Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kebiasaan Finansial Para Suami yang Membuat Istri Sebal

by Ariesta on 11 Oktober, 2016

 kebiasaan finansial pria - CekAja.com

Keterbukaan finansial sangat krusial dalam kehidupan rumah tangga. Oleh karenanya, suami maupun istri harus berkomunikasi secara baik dalam memutuskan setiap pengeluaran rumah tangga.

Pengeluaran tanpa pengetahuan suami atau istri dapat menyebabkan pertengkaran soal uang. Berdasarkan studi Kansas State University pada tahun 2013, pertengkaran soal uang merupakan penyebab utama berakhirnya pernikahan. Pertengkaran juga bisa dipicu karena kebiasaan buruk soal uang yang tak kunjung berubah. Dan bagi para istri, kebiasaan finansial para suami berikut ini umumnya membuat sebal.

1. Beli rokok

Bahaya tentang kebiasaan merokok (aktif) maupun menghirup asap rokok (pasif) sudah diketahui secara umum. Dari segi kesehatan, rokok dapat menyebabkan Tuberkolosis, impotensi, kanker paru-paru, penyakit jantung, Alzheimer, kanker esofagus, dan menurunkan kesuburan.

Dari segi finansial, merokok sama dengan pemborosan. Perokok berat bahkan bisa membeli mobil impian jika anggaran belanja rokok dikumpulkan selama tiga tahun. Dengan asumsi harga rokok Rp 20 ribu per bungkus, sementara suami menghabiskan dua bungkus rokok setiap harinya, maka kerugian finansial adalah sebagai berikut.

Rp 40 ribu x 365 hari = Rp 14,6 juta

Rp 14,6 juta x 3 = Rp 43,8 juta

Dengan uang senilai Rp43,8 juta, kamu bisa membeli mobil baru melalui Kredit Kendaraan Bermotor (KKB).  Nah, jika suami yang rutin membeli rokok selalu mengeluh kehabisan uang tiap kali istri minta baju baru atau liburan, tak heran perilaku suami satu ini sering membuat istri sebal.

(Baca juga: Rekomendasi Gedung Pernikahan di Jakarta Sesuai Bujet)

2. Menyimpan uang kembalian di saku kemeja/celana

Menyimpan uang koin di saku celana dan langsung memasukannya ke dalam ember cucian mungkin hanya masalah sepele. Tapi lama-lama istri dibuat sebal karena uang koin bisa merusak mesin cuci. Belum lagi uang kertas yang rusak akibat ikut tercuci. Bila dikumpulkan, receh rusak tersebut sebenarnya bisa dipakai untuk membeli bumbu dapur.

3. Royal pada teman-teman

Kesetiakawanan kaum laki-laki pada sahabatnya memang tidak diragukan lagi. Tapi kalau seorang sahabat meminjam uang dalam jumlah besar dan suami langsung memberikannya tanpa berkomunikasi lebih dulu dengan istri, jelas istri bisa merasa kesal.

Bagaimanapun juga, setelah menikah suami sudah memiliki partner hidup tempat berbagi segala hal. Meskipun seorang istri sebaiknya tidak membatasi pergaulan suami, para suami pun sebaiknya tidak lebih royal pada sahabat dibandingkan pada istri.

4. Lapar gadget baru

Kebiasaan ini banyak dikeluhkan para istri. Saat iPhone 7 keluar, suami menjadi orang pertama dalam antrian Pre Order. Padahal cicilan iPhone 6 sebelumnya baru lunas atau bahkan belum lunas. Memang, suami sebagai pencari nafkah bebas menggunakan uang hasil jerih payahnya. Tapi jika ada kebutuhan lain yang lebih mendesak seperti membayar premi asuransi dan menabung biaya pendidikan anak, jelas saja kebiasaan suami yang lapar gadget bikin istri kesal.

5. Boros modifikasi mobil

Memodifikasi mobil sesuai keinginan memberikan kepuasan sendiri bagi para suami. Namun bagi istri, suara knalpot yang menggerung-gerung bukan keren, tapi malah bikin bising. Dan seperti sudah diketahui, ongkos untuk modifikasi mobil tidaklah murah. Harga satu knalpot modifikasi saja bisa mencapai Rp10 juta.

6. Hobi mahal

Suami yang fanatik dengan olahraga sepakbola biasanya senang mengoleksi jersey, sepatu, dan perlengkapan lainnya. Suami yang hobi memancing akan berusaha membeli alat pancing yang paling baik dan berharga mahal. Intinya karena sudah berpenghasilan, seorang pria seringkali memiliki keinginan lebih besar untuk mengoleksi barang-barang atau melakukan hobi.

(Baca juga: Mau Ajukan Kredit, Cek Dulu Rasio Keuangan Keluarga)

Sayangnya keinginan ini seringkali tidak sejalan dengan istri. Istri menganggap barang-barang koleksi hanya memenuhi rumah dan membuat pengeluaran jadi bengkak. Tapi kalau hobi suami justru menghasilkan pemasukan tambahan, tentu istri akan mendukung. Bagaimana dengan istrimu?

Punya impian membeli kendaraan dalam waktu dekat? Wujudkan mimpimu melalui Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis