Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Kartu Kredit Bisa Bikin Hemat? Baca Dulu Artikel Ini

by Rafly Aditia on 19 Mei, 2016

kartu kredit - CekAja.com

Belanja dengan kartu kredit terkadang bisa bikin gelap mata. Lihat barang bagus sedikit, langsung gesek kartu. Nanti, ketika tagihan muncul di akhir bulan baru merasa menyesal. Hal ini memang seringkali terjadi, terutama di kalangan kaum hawa. Karena keinginan untuk berbelanja yang tinggi, seringkali kamu lupa bahwa seharusnya kamu mengontrol pengeluaran agar tidak pusing di akhir bulan.

Nah, kali ini tim CekAja.com bakal sharing mengenai tips mengontrol pengeluaran kartu kredit agar kamu lebih hemat. Bagaimana caranya? Langsung saja simak 5 tips berikut ini:

Tanya diri sendiri, apakah kamu membutuhkan barang tersebut?

Saat jalan-jalan ke mall apalagi hangout bersama teman-teman, seringkali mata tergoda oleh barang-barang bagus dan barang diskon. Terutama, kamu seringkali terjebak lewat iming-iming diskon. Untuk itu, tanyakanlah kepada diri sendiri apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan?

Kalau tidak, langsung coret dari daftar belanjamu sekarang juga. Jangan sampai hanya karena mengikuti keinginan, di akhir bulan harus pusing karena tagihan yang datang.

Perlukah menggunakan kartu kredit?

Kalau kamu pergi belanja ataupun pergi makan di restoran, jangan langsung tergiur untuk menggunakan kartu kredit. Karena salah-salah, keputusan tersebut justru dapat menjerumuskan ke lubang permasalahan finansial. Selama masih bisa dibayar secara cash, dan tidak ada promo yang menguntungkan apabila menggunakan kartu kredit lebih baik bayar saja secara cash.

(Baca juga: Ingin Mengajukan KTA Tanpa Kartu Kredit, Ini Caranya)

Sebaiknya gunakan kartu kredit bebas annual fee

Kalau ingin mengajukan kepemilikan kartu kredit, sebaiknya cari kartu kredit yang bebas annual fee. Mengapa? Karena fitur yang satu ini akan membebaskan kamu dari biaya tahunan yang bisa dibilang cukup lumayan memberatkan. Kalau sudah bebas dari biaya tahunan ini, tentu keuanganmu bisa dapat lebih teratur dan gak perlu pusing mikirin tagihan setiap tahunnya.

Manfaatkan point rewards

Sering belanja menggunakan kartu kredit? Biasanya akan mendapatkan poin sesuai dengan seberapa banyak belanjaan kita. Nah, manfaatkanlah poin yang didapatkan setiap berbelanja tersebut. Setelah poin sudah terkumpul banyak, tukarkan dengan reward yang setimpal.

Bisa saja kamu mendapatkan barang-barang tertentu secara gratis, atau justru membeli barang belanjaan hanya dengan menggunakan point rewards saja.

Bayar tagihan tepat waktu

Jangan pernah telat membayar tagihan. Sebaiknya bayar tagihan kartu kredit tepat waktu. Hal ini sangat membantu kamu menghindari lilitan hutang dan bunga yang bisa membuat keuangan pribadi mengalami krisis.

Oleh karena itu, mulailah membiasakan diri untuk membayar tagihan tepat waktu dari sekarang.

(Baca juga: Mengenal Bunga Anuitas dalam Kredit Perbankan)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami