Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kaya dan Sukses di Usia Tua Lebih Baik Dibanding Saat Masih Muda, Ini Alasannya

by Ariesta on 21 Juli, 2016

pensiun sejahtera _ investasi - CekAja.com

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa hingga hari ini belum kunjung sukses padahal kamu sudah bekerja keras.

Lalu kamu membandingkan dengan mereka yang hanya mencoba beberapa kali dan langsung sukses. Mereka seperti dengan mudahnya kaya di usia muda dan diundang jadi pembicara di mana-mana.

Jangan iri dulu karena siapa tahu kamu ditakdirkan sukses bukan dalam usia muda. Pepatah ‘makan asam garam kehidupan’ menggambarkan orangtua yang bijak karena telah mengalami pahit manisnya hidup. Begitu pula dengan sukses. Sukses yang diraih setelah jatuh bangun akan lebih terasa manis dan memuaskan. Berikut alasannya.

Kegagalan adalah guru terbaik

Sementara sukses mengajarkan kamu untuk hidup saat punya segalanya, kegagalan mengajarkanmu hidup saat kamu tidak punya apa-apa. Semakin kamu gagal, semakin kecil kemungkinan mengulangi kesalahan yang sama di kemudian hari.

Jadi daripada menyerah atau merasa kecewa karena tidak kunjung sukses, banggalah atas segala kesalahan bodoh yang kamu lakukan demi mencapai sukses. (Baca juga: Waspada, Inilah Tanda-tanda Bisnis yang Kamu Miliki Terancam Gagal)

Cobaan membuatmu semakin matang menghadang cobaan saat sukses datang

Menjadi sukses hanya dalam sekali percobaan tidak membuatmu kaya pengalaman. Sukses di usia muda pastinya memang menyenangkan. Tapi saat cobaan datang, kamu akan lebih mudah terpuruk karena tidak pernah gagal sebelumnya.

Semakin kamu bekerja keras mencapia tujuan, semakin banyak orang yang kamu temu, sehingga semakin banyak pula kamu belajar meraih sukses dari mereka. Sukses pun semakin langgeng!

Kamu akan menyadari bahwa ada yang lebih penting dari sekedar sukses

Pasti kamu pernah menonton film di mana tokoh utamanya kehilangan orang-orang yang disayanginya karena terlalu sibuk mengejar sukses. Sukses memang membutuhkan pengorbanan, tapi jangan sampai mengorbankan orang-orang terdekatmu.

Ingat, sukses tidak akan terasa manis tanpa kehadiran orang tersayang. Mungkin kamu telah mencapai puncak karier di kantor. Tapi saat kehilangan keluarga, kamu tidak bisa mencari pengganti mereka. Sementara kantor akan cepat menemukan penggantimu.

Kamu jadi tidak menghargai keberhasilanmu karena hanya berjuang sedikit

Cukup mudah untuk sukses, tapi kemudian gagal, lalu menghilang. Dunia penuh dengan ‘orang kaya baru’ tapi jenis seperti ini tidak akan bertahan lama.

Pohon dengan akar kuat lebih tahan terhadap angin. Begitu juga jika kamu meraih kesuksesanmu dari bawah, kamu akan lebih kokoh. Saat kamu mencapai puncak, kamu akan lebih menghargai usahamu karena semuanya diraih dengan keringat dan tanggung jawab besar. (Baca juga: Tokoh Dunia yang Berhasil Sukses Setelah Alami Banyak Kegagalan)

Sukses saat tua membuatmu lebih bijak

Menjadi bijak dan menjadi sukses adalah dua hal yang berbeda. Sementara orang yang meriah sukses dalam sekejap akan berkonsultasi dengan puluhan orang sebelum membuat keputusan, orang yang pernah berkali-kali gagal semakin bijak dalam mengambil keputusan. Intuisi pun semakin terasah.

Tentang Penulis