Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Keahlian yang Dibutuhkan Freelance paling Banyak Dicari di Indonesia

by Kyla Damasha on 23 Januari, 2020

Keahlian yang dibutuhkan freelance memang sepertinya perlu untuk dimiliki bagi siapapun yang ingin terjun ke dunia pekerja lepas ini. Seperti yang telah diketahui bahwa saat ini bekerja di bawah korporat sudah tidak dijadikan sebagai pilihan utama dalam mendapatkan penghasilan saja.

keahlian yang dibutuhkan freelance

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan internet, mencari penghasilan sudah bisa dilakukan melalui berbagai cara, salah satunya dengan menjadi seorang freelancer atau pekerja lepas.

Khususnya untuk para generasi millenial, profesi freelancer sudah mulai diminati karena didasari oleh beberapa alasan dan tujuan yang berbeda-beda.

Namun, banyak orang yang memilih untuk menjadi freelance karena waktu yang cenderung fleksibel dan pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan passion.

Nah, meskipun terdengar merupakan profesi yang mudah, namun pada kenyataannya orang-orang yang ingin terjun ke dunia pekerja lepas ini harus menguasai setidaknya beberapa keahlian yang dibutuhkan freelance.

Bagi kamu yang ingin mengambil jalur sebagai seorang freelancer, yuk ketahui dulu beberapa keahlian yang dibutuhkan freelance dan paling banyak dicari di Indonesia berikut ini.

Keahlian yang Dibutuhkan Freelance
1. Desain Grafis

Desain Grafis - Keahlian yang Dibutuhkan Freelance paling Banyak Dicari di Indonesia

Keahlian yang dibutuhkan freelance pertama dan paling umum adalah kemampuan desain grafis. Tidak dimiliki oleh semua orang membuat keahlian satu ini dihargai cukup ‘malah’ dan banyak dicari oleh perusahaan dari berbagai bidang.

Tidak hanya untuk bekerja di bawah korporat, kemampuan desain grafis juga cukup menjanjikan bagi kamu yang ingin terjun ke dunia pekerja lepas. Apalagi jika kamu sudah memiliki banyak pengalaman dengan portofolio yang mumpuni.

Nah, jika kamu ingin menjadi seorang desain grafis, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, diantaranya yaitu:

·     Membaca Buku Desain

Jika ingin menjadi seorang desain grafis, maka setidaknya kamu harus mulai membaca buku-buku tentang desain grafis untuk menemukan berbagai inspirasi baru dari sudut pandang yang berbeda. Buku tidak hanya akan memberikanmu ilmu baru, tetapi juga membuka pikiranmu dengan berbagai perspektif.

·     Familiar dengan Software Desain Grafis

Terjun ke bidang desain grafis tidak harus memiliki kemampuan gambar yang mumpuni, hanya saja kamu memang diharuskan untuk setidaknya familiar dengan software-software dalam membuat desain, seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan CorelDraw.

Ketiga jenis software yang baru saja disebutkan bisa kamu pelajari secara otodidak melalui internet ataupun tutorial yang terdapat di kanal Youtube.

·     Memiliki Kreativitas yang Tinggi

Tidak bisa dipungkiri bahwa orang yang bekerja sebagai desain grafis sudah dapat dipastikan memiliki kreativitas yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan kamu akan dituntut untuk membuat desain yang menarik namun juga sekaligus anti-mainstream, unik yang disertai dengan perpaduan warna yang menonjol atau menarik perhatian orang.

·     Menjadi Pendengar yang Baik Bagi Klien

Keahlian yang dibutuhkan freelance untuk seorang desain grafis yang terakhir adalah mampu menjadi pendengar yang bagi bagi klien. Biasanya desain grafis memang bekerja dibawah keinginan klien.

Maka dari itu, kamu sangat tidak dianjurkan untuk memiliki idealisme yang tinggi, karena mau sekreatif apapun dirimu, kamu tetap harus mendengar apa yang diinginkan oleh klien dan mengikutinya.

(Baca Juga: Menjadi Freelance atau Karyawan Kantoran? Ini Perbandingannya!)
2. Menulis

Menulis - Keahlian yang Dibutuhkan Freelance paling Banyak Dicari di Indonesia

Keahlian yang dibutuhkan freelance selanjutnya yaitu keahlian dalam menulis. Bagi kamu yang senang berdiam diri di depan laptop tanpa berinteraksi oleh banyak orang dan tanpa mengeluarkan modal yang besar, profesi penulis sangat cocok untuk dilakukan.

Biasanya, banyak situs-situs online yang membutuhkan penulis lepas dengan bayaran per artikel tanpa diharuskan untuk datang ke kantor. Namun, bukan hanya kemampuan dalam menulis saja yang dilihat, melainkan kamu juga harus memiliki wawasan yang luas mengenai berbagai bidang.

Hal tersebut dikarenakan seorang penulis lepas diharuskan untuk bisa menulis artikel yang disesuaikan dengan pesanan klien dengan konten yang mendalam namun juga sekaligus menarik minat pembaca. Maka dari itu, kamu juga dituntut untuk memiliki kosa kata yang luas.

Jika kamu gemar menulis dan tertarik untuk menjadi seorang penulis lepas, maka ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti, diantaranya yaitu:

·     Rajin Membaca Buku

Kunci utama untuk menjadi seorang penulis yaitu kamu juga harus senang membaca buku. Karena dengan membaca buku, kamu akan menambah wawasan mengenai berbagai hal sekaligus memperkaya kosa kata.

Selain itu, dengan sering membaca karya tulis dari orang lain, kamu akan lebih mudah dalam menilai tulisan seperti yang yang enak dibaca dan yang tidak.

·     Berlatih

Kemampuan menulis yang kamu miliki dapat dipastikan tidak akan bisa berkembang apabila kamu tidak membiasakan diri untuk berlatih. Berlatih menulis bisa dilakukan melalui berbagai cara dengan menggunakan berbagai media yang ada.

Sebagai contoh seperti menulis di buku diary, membuat cerita pendek mengenai aktivitas sehari-hari, ataupun menulis kreatif mengenai tema-tema yang kamu senangi, dengan begitu kemampuan menulismu akan berangsur-angsur berkembang.

·     Percaya Diri

Memilih untuk menjadi penulis berarti kamu sudah siap agar hasil tulisanmu dibaca oleh khalayak secara luas. Maka dari itu, percaya diri merupakan salah satu hal yang penting untuk dimiliki oleh para penulis, tak terkecuali untuk pemula.

Dengan hasil tulisanmu dibaca oleh orang banyak, maka tidak menutup kemungkinan kamu juga akan menerima berbagai kritik dan saran dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

Jika hal tersebut terjadi, maka cobalah untuk menerimanya secara terbuka dan jangan pernah sakit hati. Karena dari sanalah kamu bisa mengembangkan skill yang dimiliki.

·     Mencintai Dunia Menulis

Nah, inilah yang paling penting dibandingkan segalanya. Menjadi penulis berarti kamu harus mencintai dunia tulis menulis itu sendiri, agar aktivitas menulis menjadi aktivitas yang menyenangkan. Bukankah sangat menyenangkan apabila kamu melakukan hal-hal yang kamu cintai?

3. Web Designer

Web Designer - Keahlian yang Dibutuhkan Freelance paling Banyak Dicari di Indonesia

Keahlian yang dibutuhkan freelance selanjutnya adalah web designer. Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan seorang web designer untuk membuat website perusahaan mereka.

Bahkan, profesi web designer ini juga menjadi salah satu profesi yang cukup banyak dibutuhkan dan dicari. Jika kamu menekuni bidang ini, maka dapat dipastikan kamu memungkinkan untuk meraup keuntungan keuntungan yang tidak sedikit.

Hanya saja, perlu diketahui bahwa kemampuan desain web mungkin menjadi salah satu keahlian yang tidak dimiliki oleh semua orang, tetapi bukannya tidak mungkin kamu justru bisa menguasai keahlian yang dibutuhkan freelance satu ini. Ikuti saja beberapa tipsnya berikut ini.

·     Memperbanyak Belajar

Memang benar adanya bahwa untuk menguasai suatu keahlian tertentu, maka kamu jangan pernah berhenti untuk belajar. Mempelajari web designer sebenarnya bisa kamu lakukan secara otodidak melalui berbagai tutorial yang terdapat di internet. Namun apabila dianggap sulit, kamu juga bisa mengikuti kursus atau pelatihan khusus untuk web designer.

·     Menguasai SEO

Pemahaman SEO sangat penting untuk dimiliki agar kamu juga bisa sekaligus memasarkan situs yang tengah kamu bangun tersebut. Begitu pentingnya kemampuan SEO di dalam suatu situs membuat ada beberapa orang yang menyebut bahwa sebagus-bagusnya situs, tetap tidak akan bisa maksimal tanpa dukungan dari SEO yang mumpuni.

·     Mampu Menjadi Pendengar yang Baik

Sama halnya seperti desain grafis, seorang web designer juga harus memiliki kemampuan dalam mendengarkan keinginan dari klien. Dalam hal ini kamu dilarang keras untuk memiliki idealisme yang tinggi karena situs yang kamu buat sepenuhnya akan didasari oleh keinginan klien.

(Baca Juga: Pilihan Kartu Kredit untuk Freelancer Berpenghasilan Tak Tetap)
Keuntungan Bekerja Freelance

Meskipun telah memiliki beberapa keahlian yang dibutuhkan freelance, terkadang mungkin kamu akan mengalami sedikit dilema, apakah bekerja freelance merupakan pilihan yang tepat?

Memang memutuskan untuk menjadi seorang freelancer bisa menjadi sebuah keputusan yang sedikit sulit, dilihat dari beberapa kerugian yang dimiliki apabila dibandingkan dengan bekerja kantoran.

Seperti tidak mendapatkan penghasilan yang stabil, jumlah uang pendapatan yang tidak tetap bahkan lebih kecil dari pekerja kantoran, proyek kerjaan yang tidak menentu, hingga tidak adanya benefit seperti asuransi ataupun BPJS mungkin menjadi beberapa pertimbangan yang membuat orang ragu untuk menjadi freelancer, walaupun mereka menginginkannya.

Nah, perlu diketahui bahwa bekerja freelance tidak sepenuhnya buruk lho. Walaupun kamu tidak akan mendapatkan hal-hal yang didapatkan oleh pekerja kantoran, namun sebaliknya keuntungan yang kamu dapat sebagai seorang freelancer juga belum tentu bisa didapatkan oleh orang-orang yang bekerja di bawah korporat.

Jika masih ragu untuk bekerja sebagai freelancer, yuk kita ketahui dulu beberapa keuntungan yang akan didapat.

·     Memiliki Waktu Kerja yang Fleksibel

Jika kamu merupakan orang yang tidak bisa menjalankan rutinitas yang sama setiap harinya, maka bekerja freelance bisa menjadi keputusan yang tepat. Mengapa? Karena kamu bisa menentukan jam kerjamu sendiri.

Bekerja freelance bisa diartikan bahwa kamu adalah bos untuk pekerjaan yang tengah kamu jalani. Kamu tidak berada di bawah manajemen dan bebas dari berbagai aturan yang biasa dijalankan oleh korporat sehingga kamu juga bebas dalam menentukan jam kerja untuk dirimu sendiri.

Sebagai contoh, kamu hanya ingin bekerja mulai dari jam 10 pagi sampai jam 5 sore saja. Itu sangat sah dilakukan untuk kamu yang bekerja freelance. Selain itu, kamu juga bisa bekerja dimanapun yang kamu inginkan, baik itu di rumah, di café, perpustakaan, dan berbagai tempat-tempat lainnya.

·     Dapat Bekerja di Beberapa Perusahaan Sekaligus

Pekerjaan freelance cenderung lebih beragam dibandingkan pekerjaan karyawan di suatu perusahaan. Freelancer dapat menerima pekerjaan yang sama dari berbagai perusahaan yang berbeda di waktu yang bersamaan.

Sebagai contoh, sebagai penulis freelance kamu bahkan bisa menjadi penulis online, penulis buku anak, ataupun menulis artikel di koran dalam waktu yang bersamaan.

·     Penghasilan yang Lebih Besar

Stigma bahwa bekerja freelance memiliki penghasilan yang lebih kecil dari karyawan sebaiknya segera kamu hilangkan dari pikiranmu. Karena nyatanya, seorang freelancer berkemungkinan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar dari karyawan yang bekerja di perusahaan.

Freelancer yang bisa mengambil berbagai pekerjaan dari perusahaan yang berbeda-beda sekaligus membuat penghasilan mereka tidak berpusat pada satu sumber saja, melainkan dari berbagai sumber. Maka dari itu, semakin banyak proyek kerjaan yang kamu ambil, maka akan semakin besar pula penghasilan yang akan kamu dapatkan.

Jadi, masih ragu untuk menjadi seorang freelancer? Yuk segera kembangkan keahlian yang dibutuhkan oleh freelance dan mulailah gapai cita-citamu untuk melakukan pekerjaan yang benar-benar kamu cintai.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda