6 Kartu Kredit Paling Terkenal di Dunia, Cuma Miliarder yang Punya!

Bisa dibilang, kartu kredit paling terkenal di dunia ini banyak jenisnya. Kartu tersebut umumnya sih paling banyak digunakan oleh para miliarder. Penasaran, apa sajakah itu? Cek ulasannya d sini.

Advertisement

Kian berkembangnya zaman, ternyata turut membawa perubahan terutama pada gaya hidup masyarakat.

Salah satu yang tampak sekali terlihat adalah penggunaan alat transaksi non-tunai seperti kartu kredit.

Secara global, kartu kredit menjadi alat pembayaran yang sekarang ini banyak digunakan, terlebih oleh masyarakat kota.

Kartu ini dianggap lebih praktis dan bisa digunakan di banyak tempat, bahkan berlaku untuk pemakaian secara internasional.

Selain praktis, penggunaan kartu kredit pun ditujukan agar pemiliknya bisa menikmati promo dan diskon di berbagai merchant pilihan.

Jadi, enggak heran kalau masyarakat modern, terutama para konglomerat, kini lebih memilih kartu kredit sebagai alternatif pembayarannya.

Ada 3 Jenis Kartu Kredit Paling Terkenal di Dunia

Dari sekian banyak jenis kartu kredit yang ada, setidaknya ada tiga jenis kartu kredit paling terkenal di dunia. Secara umum, ini dia ketiga jenisnya:

  • Kartu Kredit MasterCard

Jenis yang pertama dan termasuk paling terkenal di dunia adalah kartu kredit MasterCard. Kartu ini merupakan produk MasterCard Worldwide, dan penggunaannya banyak tersebar luas di negara Amerika maupun Eropa.

Kartu kredit MastCard menggunakan logo dua bulatan perpaduan antara warna merah di sisi kiri dan orange di sisi kanan.

Varian yang tersedia untuk kartu ini diantaranya Standard, Platinum, Gold, dan World Elite.

  • Kartu Kredit American Express

American Express adalah kartu kredit yang diluncurkan oleh American Express Company.

Penggunaan kartu ini tak hanya berlaku di Amerika Serikat saja, namun juga di 23 negara lainnya, termasuk pula Cina, Italia, Meksiko, hingga India.

Berbeda dari kartu MasterCard, American Express justru menggunakan sistem keamanan tersendiri yang disebut dengan American Express SafeKey.

Di Indonesia, kartu kredit American Express dapat ditemukan pada beberapa bank penerbit seperti BCA dan Danamon.

  • Kartu Kredit Visa

Terakhir, ada kartu kredit Visa yang juga dinilai sebagai kartu kredit paling terkenal di dunia. Kartu ini merupakan pesaing kuat untuk jenis MasterCard.

Kartu berlogo Visa ini diterbitkan oleh perusahaan Visa Incorporated, yang memang dikenal sebagai salah satu jaringan transaksi besar di dunia.

Beberapa negara yang menggunakan kartu kredit Visa diantaranya Jerman, Indonesia, Prancis, serta Rusia.

Menyoal keamanan, kartu kredit Visa sendiri memiliki sistem yang hampir serupa dengan MasterCard. Kartu ini mengembangkan sistem perlindungan yang diberi nama Verified by Visa.

Deretan Kartu Kredit Paling Terkenal di Dunia

Nah, dari ketiga jenis kartu kredit yang sudah dibahas tadi, yakni Mastercard, American Express, dan Visa, berikut CekAja bakal memaparkan mengenai produk dari masing-masing jenis kartu tersebut. Check this out!

1. American Express Centurion Card

Kartu kredit paling terkenal di dunia yang pertama adalah American Express Centurion Card.

Kartu ini dijuluki ‘The Black Card’, karena hanya bisa digunakan oleh mereka yang mendapat undangan khusus dari American Express.

Nah, untuk mendapat undangan khusus tersebut, calon penggunanya wajib memiliki pendapatan tahunan sekitar Rp14 miliar, dengan minimum transaksi mulai dari USD100.000 per tahunnya, sekaligus memiliki aset bernilai jutaan dollar.

Tidak hanya itu saja, calon pengguna pun harus membayar uang pendaftaran sebesar USD7.500 atau kurang lebih sekitar Rp105 juta, dan belum termasuk biaya iuran tahunan sebesar USD2.500 atau Rp35 juta dan biaya pembuatan kartu.

Dengan besaran biaya pendaftaran yang enggak sedikit itu, tak heran kalau pengguna American Express Centurion Card ini hanya ditujukan bagi kalangan elit seperti Marcus Adolf, Jin BTS, hingga satu-satunya artis Indonesia yakni Nagita Slavina.

(Baca Juga: 4 Kartu Kredit Terbaik untuk PNS)

2. JP Morgan Reserve Palladium Card

Terbuat dari lapisan logam palladium yang berwarna silver, JP Morgan Reserve Palladium Card ini juga termasuk salah satu kartu kredit paling terkenal di dunia.

Kartunya sendiri diterbitkan secara khusus oleh Bank JP Morgan Chase untuk kalangan miliarder.

Hanya nasabah yang telah terdaftar sebagai anggota Chase Private Bank saja yang dapat menggunakannya.

Nasabah yang terdaftar sebagai anggota umumnya memiliki jumlah kekayaan minimal USD10 atau sekitar Rp140 miliar.

Kabarnya sih, mantan Presiden AS, Barrack Obama termasuk salah satu pemegang kartu JP Morgan Reserve Palladium Card lho.

3. Stratus Rewards Visa

Kartu kredit paling terkenal di dunia yang berikutnya adalah Stratus Reward Visa.

Kartu kredit ini memiliki ketentuan biaya iuran tahunan yang cukup besar, yakni sekitar USD1.500 atau setara dengan Rp21 juta.

Karena mematok biaya tahunan yang tak sedikit itu, maka kartu kredit Stratus Rewards Visa sendiri hanya boleh digunakan oleh nasabah yang telah mendapat undangan eksklusif.

Keistimewaan dari kartu kredit ini adalah nasabah akan menerima beragam poin menguntungkan untuk menikmati fasilitas-fasilitas mewah, seperti memesan jet pribadi.

4. Coutts World Silk Card

Coutts World Silk Card merupakan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank khusus anggota kerajaan Inggris yakni Coutts Bank.

Termasuk dalam daftar kartu kredit paling terkenal di dunia, Coutts World Silk Card sejatinya mirip dengan kartu kredit elit lainnya.

Hanya nasabah dengan besaran penghasilan senilai USD1 juta atau sekitar Rp14,8 miliar saja yang dapat memiliki kartu tersebut.

Ratu Elizabeth II dan Elton John adalah salah satu dari pengguna kartu Coutts World Silk Card yang berbunga 49,1 persen itu.

Keuntungan dari penggunaan kartu kredit ini adalah private access di 700 lounge bandara, hingga bisa digunakan di berbagai merchant ternama dunia maupun belanja eksklusif di toko desainer terkenal.

5. Banks of Dubai First Royal MasterCard

Kartu kredit paling terkenal di dunia yang lainnya adalah Bank of Dubai First Royal MasterCard.

Kartu ini terlihat sangat mewah bahkan dari tampilan fisiknya yang dibalut lapisan emas kuning dan berlian.

Tidak dirinci mengenai siapa saja pemegang kartu eksklusif tersebut, namun kalau dilihat dari beragam keistimewaan yang ditawarkan seperti dapat digunakan tanpa batas, tentu hanya nasabah terpilih dengan aset hingga triliunan rupiah saja yang bisa menggunakannya.

6. Citigroup Chairman Card

Kartu kredit paling terkenal di dunia yang satu ini khusus diperuntukkan bagi nasabah pemegang rekening saham.

Limitnya kurang lebih mencapai USD300.000 atau sekitar Rp4,2 miliar, dengan biaya iuran tahunan sebesar USD500 atau setara Rp7 juta.

Penggunaannya memungkinkan pemilik kartu untuk menikmati akses lounge pribadi di bandara, hingga melakukan updgrade kelas perjalanan eksklusif.

(Baca Juga: 10 Kartu Kredit dengan Cicilan 0 Persen)

Nah, itu dia beberapa jenis kartu kredit paling terkenal di dunia. Limitnya yang besar, membuat deretan kartu kredit tersebut memang cuma diperuntukkan bagi orang kaya saja.

Namun, masih banyak kok jenis kartu kredit lainnya yang dapat digunakan, terutama untuk anak milenial zaman sekarang.

Kartu ini umumnya dapat dimiliki dengan minimal penghasilan nasabah di atas Rp5 juta. Beberapa rekomendasinya dapat kamu cek langsung di CekAja.com.

Tak hanya itu, kamu pun bisa membandingkan sekaligus apply kartu yang sesuai gaya hidup maupun kondisi finansialmu di CekAja.

Gimana, tertarik mencobanya? Yuk, langsung cek seluruh jenis kartu kreditnya di CekAja.com, dan apply secara online kapanpun saat kamu menginginkannya.

Advertisement