Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

Kata-kata Mutiara Investor Besar Dunia yang Bisa Bikin Kamu Sukses Berinvestasi

by Rafly Aditia on 19 Februari, 2016

Melalui pengalaman yang dimilikinya, para investor sukses dunia memiliki kata-kata mutiara yang bisa menjadi pedoman untuk investasi. Mereka tahu, investasi itu penuh risiko. Agar tidak terlampau rugi, coba catat beberapa nasihat berikut.

Berinvestasi adalah kewajiban yang tidak boleh dikesampingkan. Mengapa demikian? Karena dengan berinvestasi maka kamu bisa mengatur keuangan kamu dengan baik, mengembangkan uang hingga berlipat ganda dari yang dimiliki, serta pastinya membuat kondisi keuangan menjadi lebih sehat. Tetapi tentunya ada kiat-kiat apabila investasimu ingin sukses dan tidak mengalami kerugian besar.

Menanggapi banyaknya investor pemula yang belum punya banyak pengalaman, beberapa investor besar di dunia terus berbagi ilmu bagaimana caranya agar bisa menjadi seorang investor yang sukses. Berikut ini ada 7 nasehat investasi sukses dari investor besar di dunia;

Dont put all eggs in a basket – Warren Buffet

Investor ternama sekaligus salah satu orang terkaya di dunia abad ini, Warren Buffet selalu menekankan kepada para investor pemula dan mengingatkan seluruh investor dan trader yang ada di dunia ini. Dirinya berkata bahwa jangan pernah menghabiskan modal dalam satu transaksi.

Don’t put all egs in a basket” yang berarti jangan menaruh semua telur dalam satu keranjang berarti jangan pernah berinvestasi dengan seluruh modal yang kamu miliki di satu tempat atau satu perusahaan saja. Kenapa? Karena apabila investasi tersebut gagal, maka seluruh modal yang dimilikipun akan ikut lenyap tak tersisa.

Pay attention to the fact not prediction – Peter Lynch

Menurut Peter Lynch, saat ini para trader banyak sekali yang terlalu fokus terhadap prediksi-prediksi yang keluar di berbagai media mengenai pergerakan investasi saham, pasar uang, dan instrumen investasi lainnya.

Padahal, prediksi tersebut sangat mungkin untuk salah sehingga sebaiknya kalau ingin berinvestasi mulailah memperhatikan data dan fakta yang ada. Dari situ, kamu bisa membuat analisa sendiri yang memang kamu yakin akurat, dibandingkan hanya mengikuti saran-saran atau prediksi dari orang lain

Mulailah sedini mungkin – Ellen May

Salah satu pemain bursa saham ternama di Indonesia, Ellen May mengungkapkan bahwa investasi merupakan hal yang harus dipelajari bahkan semenjak masih anak-anak sekalipun.

Menurut Ellen May, sebaiknya investasi dimulai sedini mungkin karena dengan berinvestasi sejak dini maka dapat memberikan keuntungan yang berlipat dalam jangka panjang selain itu pengalaman dan pengetahuan karena sudah nyebur di dunia investasi terlebih dahulu sebelumnya dapat mematangkan analisa saat ingin melakukan investasi nanti.

(Baca juga: Enam Pelajaran Investasi ala Orang Terkaya di Dunia)

Anyone who is not investing now is missing a tremendous opportunity – Carlos Slim

Carlos Slim Helu, atau yang biasa dikenal dengan Carlos Slim merupakan CEO dari perusahaan Telefonos de Mexico dan America Movil. Pria berusia 76 tahun yang sempat masuk ke dalam daftar orang terkaya di dunia pada tahun 2010 dan 2011 tersebut menganggap bahwa seseorang yang tidak berinvestasi sama saja menyianyiakan peluang kesuksesan finansial yang begitu besar.

You need a strategy – Aaron Brown

Dalam berinvestasi, banyak sekali hal yang dibutuhkan, mulai dari pengetahuan, metode, hingga analisa yang akruat demi mendapatkan keuntungan berlipat yang didambakan pada beberapa waktu kedepan setelah menginvestasikan sejumlah uang yang dimiliki.

Untuk itu, seorang praktisi keuangan asal Amerika Serikat, Aaron Brown mengunkapkan bahwa dalam berinvestasi tidak bisa hanya mengandalkan analisa orang lain dan keberuntungan. Karena, kalau kamu ingin sukses dalam berinvestasi kamu membutuhkan strategi yang kamu bangun sendiri berdasarkan pengetahuan yang dimiliki serta pengalaman yang telah dilalui.

(Baca juga: Mana yang Lebih Untung? Investasi Ruko, Apartemen, atau Rumah Cluster?)

Investing should be more like watching paint dry or watching grass grow – Paul Samuelson

Mantan peraih nobel ekonomi tahun 1970, Paul Samuelson mengutarakan bahwa dalam berinvestasi memang butuh yang namanya kesabaran. Layaknya melihat cat basah sampai mengering, atau menyaksikan tumbuhnya rumput di lapangan, beinvestasi memang butuh perhatian khusus dan kesabaran.

Dirinya berkata, apabila kamu ingin mendapatkan uang banyak dengan cara yang menghibur jangan pernah berinvestasi. Kamu bisa mendapatkan uang banyak dan dengan cara yang menghibur hanya dengan berjudi, dimana berjudi merupakan sesuatu yang tidak baik tentunya.

Sometimes your best investments are the ones you don’t make – Donald Trump

Calon presiden Amerika Serikat saat ini, Donald Trump memang merupakan sosok yang kontroversial. Diserang begitu banyak isu SARA karena tingkah lakunya selama mengampanyekan diri tentu tidak bisa membuat pandangan kita menjadi rendah terhadapnya kalau berbicara tentang investasi.

Trump adalah investor dan pengembang real estate yang begitu sukses. Dalam berinvestasi menurut Donald Trump, terkadang apa yang tidak kita investasikan merupakan investasi terbaik yang pernah kita lakukan. Maksudnya begini, ketika kamu tidak menginvestasikan uangmu di sebuah perusahaan yang katanya akan menjadi besar namun faktanya beberapa waktu kemudian perusahaan tersebut bangkrut maka kamu telah mengambil keputusan yang tepat dalam berinvestasi.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.