih dulu syarat dan ketentuan sebelum mendaftarkan diri sebagai anggota. Sebab, sejumlah ritel dan coffe shop memiliki ketentuan pembelian minimal sebelum pemegang kartu anggota mendapatkan manfaat. Jika kamu memang orang yang rajin berbelanja namun nilainya kecil, kartu keanggotaan tidak akan memberi kamu manfaat finansial yang maksimal.

Jika kartu keanggotaan membuat Anda lebih boros

Kebanyakan orang membuat kartu member dengan alasan mengincar keuntungan finansial yakni hemat. Hal ini bisa terjadi karena member pada sejumlah merchant tertentu kerap memperoleh diskon khusus.

Nah, jika dengan kartu keanggotaan Anda justru akan lebih boros, misalnya karena ingin mengejar poin atau bonus tertentu, sebaiknya urungkan membuat kartu tersebut. Ingat tujuan Anda adalah menghemat dan bukan malah memperbesar pengeluaran.

(Baca juga: Daftar Kartu Kredit yang Berikan Keuntungan Buat Jalan-Jalan)

Tidak nyaman menyerahkan data pribadi

Selain uang pendaftaran dan iuran, pelanggan juga diwajibkan menyerahkan data diri pada perusahaan penerbit kartu member. Data pelanggan tersebut sangat berharga bagi penerbit karena dapat diolah untuk berbagai kepentingan.

Jika kamu orang yang tidak nyaman menyerahkan data diri apalagi tanpa kesepakatan keamanan data, Anda bukan orang yang tepat untuk membuat kartu keanggotaan.

Tentang Penulis