11 Kebiasaan Makan Orang Korea, dari yang Unik sampai Sehat

Tiap negara pastinya memiliki kebiasaan makan yang berbeda, begitupun Korea Selatan. Dan berikut ini, beberapa kebiasaan makan orang Korea yang mungkin belum kamu tahu.

11 Kebiasaan Makan Orang Korea, dari yang Unik sampai Sehat

Sebagai pecinta drama Korea maupun musiknya, kamu pernah gak sih kepo seputar kebiasaan makan orang Korea itu sendiri.

Pasalnya, kalau dilihat-lihat kembali, rata-rata masyarakat dari Negeri Ginseng itu jarang sekali terlihat memiliki bobot tubuh berlebih.

Malahan, para mukbangers asal Korea pun tetap terlihat memiliki tubuh yang langsing sebab kebiasaannya yang berbeda saat off-cam.

Lalu, Apa saja Kebiasaan Makan Orang Korea?

Nah, untuk menjawab rasa penasaran kamu, berikut ini CekAja suguhkan informasi seputar kebiasaan makan orang Korea, dari yang unik sampai sehat.

1. Selalu mengucapkan kalimat ‘pembuka’ dan ‘penutup’ saat makan

Kebiasaan makan orang Korea yang pertama mungkin belum kamu tahu adalah seputar kalimat yang biasa diucapkan saat dan setelah makan.

Ini dikarenakan orang Korea terkenal sangat menjunjung kesopanan dalam kehidupan bersosial mereka.

Makanya tak heran, kalau saat makan terutama ketika dijamu oleh kerabat, mereka kerap mengucapkan kalimat ‘Jalmeokhoseumnida’ yang artinya aku akan makan dengan baik.

Begitupun sesudahnya, mereka juga akan langsung mengucapkan ‘Masigaemeokgoseoyo’ yang artinya saya menikmati makanannya.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Mi Instan Korea, Ada yang Jadi Favoritmu?)

2. Mendahulukan yang lebih tua

Selain yang disebutkan pada poin pertama, ternyata dalam kebiasaan makan orang Korea terutama jika kita berbicara mengenai norma kesopanan, di sana orang tua atau senior diangap memiliki pangkat tertinggi.

Artinya, saat berada dalam area makan bersama orang tua atau senior, mereka yang usianya lebih muda harus menunggu orang yang lebih tua saat mengangkat sumpit.

Ini menunjukkan rasa hormat atau bentuk toleransi anak muda terhadap orang tua atau senior yang ada didepan mereka saat makan bersama.

3. Apapun makanannya selalu ada kimchi

Kalau kebiasaan makan orang Korea yang satu ini sih memang sudah terkenal, bahkan kerap muncul di berbagai tayangan drama.

Ya, masyarakat di Negara Ginseng sana, memang terbiasa menyantap kimchi dengan apapun makanan utama yang mereka santap. Makanan tradisional ini selayaknya sambal di Indonesia.

Kimchi memiliki cita rasa pedas, pahit, dan cenderung asam. Ini merupakan makanan fermentasi dari aneka sayuran seperti sawi putih, bayam, lobak, ataupun timun, yang dicampur dengan gochujang, cabai bubuk, hingga bawang putih.

4. Menyantap makanan yang dibungkus dalam selada

Kebiasaan makan orang Korea lainnya yang kerap muncul di drama adalah menyantap makanan dengan dibungkus dalam selada.

Kebiasaan ini disebut ssam dan paling sering dilakukan ketika menikmati hidangan Korea BBQ.

Mereka biasanya akan menyantap daging panggang yang dibungkus dalam selada dan ditambah dengan kimchi, bawang putih, hingga ssamjang (saus pedas kental ala Korea).

5. Menyantap mie langsung dari panci dan menyeruputnya

Orang Korea memang doyan makan mie. Berbeda dengan Indonesia, orang Korea justru menyantap mie instan yang disebut ramyeon itu langsung dari pancinya.

Kebiasaan makan orang Korea yang satu ini juga sering ditampilkan dalam drama. Biasanya, ramyeon yang dimasak akan diberi tambahan daun bawang, telur, kimchi, hingga taburan wijen.

Ramyeon hangat yang masih dalam panci itu biasanya dinikmati tanpa menggunakan mangkuk, dan sebaliknya menggunakan tutup panci tersebut sebagai wadahnya.

Tidak hanya itu saja, kebiasaan makan orang Korea lainnya yang kadang kala terlihat unik terutama saat menyantap ramyeon adalah mereka kerap mengeluarkan suara ‘sluruuup’ saat menyeruput mie.

Katanya sih, kebiasaan seperti itu dianggap sebagai tanda bahwa ramyeon yang disantap rasanya enak. Sebaliknya, jika makan mie tanpa mengeluarkan suara, berarti mie tersebut rasanya tidak enak.

6. Lebih banyak hidangan ayam ketimbang daging

Sudah bukan rahasia lagi kalau orang Korea selain doyan makan ramyeon, juga suka mengonsumsi ayam goreng.

Disebut Chi-maek atau ayam goreng khas Korea, makanan ini biasanya disantap sembari minum soju atau bir. Menyantap ayam goreng dengan cara ini sudah menjadi kebiasaan orang sana.

Makanya enggak heran, kalau di Korea Selatan ada lebih dari 50 ribu restoran yang menjual ayam goreng. Bahkan, kuliner sederhana seperti ini juga laris manis di luar Korsel.

7. Tersedia banyak menu pendamping

Kebiasaan makan orang Korea yang selanjutnya ialah adanya makanan pendamping atau banchan. Makanan ini tersedia dalam porsi yang cukup banyak dan beraneka ragamnya.

Banchan yang disuguhkan ini biasanya dapat diisi ulang dalam piring-piring kecil dan gratis. Di Korea sana, setidaknya ada 5 jenis banchan yang paling populer yaitu kimchi, Namul atau sayuran tumis, Jorim (tahu dan hati sapi yang disiram saus), telur kukus, hingga Jeon.

8. Makan bersama di wadah yang sama

Kebiasaan makan orang Korea lainnya yang mungkin banyak dianggap aneh adalah makan di wadah yang sama namun dengan sendok masing-masing. Kebiasaan seperti itu kerap dilakukan saat ada acara tertentu maupun makan biasa.

Mereka akan memesan makanan dalam ukuran besar lalu menggunakan sendok masing-masing untuk menyantap makanan tersebut.

9. Gemar makan pedas

Tak cuma orang Indonesia, kebiasaan makan orang Korea pun ternyata memang doyan mengonsumsi makanan pedas dan panas.

Misalnya saja Tteokbokki, Buldak, hingga Dakbal yang merupakan makanan Korea dengan cita rasa dominan pedas.

Makanan-makanan tersebut biasanya menggunakan bumbu cabai dan saus khas Korea yang membuat tampilan warnanya menjadi lebih merah dan menggugah selera.

(Baca Juga: 7 Makanan Khas Papua, Wajib Kamu Coba!)

10. Jarang mengonsumsi gorengan

Sangat jarang sekali orang Korea mengonsumsi makanan berminyak atau gorengan, meskipun di sana terdapat aneka jajanan yang digoreng.

Karena, kebiaaan makan orang Korea umumnya adalah menyantap makanan yang direbus, dikukus, ataupun ditumis. Jadi, jangan heran kalau orang-orang Korea memiliki tubuh yang ideal.

11. Selalu makan pakai sumpit dan sendok khusus

Kebiasaan makan orang Korea yang terakhir adalah selalu menggunakan sumpit dan sendok khusus.

Namun, penggunaan sumpit ini hanya untuk menyantap lauk dan mengambil makanan kecil saja seperti kimchi.

Sementara, untuk makan nasi ataupun makanan yang berkuah seperti sup, orang Korea biasanya menggunakan sendok berbahan stainless.

Rencanakan Liburan ke Korea dengan Kartu Kredit

Nah, itu dia beberapa kebiasaan makan orang Korea dari yang unik sampai sehat. Dengan mengetahuinya, tentu kamu sudah tak lagi bingung saat berkunjung ke negara tersebut nantinya.

Ngomongin soal berkunjung ke Korea, pastinya kamu butuh mengumpulkan dana yang tidak sedikit bukan?

Biar gak boncos sih, bisa juga mengandalkan produk kartu kredit agar kamu dapat mencoba promo berupa potongan harga, cashback, sampai promo penawaran harga khusus.

Kalau kamu belum punya kartu kredit, bisa kok mengajukannya terlebih dulu di CekAja.com.

Di sini, kamu dapat membandingkan sekaligus mengajukan kartu kredit dari mitra perbankan yang telah terdaftar OJK.

Seluruh proses pengajuan kartu kredit di CekAja.com, dijamin mudah dan praktis karena semuanya dilakukan secara online.

Untuk informasi lebih lanjut, yuk langsung akses laman CekAja.com dan ajukan kartu kredit terbaik versi kamu!