Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kebiasaan Buruk di Usia 20-an yang Bikin Keuangan Suram

by Rafly Aditia on 19 Februari, 2016

tips atur uang _ investasi - CekAja.com

Di usia 20-an memang banyak hal yang ingin kamu lakukan. Banyaknya waktu bersenang-senang dan menikmati hidup adalah salah satu anugerah yang diberikan Tuhan kepada seseorang saat berusia 20-an.

Tetapi, sebaiknya jangan larut dalam momen tersebut karena beberapa kebiasaan yang buruk dapat menyebabkan kamu gagal meraih sukses dan membuat keuanganmu jadi suram. Sudah tentu kamu tidak ingin memiliki masa depan yang suram. Maka dari itu sebaiknya mulai mengatur perencanaan keuangan dan menjauhi beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan di usia 20-an berikut ini;

Kebanyakan belanja

Memang tidak ada yang salah dengan berbelanja demi memenuhi kebutuhan dan memuaskan diri akan keinginan tertentu. Beberapa barang memang menjadi motivasi untuk bekerja lebih giat lagi sehingga tidak ada salahnya memanjakan diri kamu dengan berbelanja barang yang kamu inginkan setelah terus bekerja keras.

Tapi, perhatikanlah pengeluaran belanja kamu. Jangan sampai karena kebanyakan belanja uang konsumsi bulanan harus ditekan habis dan tidak ada tabungan yang tersisa.

(Baca juga: Sederet Hobi Miliarder yang Membuat Mereka Makin Pintar dan Lebih Kaya)

Tidak mau olahraga

Muda, enerjik, penuh semangat akan menjadi sia-sia apabila tidak dimanfaatkan untuk rajin berolahraga. Di usia yang memiliki kondisi fisik prima ini, sebaiknya lakukan olahraga secara rutin agar menjaga tubuh untuk tetap sehat dan menurunkan resiko terkena berbagai macam penyakit pada saat tua nanti.

Walaupun banyak aktifitas yang dilakukan mulai dari bekerja, kuliah, atau apapun itu sempatkanlah diri untuk berolahraga setidaknya 2 kali seminggu. Kalau tidak rajin olahraga, pasti akan lebih mudah terserang penyakit sehingga akan ada uang yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya perawatan dan pengobatan di rumah sakit saat tua nanti. Ingat, sakit bisa bikin bangkrut lho!

Malas investasi

Kalau hingga saat ini kamu belum mempunyai kesadaran untuk berinvestasi bahkan tidak mengenal apa itu investasi, maka sebaiknya carilah pengetahuan tentang investasi sekarang juga. Jangan sampai waktu muda hanya dipakai untuk bekerja, mendapatkan uang, lalu menghabiskannya untuk keperluan konsumsi dan tabungan sesisanya. Ketika pensiun nanti, baru akan merasakan betapa pentingnya berinvestasi. So, mulailah berinvestasi sedini mungkin.

Gak daftar asuransi

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan para muda-mudi di usia 20-an adalah tidak mendaftarkan diri dalam asuransi kesehatan dan asuransi kecelakaan diri. Kenapa demikian? Karena saat ini banyak sekali penyakit-penyakit berbahaya yang menyerang usia muda, bukan hanya usia tua saja.

Pastinya juga, kalau kamu tidak mendaftarkan diri dalam asuransi kecelakaan diri akan membuat dirimu sendiri kelimpungan kalau ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Jangan sampai uang tabungan dan gaji bulanan habis karena belum mendaftarkan diri dalam layanan jasa asuransi.

(Baca juga: Kenapa Kita Bisa Bangkrut Jika Tidak Punya Asuransi?)

Just let it flow

Mungkin pepatah “Just let it flow” sering kamu dengar, sehingga menjalani kehidupan dengan mengikuti arus menjadi salah satu hal yang paling sering dilakukan oleh anak muda.

Pasalnya ini merupakan kesalahan dalam keuangan, ketika kamu memutuskan untuk hanya mengikuti arus dan keadaaan serta tidak membuat rencana keuangan maka sama saja bahwa dirimu hanya mengandalkan keberuntungan untuk meraih kesuksesan dan kekayaan.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami