Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Kartu Kredit Terbaik di Tahun 2016 Buat Kamu Penggila Traveling

by Ariesta on 20 Mei, 2016

tips traveling _ kartu kredit - CekAja.com

Ragam kartu kredit kini ditawarkan dengan berbagai benefit yang menguntungkan. Buat kamu pecinta piknik atau traveling, ternyata ada beberapa kartu kredit terbaik yang bisa digunakan dan bisa membuat perjalananmu lebih hemat. Tentunya dengan promo dan diskon yang ditawarkan.

Kartu kredit bisa jadi sama pentingnya dengan paspor bagi traveler. Apalagi bagi kamu traveler yang sering berpindah-pindah negara. Tidak mungkin kamu membawa seluruh uangmu dalam bentuk tunai. Karena kalau hilang dicopet, tamatlah perjalananmu.

Membawa kartu debit juga tidak terlalu efektif karena umumnya booking dan pembayaran akomodasi harus menggunakan kartu kredit.

Berbagai macam kartu kredit menawarkan keuntungan bagi traveler. Tapi mana kartu kredit terbaik untuk para traveler? Sebelum kamu menyimak perbandingan berikut, pahami mileage KrisFlyer, AsiaMiles, Garuda Frequent Flyer, dan BIGPoint. Perbedaannya terletak pada maskapai yang bekerja sama. Jika miles sudah terkumpul, kamu bisa menukarkan dengan tiket pesawat maskapai yang tergabung dalam miles secara gratis.

Maskapai yang bisa ditukar dengan AsiaMiles miles antara lain Air China, Bangkok Airways, British Airways, Cathay Pacific Airways, China Easter Airlines, Air New Zealand, Qatar Airways, Japan Airlines, Malaysia Airlines, dan lain-lain.

KrisFlyer bekerja sama dengan Singapore Airlines dan Star Allliance Partner seperti Lufthansa, Singapore Airlines, Turkish Airlines, Thai Airlines, Eva Air, Asiana Airlines, dan masih banyak lagi. Sedangkan Garuda Frequent Flyer adalah miliki Garuda Airlines dan BIG Point bisa ditukarkan dengan Air Asia.

(Baca juga: 7 Istilah Kartu Kredit yang Harus Anda Ketahui)

Berikut perbandingan kartu kredit untuk traveling terbaik di tahun 2016.

Garuda Indonesia Citibank

citibank

Kamu yang senang belanja di luar  negeri akan sangat diuntungkan jika memiliki Garuda Indonesia Citi. Hanya dengan menunjukkan kartu kredit saat check-in, kamu akan mendapatkan ekstra bagasi 20 kg beserta prioritas dalam penanganan bagasi. Selain itu, kamu juga mendapatkan diskon 5 persen jika bertransaski di Garuda Indonesia ticketing office.

Bonus 2.500 GFF  miles ditambahkan secara otomatis setelah kamu mengumpulkan 250 GFF miles pertama melalui Kartu Kredit Garuda Indonesia Citi. Nikmati juga akses gratis ke Citibank Airport Lounge untuk berdua. Nikmati antrian yang lebih nyaman dengan check-in counter khusus di bandara Soekarno-Hatta & check-in counter kelas eksekutif di bandara lainnya di Indonesia.

ANZ Travel Visa Platinum/Signature

ANZ

ANZ Travel Visa Platinum sangat cocok bagi bisnis traveler. Sistem poin dalam kartu kredit ini dikonversikan ke dalam mileage yang artinya kamu bisa menukar ANZ Mileage untuk Garuda Frequent Flyer, KrisFlyer, dan Asia Miles.

Satu (1) ANZ mileage dihitung setiap pembelanjaan Rp8.000 untuk transaksi ritel di luar negeri dan Rp10.000 untuk transaksi dalam negeri. Satu (1) ANZ mileage sama dengan 1 KrisFlyer/1 Asia Miles/1 Garuda Frequent Flyer Mileage.  Jika sudah mengumpulkan 7.500 mileage, kamu berhak mendapatkan penerbangan ke Singapura!

Tak hanya itu saja, kamu juga berhak atas fasilitas bandara di kota-kota besar seluruh Indonesia serta akses ke Executive Airport Lounges di 56 negara yang tergabung dalam Veloce Lounges Network.

(Baca juga: Ini 5 Keuntungan yang Kamu Dapatkan Dari Kartu Kredit Saat Traveling)

Sebagai kartu kredit travel, ANZ sangat peduli pada keselamatan dan kenyamanan pemegang kartu. Perlindungan untuk kecelakaan perjalanan mencapai Rp1 miliar, keterlambatan penerbangan dan bagasi masing-masing mendapatkan kompensasi Rp4 juta, kompensasi kehilangan bagasi sebesar Rp24 juta, dan biaya pengobatan di luar negeri yang mencapai Rp600 juta.

Semua fasilitas ini sepadan dengan biaya tahunan yang memang mahal yakni Rp700.000 untuk ANZ Travel Visa Platinum dan Rp950.000 untuk Signature.

CIMB Niaga Air Asia BIG Card

CIMB

Kartu kredit ini cocok bagi kamu pengguna setia maskapai Air Asia. Ini karena kamu akan mendapatkan 3X BIG Point untuk setiap transaksi kelipatan Rp6.000 melalui pembelian di airasia.com dibandingkan bertransaski tanpa CIMB Niaga Air Asia BIG Card. Nantinya akumulasi BIG Point bisa ditukar dengan tiket Air Asia, bagasi, makanan selama penerbangan, dan lain-lain.

Air Asia sering mengadakan promo tiket murah bahkan free seat. Dan pemegang kartu kredit diberikan keistimewaan untuk melakukan booking sebelum promo dilepas ke khalayak umum. Pemegang kartu kredit juga dillindungi perlindungan asuransi kecelakaan dan ketidaknyamanan.

Biaya tahunan CIMB Niaga Air Asia BIG Card adalah Rp350.000 namun gratis iuran tahun pertama. Tahun berikutnya kamu bisa tidak perlu membayar iuran tahun jika memiliki nilai transaksi Rp24 juta per tahun.

Mandiri Skyz Card

SKYZ

Mandiri Skyz Card adalah kartu kredit yang cocok bagi kamu traveler yang sering wara-wiri ke luar negeri. Keunggulan bertransaksi dengan Mandiri Skyz Card yakni kamu akan mendapatkan nilai tukar kurs terendah dalam setiap transaksi mata uang asing. Jadi tidak perlu repot-repot menukar rupiah dengan mata uang asing karena kursnya pasti lebih mahal. Asyiknya, transaksi bisa juga dilakukan di dalam negeri namun masih berkaitan dengan traveling seperti pembelian tiket pesawat, booking hotel, dan belanja di situs-situs e-commerce internasional.

Dapatkan pula lebih banyak Mandiri Power Point setiap bertransaksi di luar negeri. Misalnya jika transaksi senilai Rp 20.000 yang dilakukan di dalam negeri akan mendapatkan 1 Fiestapoin, transaksi luar negeri akan mendapatkan 2 poin.

(Baca juga: Jika Punya 5 Ciri Ini, Artinya Kamu Sangat Butuh Kartu Kredit)

Yang membedakan Mandiri Skyz Card dengan kartu kredit lain adalah fitur Fly now spend later. Kamu berkesempatan terbang gratis meski jumlah poin belum mencukupi, sistemnya yakni dengan mengganti kekurangan poin di lain waktu. Advance Miles membuat pemegang kartu mendapatkan sejumlah mileage tertentu di muka asalkan kamu siap melakukan sejumlah transaksi yang senilai dengan jumlah mileage talangan selama waktu yang ditentukan pihak Mandiri.

Sebagai traveler, kamu mendapatkan asuransi kecelakaan perjalanan sampai dengan Rp1 miliar, kompensasi keterlambatan pesawat hingga Rp5 juta, dan kehilangan bagasi hingga Rp20 juta. Semuanya didapatkan jika kamu membeli tiket dengan Mandiri Skyz Card.

Satu lagi yang membedakan kartu ini dengan kartu kredit lain yakni adanya asuransi pembelian berupa perlindungan atas  kehilangan atau kerusakan barang hingga maksimal Rp50 juta. Jadi jangan khawatir ketika membeli barang berharga atau pecah belah dari luar negeri. Biaya tahunan kartu pun tidak terlalu mahal yakni Rp300.000 per tahun.

Garuda BNI Visa Signature

Kartu kredit ini khusus untuk kamu yang sering bepergian menggunakan maskapai Garuda Indonesia karena ada diskon 5 persen untuk pembelian tiket. Setiap transaksi sebesar Rp15.000, kamu mendapatkan 2 GFF Miles. Ada juga  bonus 2000 GFF miles setiap tahun selama kartu masih aktif.

(Baca juga: 3 Cara Mudah Bedakan Keuntungan Kartu Kredit yang Cocok untuk Kamu)

Pemegang kartu mendapatkan akses gratis executive lounge di bandara-bandara besar, asuransi perjalanan sebesar Rp4 miliar jika meninggal dunia atau mengalami cacat tetap dalam perjalanan, dan ganti rugi maksimal Rp4 juta untuk setiap keterlambatan pesawat lebih dari enam jam.

Dan yang paling menguntungkan, kamu bisa mendapatkan harga spesial di event Garuda Travel Fair. Misalnya pada Garuda Travel Fair yang diadakan 29 April-1 Mei 2016 lalu, pemegang Garuda BNI Visa Signature berkesempatan membeli tiket PP Jepang Rp2,5 juta saja atau ke PP Inggris hanya dengan Rp6 juta! Biaya tahunan Garuda BNI Visa Signature adalah Rp800.000 per tahun.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami