Ini Kartu Kredit Citibank Bebas Iuran Tahunan yang Wajib Kamu Miliki

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Dari sekian banyak produk kartu kredit yang dimilikinya, ternyata bank satu ini memiliki produk kartu kredit Citibank bebas iuran tahunan, bernama Citi Ready Credit. Bisa dibilang, ini merupakan primadonanya kartu kredit Citibank, karena ada banyak sekali nasabah yang ingin memiliki kartu kredit tersebut.

Seperti yang diketahui, dari semua produk kartu kredit yang dikeluarkan berbagai macam bank, hanya ada beberapa produk kartu kredit yang memberikan fasilitas gratis iuran tahunan.

Dan salah satu produk kartu kredit yang memberikan fasilitas gratis iuran tahunan, yaitu Citi Ready Credit milik Citibank.

Jika kamu penasaran apa saja fasilitas lain yang diberikan kartu kredit tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas beberapa informasi terkait kartu kredit Citi Ready Credit, secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Sekilas tentang Citi Ready Credit, Kartu Kredit Citibank Bebas Iuran Tahunan

Di awal pembahasan telah disebutkan, kalau Citibank memiliki satu produk kartu kredit dengan fasilitas bebas iuran tahunan, bernama Citi Ready Credit.

Fasilitas itu sendiri, sejatinya bisa dinikmati oleh para penggunanya. Sehingga, selama masa pemakaian, mereka tidak perlu lagi pusing memikirkan besarnya biaya iuran tahunan yang harus dibayarkan.

Dengan begitu, beban atau tanggungan nasabah akan terasa lebih ringan. Sebab, salah satu faktor yang dipertimbangkan oleh nasabah, ketika ingin mengajukan kartu kredit adalah iuran tahunannya.

Nah di kartu kredit ini sendiri, fasilitas bebas iuran tahunan yang diberikan tersebut bersifat selamanya. Dan kartu kredit ini pun, bisa dibilang perpaduan antara kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA).

Sebab, di kartu kredit ini kamu bisa mengajukan pinjaman dana, dengan nominal mulai dari Rp10 juta – Rp200 juta.

Tidak hanya itu, kartu kredit ini juga memungkinkan kamu untuk mengubah tagihan menjadi cicilan tetap (RCIP), yang bisa disesuaikan dengan masa tenor dan kemampuan finansial.

Adapun masa tenor yang disediakan kartu kredit ini, yaitu 12, 24, 36, dan 48 bulan. Dari semua masa tenor yang ditawarkan tersebut, kamu bisa memilih satu di antaranya, yang paling sesuai dengan kemampuan finansialmu.

Seperti misalnya kamu mengajukan pinjaman senilai Rp10 juta, maka jika kamu mengambil masa tenor 12 bulan, setiap bulannya kamu diharuskan membayar tagihan sebesar Rp948.333,-.

Semakin lama masa tenor yang kamu ambil, maka semakin kecil pula nominal tagihan yang harus dibayarkan.

(Baca Juga: Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit Citibank)

Syarat Mengajukan Citi Ready Credit

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui informasi dasar dari Citi Ready Credit, maka kali ini kamu akan mengetahui sejumlah syarat yang dibutuhkan, untuk mengajukan kartu kredit Citibank bebas iuran tahunan satu ini.

Yang mana, syarat mengajukan Citi Ready Credit yang harus dipenuhi ada cukup banyak, baik persyaratan umum maupun persyaratan dokumen, di antaranya yaitu:

Persyaratan Umum

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia minimal 21 – 65 tahun
  • Memiliki penghasilan minimal Rp60 juta per tahun
  • Sudah memiliki kartu kredit Citi/bank lain sebelumnya

Persyaratan Dokumen

Mengisi lengkap aplikasi yang diberikan, dan mengembalikannya dengan menyertakan beberapa lampiran dokumen yang dibutuhkan, seperti:

  • E – KTP
  • Fotokopi kartu kredit dengan minimal limit Rp10 juta
  • Slip Gaji Carbonize Tipe A atau B/ Slip Gaji Elektronik/ Rekening bank 3 bulan terakhir/ SPT
  • NPWP
  • SIUP/ TDP/ SIP, akta penyesuaian dan rekening bank 3 bulan terakhir/ SPT (untuk profesional dan wiraswasta dengan batas kredit ≥ Rp50 juta).

Suku Bunga dan Biaya Citi Ready Credit

Selain syarat pengajuan, kamu juga perlu mengetahui suku bunga dan biaya yang ditetapkan Citi Ready Credit.

Karena meskipun tidak ada biaya iuran tahunan, namun kartu kredit ini tetap memberikan sejumlah biaya lainnya yang harus dibayarkan para nasabah, seperti:

  • Suku bunga revolving, sebesar 42 persen efektif per tahun
  • Suka bunga cicilan tetap untuk Citi Quick Cash dengan masa tenor 12, 24, 36 dan 48 bulan sekitar 1,15 – 1,25 persen per bulan (atau setara dengan 2,05 – 2,22 persen efektif per bulan, tergantung masa tenor pinjaman), dan untuk RCC dengan masa tenor 12, 24 dan 36 bulan sekitar 1,59 persen per bulan (atau setara dengan 2,69 – 2,80 persen, tergantung masa tenor pinjaman)
  • Biaya transfer Citi Quick Cash ke bank lain, sebesar Rp25 ribu per transfer
  • Biaya keterlambatan pembayaran, sebesar 5 persen dari total tagihan, atau minimal Rp200 ribu dan maksimal Rp300 ribu
  • Biaya pelunasan dipercepat, sebesar 5 persen dari jumlah pokok yang tersisa, ditambah dengan bunga harian berjalan
  • Biaya cetak lembar penagihan, sebesar Rp25 ribu
  • Biaya penggantian kartu, sebesar Rp50ribu per kartu
  • Biaya transfer kelebihan pembayaran, sebesar Rp25 ribu
  • Biaya administrasi lainnya, sebesar Rp25 ribu (maksimal)
  • Minimal pembayaran, sebesar 6 persen dari total tagihan, atau minimal Rp50 ribu
  • Batas penarikan tunai Citi Ready Credit melalui ATM Citibank (untuk domestik) dan ATM Bersama, sebesar Rp15 juta per hari
  • Dan lain sebagainya.

Keuntungan Pakai Kartu Kredit Citi Ready Credit

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan kartu kredit Citi Ready Credit, dan sudah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan, maka selanjutnya kamu bisa langsung melakukan pengajuan.

Apabila pengajuan tersebut disetujui, maka kartu kredit Citi Ready Credit secara resmi sudah kamu miliki.

Dengan begitu, secara tidak langsung kamu sudah mendapatkan berbagai macam keuntungan seperti:

  • Bebas iuran tahunan selamanya, biaya penarikan tunai, biaya administrasi dan transfer ke bank manapun
  • Mendapatkan fasilitas dana siap pakai, yang penarikannya bisa dilakukan di seluruh ATM Citibank, ATM Bersama, ATM BCA dan ATM berlogo PLUS jika ingin melakukan penarikan tunai di luar negeri
  • Fasilitas dana siap pakai juga bisa digunakan untuk transfer dana ke bank mana saja, melalui ATM Citibank, ATM Bersama, Citibank Online dan CitiPhone Banking
  • Mendapatkan kebebasan dalam memilih dan menentukan cara pembayaran minimum 6 persen, cicilan tetap hingga 36 bulan, atau gabungan dari kedua cara tersebut.
  • Kamu juga mendapat kebebasan dalam menggunakan jumlah dana, yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Daftar Kartu Kredit Bebas Iuran Tahunan Lainnya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kalau kartu kredit yang memberikan fasilitas bebas iuran tahunan pada dasarnya ada banyak.

Selain Citibank dengan produknya Citi Ready Credit, beberapa bank lain seperti bank BCA, bank Permata, bank BRI dan CIMB Niaga juga memiliki produk dengan fasilitas bebas iuran tersebut.

Penasaran apa saja? Yuk, simak bersama-sama ulasan lengkapnya berikut ini!

1. BCA Everyday Card

Di urutan pertama ada BCA Everyday Card. Kartu kredit keluaran bank BCA ini, memberikan fasilitas bebas iuran tahunan untuk satu pertama, dengan syarat melakukan pengajuan hingga 30 Desember 2020.

Dengan memiliki kartu kredit ini, kamu akan mendapat banyak keuntungan seperti program cicilan bunga rendah, BCA Rewards Point, BCA Autopay hanya untuk limit Rp3 juta, bisa melakukan penarikan tunai maksimal 40 persen dari limit kartu kredit, dan lain sebagainya.

Satu hal menarik dari kartu kredit ini, yaitu kamu selaku nasabah bisa melakukan aktivasi PIN secara online. Dan untuk tagihan kartu kreditnya sendiri, nantinya akan dikirim melalui e-mail secara berkala.

2. PermataReward Card

Selain BCA Everyday Card, kamu juga bisa menggunakan PermataReward Card sebagai kartu kredit bebas iuran tahunan andalanmu.

Hal tersebut dikarenakan, kartu kredit ini memberikan fasilitas bebas iuran tahunan selamanya untuk tiga jenis kartu, yaitu Classic, Gold dan Platinum.

Hanya saja untuk bisa mendapat kartu kredit ini, kamu harus menukarkan poin reward dengan jumlah tertentu terlebih dahulu.

Untuk total poinnya sendiri, kamu harus mengumpulkan dan menukarkan 3.750 poin untuk jenis kartu Classic, 8.750 poin untuk kartu Gold, dan 12.500 poin untuk kartu Platinum.

3. BRI Touch Visa

Kartu kredit lainnya yang juga memberikan fasilitas bebas iuran tahunan, yaitu BRI Touch Visa. Fasilitas yang disediakan kartu kredit ini pun, tentunya tidak diberikan begitu saja.

Kamu selaku nasabah harus aktif menggunakan kartu kredit, membayar tagihan setiap bulannya dengan lancar, dan memiliki minimal pendapatan sebesar Rp36 juta per tahun.

4. CIMB Niaga Gold dan Platinum MasterCard

Terakhir, ada kartu kredit CIMB Niaga Gold dan Platinum Mastercard. Ini sejatinya merupakan dua jenis kartu kredit yang berbeda, namun sama-sama memberikan gratis iuran tahunan kepada para nasabahnya.

Namun untuk CIMB Niaga Gold, fasilitas bebas iuran tahunan yang diberikan hanya berlaku untuk dua tahun pertama saja.

Jika ingin mendapatkan fasilitas ini, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan, yang salah satunya yaitu memiliki penghasilan minimal Rp5 juta per bulan untuk nasabah CIMB Niaga Gold Mastercard, dan Rp20 juta per bulan untuk kartu kredit CIMB Niaga Platinum Mastercard.

(Baca Juga: Kartu Kredit Citibank Terbaik)

Nah, itulah beberapa informasi terkait kartu kredit Citibank bebas iuran tahunan, yang sudah kamu ketahui secara lengkap di pembahasan sebelumnya, mulai dari informasi dasar, syarat pengajuan, suku bunga dan biaya kartu kredit, hingga keuntungannya.

Selain itu, kamu juga sudah mengetahui lima pilihan kartu kredit terbaik lainnya, yang memberikan fasilitas bebas iuran tahunan, yaitu BCA Everyday Card, PermataReward Card, BRI Touch Visa serta CIMB Niaga Gold dan Platinum Mastercard.

Semua kartu kredit tersebut, tentunya bisa kamu ajukan dengan mudah secara online melalui CekAja.com.

Sebab, di sana proses pengajuannya berjalan cepat dan aman, karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, ajukan sekarang juga dan dapatkan sederet keuntungannya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani