Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Kebiasaan Sederhana yang Memicu Penyakit Berbahaya

by Rafly Aditia on 20 Oktober, 2016

sakit ketika Lebaran _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan atau rutinitas tertentu dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Beberapa di antara kebiasaan tersebut memiliki manfaat yang baik, tetapi tidak sedikit dari kebiasaan tersebut merugikan terutama untuk kesehatan tubuh.

Berbagai kebiasaan manusia di zaman modern ini memang banyak yang memiliki dampak negatif untuk kesehatan. Berikut ini 5 kebiasaan sederhana yang memicu berbagai macam penyakit berbahaya:

Pakai bra ketat saat tidur

Kebenaran bahwa pemakaian bra saat tidur bisa meningkatkan risiko kanker payudara memang simpang siur. Bahkan Deborah Axelrod dari NYU Langone Medical Center mengatakan, pemakaian bra saat tidur tidak memicu peningkatan risiko kanker payudara.

Akan tetapi, pemakaian bra yang ketat saat tidur terutama bra kawat dapat myebabkan berbagai penyakti seperti iritasi bahkan menghentikan sirkulasi darah.

(Baca juga: Hati-hati di Usia 40 Tahun, Kamu Bakal Pensiun Miskin Kalau Belum Sadar 5 Hal Ini)

Merokok sejak remaja

Bagi kamu yang sudah merokok di usia sekolah atau remaja, sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk tersebut. Sudah terlalu banyak penelitian yang menyebutkan bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, mulai dari stroke, gangguan aliran darah, radang paru-paru, radang tenggorokan hingga kanker.

Berbagai kandungan dalam rokok sangatlah berbahaya bagi tubuh seperti kandungan Methanol yang sebenarnya merupakan bahan bakar utama untuk roket. Ada pula Toluene yang digunakan sebagai bahan membuat cat dan Nikotin yang digunakan sebagai pembasmi hama atau insektisida.

Kebiasaan minum alkohol

Alkohol memang memiliki beberapa manfaat apabila dikonsumsi dalam batas tertentu dan tidak berlebihan. Namun konsumsi alkohol ternyata memiliki lebih banyak efek yang negatif.

Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti di Loyola University Medical Center, Chicago. Mengonsumsi minuman beralkohol dapat meningkatkan risiko penyakit asma, alergi, kanker, hingga penurunan kadar gula darah secara ekstrem.

Masih suka makan junk food

Junk Food bukanlah makanan yang baik untuk kamu konsumsi. Maka dari itu hilangkan kebiasaan makan junk food. Menurut penelitian Nicole Avena University of Dlorida Junk Food dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti hipertensi, diabetes, obesitas bahkan depresi.

(Baca juga: Lima Tanda Kalau Kamu Stres Berat di Tempat Kerja)

Memakai deodoran secara rutin

University of Geneva Swiss menemukan fakta bahwa kandungan mineral aluminium pada deodoran bisa menyebabkan kanker. Biasanya kandungan tersebut ada dalam deodoran dan antiperspiran.

Walau deodoran bermanfaat untuk menutup jaringan keringat, kandungan mineral aluminium dan antiperspiran pada deodoran justru bisa membangun jaringan baru di bagian tubuh lain dan bisa menimbulkan risiko kanker payudara, khususnya pada wanita.

Butuh asuransi kesehatan yang dapat menanggung biaya pengobatan penyakit berbahaya? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami