Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Karyawan Gaji Rp 8 Juta Mau Umroh Bareng Istri? Begini Trik Mengumpulkan Uangnya

by Rafly Aditia on 17 Mei, 2016

biaya umroh - CekAja.com

Bagi umat muslim, mengunjungi tanah Mekah adalah salah satu impian dalam hidup. Meski demikian, biaya untuk menjalankan ibadah haji bisa dibilang tidak sedikit. Oleh karena itu, ibadah umroh menjadi pilihan alternatif mengingat biayanya yang lebih murah.

Meski lebih murah dibandingkan naik haji, biaya umroh juga tidak sedikit. Berdasarkan riset tim CekAja.com harga paket umroh untuk tahun 2017-2018 mendatang mencapai Rp 18 juta. Pastinya, harga tersebut diluar pengeluaran pribadi untuk oleh-oleh. Jadi, siapkan uang tambahan sekitar Rp 2 juta untuk membeli cindera mata.

Artinya, bila ingin pergi umroh tiap orang wajib mengeluarkan biaya Rp 20 juta. Bagi kamu karyawan kantoran yang punya gaji Rp 8 juta dan ingin pergi umroh bareng istri, lakukan tips atur keuangan berikut ini agar keinginan tersebut dapat terealisasi:

Tabungan Rp 1 juta

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat terima gaji adalah menyisihkan sebagian untuk tabungan. Dengan gaji Rp 8 juta, setidaknya kamu menabung sebesar Rp 1 juta yang dimasukkan di rekening berbeda. Hal ini sangat perlu dilakukan, agar tabungan tersebut tidak dipakai untuk hal-hal yang tidak perlu. (Baca juga: Ide Souvenir Pernikahan Hemat Bujet Buat Tamu Undangan)

Tabungan khusus umroh Rp 1,5 juta

Setelah itu, kamu harus menyisihkan tabungan untuk umroh sejumlah Rp 1,5 juta per bulan. Kumpulkan uang setiap kali gajian selama dua tahun. Nantinya uang yang dikumpulkan ini akan mengantarmu menjalani ibadah ke tanah suci. Tenang saja, selama ada niat pasti ada jalan.

Konsumsi Rp 4 juta

Jangan lupakan pengeluaran bulananmu. Mulai dari listrik, air, makan harian, sampai pulsa tentu tidak boleh dilupakan. Tetapi, ada baiknya pengeluaran tersebut ditekan mengingat kamu ingin pergi menunaikan ibadah ke tanah suci. Untuk urusan konsumsi bisa kamu tekan dengan alokasi bujet senilai Rp 4 juta.

Investasi Rp 500 Ribu

Ada hal lain yang tidak boleh dilupakan yakni berinvestasi. Kamu jangan sampai melupakan masa pensiunmu, untuk itu sisihkan uang untuk investasi. Sisihkan Rp 500 ribu untuk berinvestasi di reksa dana atau  emas, investasi ini nantinya akan berguna bagi kamu di masa depan.

Bayar cicilan Rp 1 juta

Kalau punya cicilan ini itu dan tidak lebih dari Rp 1 juta, kamu masih bisa menganggarkannya kok. Misalnya saat ini sedang mencicil motor setiap bulan Rp 500 ribu, dan cicilan lain total Rp 400 ribu. Dengan anggaran Rp 1 juta, cicilan tersebut bisa tercover dengan baik. (Baca juga: Hitung Cicilan Kredit dengan Simulasi Pinjaman Bank)

Masih kurang? Segera Ajukan KTA

Dengan tabungan umroh Rp 1,5 juta selama 2 tahun kamu bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp 36 juta. Mengingat biaya yang dibutuhkan untuk pergi umroh bareng istri sebesar Rp 40 juta, kamu bisa mengajukan KTA untuk menutup kekurangan tersebut. Well, semoga niat untuk menjalankan ibadah ke tanah suci dapat terlaksanakan dengan baik ya!

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.