Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung

by Gesti Weningtyas on 21 Januari, 2020

Kebiasaan unik ternyata tidak hanya dimiliki oleh orang biasa.Musisi internasional pun punya berbagai kebiasaan agak nyeleneh. Terkadang kebiasaan para musisi dunia ini muncul saat akan menyelenggarakan konser. Beberapa musisi memiliki semacam kebiasaan atau ritual khusus.

Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung

Biasanya, bagi para musisi yang memiliki permintaan khusus akan meminta langsung pada promotor atau penyelenggara acara. Ada musisi yang ingin diberikan beberapa makanan khusus, ada pula yang ingin diberi pelayanan bak keluarga istana yang mewah dan istimewa.

Namun perlu Anda ketahui, ada juga kebiasaan unik lainnya, seperti berpura-pura menjadi kucing saat musisi tersebut bosan! Bahkan satu diantara musisi ada yang memiliki kebiasaan membersihkan rambut dengan sabun batang. Siapakah mereka? Yuk simak beberapa kebiasaan unik musisi dunia  berikut ini!:

Mozart

mozart - Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung.jpg

Wolfgang Amadeus Mozart, siapa yang tak kenal dengan musisi klasik dengan karya yang fantastis ini. Mozart sangat identik dengan  suara dan wajah musik klasik. Dari “Lacrimosa” yang dramatis hingga yang menyenangkan “Magic Flute”, Mozart telah menaklukkan halaman buku sejarah musik selama berabad-abad.

(Baca Juga:  Intip Cara Baru Musisi Mendownload Duit di Era Digital)

Namun ada sedikit detail tentang pria itu sendiri yang sering diabaikan. Mozart sangat menyukai lelucon kentut. Dia sedikit terlalu berlebihan dalam hal-hal semacam ini. Dia bahkan menulis karya yang membutuhkan 6 suara untuk dilakukan yang disebut “Leck mich im Arsch”.  Bahkan ada suara keledai dan berbagai suara unik lainnya dalam karyanya itu.

Ada cukup banyak fakta aneh tentang Mozart untuk mengonfirmasi bahwa dia jauh dari lelaki normal, tetapi yang ini benar-benar salah satu yang paling aneh. Komposer yang satu ini senang berpura-pura menjadi kucing, terutama saat latihan beberapa opera.

Dia sering memanjat kursi dan mengeong ketika bosan! Bayangkan seperti apa anehnya sebuah latihan opera yang diwarnai suara kucing dan memanjat kursi ala Mozart.

Ludwig van Beethoven

Ludwig van Beethoven - Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung.jpg

Ludwig van Beethoven yang terkenal karena menulis “Symphony No. 9” ini memiliki sebuah kebiasaan  yang cukup unik.

Sebelum kemudian menjadi tuli, setiap pagi Beethoven dihitung dengan tangan 60 biji kopi. Bebijian kopi itu kemudian dibuat menjadi secangkir kopi yang sempurna. Selain itu, untuk memulai kembali otot-otot kreatifnya setelah menulis terlalu banyak musik, Beethoven akan menuangkan air dingin ke atas kepalanya.

Glenn Gould

Glenn Gould - Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung.jpg

Sebuah nama besar di dunia musik klasik, pianis Kanada Glenn Gould terkenal tidak hanya karena keahliannya yang hebat dan gaya bermainnya yang unik. Dia juga memiliki karakter yang sangat aneh dengan banyak keeksentrikan. Dia selalu mengenakan mantel dan sarung tangan di semua suhu karena ketakutannya menangkap kuman dan jatuh sakit. Ketika waktu pertunjukan tiba, dia akan selalu membawa kursinya sendiri. Bahkan dimanapun konser itu berlangsung. Kursi  tersebut menjadi semacam “kursi ajaibnya” sendiri.

Keith Richards

Keith Richards - Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung.jpg

Salah satu personil The Rolling Stones ini ternyata memiliki kebiasaan unik sebelum tampil didepan umum. Keith  selalu meminta kue pie shepherd.

Shepherd’s pie atau biasa juga disebut sebagai cottage pie sendiri merupakan hidangan yang sangat populer di Inggris dan Irlandia.  Nama cottage pie (cottage: gubuk/pondok) mulai diperkenalkan pada tahun 1791, saat itu tanaman kentang untuk pertama kalinya diperkenalkan sebagai bahan pangan untuk kaum miskin. Di buku-buku masakan sebelumnya dijelaskan bahwa hidangan ini awalnya terbuat dari sisa daging panggang yang dimasukkan ke dalam wadah pie dan kemudian ditutup dengan kentang tumbuk atau potongan kentang pada permukaannya. Istilah shepherd’s pie (shepherd: gembala) sendiri belum muncul hingga tahun 1877, dan sejak itu istilah tersebut memiliki arti yang sama dengan cottage pie. 

Keith dikabarkan begitu gemar menyantap dan memecahkan pinggiran-pinggiran keras dari kue pie tersebut. Selain itu, kabarnya ia juga tidak mau manggung jika tidak disediakan makanan yang berisi daging domba tersebut.

Robert Plant

Robert Plant - Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung.jpg

Kebanyakan musisi internasional tak terpisahkan dengan alkohol. Namun hal berbeda pada Robert Plant. Ia punya kebiasaan menyetrika pakaian dan minum teh!

Harvey Goldsmith selaku promotor konser  mengatakan vokalis dari Band Led Zeppelin ini memiliki kebiasaan unik yakni, mereka meminta teh dan kopi.”Kami minta bir dan anggur untuk mereka di belakang panggung, tapi mereka mengatakan hanya memintanya dalam jumlah yang sangat sedikit,” ucapnya pada The Telegraph.

Kurt Cobain

kurt cobain - Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung.jpg

Vokalis Nirvana, Kurt Cobain memiliki kebiasaan yang cukup unik. Ia tidak menghindari prosedur perawatan rambut dan memastikan dia akan mencuci rambutnya dari waktu ke waktu. Tapi bukan dengan shampo. Melainkan dengan sabun batang.

Hal yang cukup aneh juga ada pada penyanyi Smells Like  Teen Spirit ini. Ketika Kurt Cobain masih kecil, dia yakin orang tuanya bukan orang tua kandungnya. Tetapi pentolan Nirvana tidak berpikir dia baru saja diadopsi; sedikit lebih aneh dari itu. Dalam wawancara tahun 1993, dia mengatakan kepada wartawan Michael Azerrad bahwa dia yakin dia sebenarnya alien.

“Saya selalu berpikir bahwa saya diadopsi oleh ibu saya karena dia menemukan saya setelah pesawat ruang angkasa meninggalkan saya dari waktu yang berbeda atau planet yang berbeda. Setiap malam saya biasa berbicara dengan orang tua saya yang sebenarnya di langit. Saya tahu bahwa ada ribuan bayi alien lain yang diturunkan yang ada di semua tempat dan saya bertemu beberapa dari mereka. Itu hanya sesuatu yang saya selalu suka mempermainkannya dalam pikiran saya … itu benar-benar menyenangkan untuk berpura-pura bahwa ada beberapa alasan khusus bagi saya untuk berada di sini. “

Jennifer Lopez

Jennifer Lopez - Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung.jpg

Jennifer Lopez yang sempat konser di Indonesia beberapa tahun silam ternyata juga memiliki sebuah kebiasaan yang unik tentunya.  Pada 2012 silam, Jennifer Lopez bertandang ke Indonesia menggelar konser. Saat itu, pihak Jennifer Lopez mengajukan permintaan selama berada di Indonesia kepada promotor penyelenggara konser tersebut.

Tak main-main, permintaannya cukup mewah. Ternyata Jennifer Lopez ini sangat menyukai warna putih. Hal ini terlihat saat penyanyi itu meminta seluruh ruangan yang akan ditempatinya, baik kamar hotel atau ruang tunggu dipenuhi dengan peralatan berwarna putih. Tak cukup soal ruangan, Jennifer Lopez juga ingin mawar putih sebagai hiasan dan pengharum ruangannya. Penyanyi yang dikenal dengan panggilan J-Lo itu juga meminta izin membawa air minum sendiri.

(Baca Juga: 7 Musisi Ini Banting Setir dan Terjun ke Dunia Politik)

Promotor pun menyediakannya, air minum yang didatangkan khusus dari Amerika Serikat. Air minum itu dianggap sebagai minuman dengan kualitas terbaik yang biasa dikonsumsi Jennifer Lopez.

Rihanna

rihanna - Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung.jpg

Rihanna, penyanyi yang terkenal dengan “We Found Love” ini memiliki kebiasaan yang tak biasa saat akan konser. Hal yang paling diutamakan penyanyi yang beberapa kali duet dengan Calvin Harris ini adalah selalu melakukan perjalanan dengan orang-orang dan krunya dalam jumlah besar. Rihanna akan bepergian dengan 70 orang yang menjadi krunya. Selain itu, Rihanna juga meminta akomodasi menuju klub malam, termasuk lantai dansa pribadi yang ditujukan hanya untuk Rihanna dan krunya.

Hampir mirip dengan Jennifer Lopez yang menyukai warna serba putih, ternyata Rihanna pun juga lebih nyaman dengan warna putih. Untuk kenyamanan, Rihanna meminta interior ruang gantinya didekorasi dengan hal yang berwarna putih. Kursi panjang yang dipenuhi oleh bantalan dan boneka di sekelilingnya. Selain itu, Rihanna juga mewajibkan gorden putih dan tulip dengan warna senada sebagai hiasannya. Untuk membuatnya merasa tenang, ia mengikutsertakan lilin putih dari perancang busana ternama Blueberry Trish McEvoy. kebiasaan unik musisi yang satu ini selalu ia lakukan setiap akan melakukan konser, di negara manapun.

Adele

Adele - Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung.jpg

Adele ternyata punya kebiasaan unik sebelum naik ke atas panggung. Di atas panggung, Adele juga selalu tampil memukau dengan aksinya menghipnotis penonton. Namun tak banyak yang mengetahui kebiasaan pelantun lagu “All I Ask”sebelum manggung yang terbilang unik.

Adele selalu meminta disediakan pizza. Bahkan, pizza yang Adele inginkan harus berasal dari negaranya, Inggris, yang dikirimkan ke tempat ia manggung. Tak hanya pizza saja, Adele juga pernah meminta kue pie. Asisten atau pelayan tempat Adele menginap pun sibuk menyediakan keinginan sang penyanyi.

Sedangkan, perlu diketahui, pizza memiliki sejarah yang panjang, rumit dan tak menentu yang sering menginspirasikan banyak debat. Asal kata “pizza” belum jelas, tetapi pertama kali muncul tahun 997 dalam Bahasa Latin Pertengahan, dan di Napoli pada abad ke-16 sebuah glatte disebut sebagai pizza.

Pada waktu itu, pizza adalah alat tukang roti, sebuah adonan yang digunakan untuk menentukan temperatur oven. Makanan para warga miskin, pizza dijual di jalanan dan belum dianggap sebagai resep dapur terkenal.

Tak disangka, makanan khas Italia ini ternyata menjadi hal yang wajib ada saat Adele konser!

The Chainsmokers

the chainsmokers - Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung.jpg

Grup yang tengah naik daun ini juga punya sebuah kebiasaan yang cukup unik. Grup musisi yang mengusung genre EDM ini memiliki kebiasaan sebelum manggung, yakni menyalami semua crew-nya yang terlibat di belakang panggung sebelum tampil.

“Kami punya (tradisi) salam yang harus dilakukan bersama semua orang dalam tim sebelum tampil, dan sebuah salam yang lebih rumit dengan petugas keamanan kami,” ucap The Chainsmokers pada Live Nation.

Foo Fighters

Foo Fighters - Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung.jpg

Berbeda dengan yang lainnya, Foo Fighters mempunyai kebiasaan unik sebelum manggung yakni, untuk memutar lagu milik The King of Pop, Michael Jackson, yang berjudul ‘Off The Wall’ sebelum naik ke atas panggung. Menurut mereka, lagu yang berjudul Off The Wall tersebut memiliki arti yang sangat mendalam.

Chris Martin

Chris Martin - Kebiasaan Unik Musisi Dunia, Pura-Pura Jadi Kucing Hingga Sikat Gigi Sebelum Naik Panggung.jpg

Pentolan dari band Coldplay tersebut, dikabarkan memiliki kebiasaan yang sebenarnya, tidak terlalu nyentrik, yakni menyikat gigi. Ada alasan yang cukup unik di balik mengapa pelantun lagu ‘Paradise’ itu melakukan hal tersebut.

Menurut Chris Martin, setiap ia tampildalam sebuah konser, ada sekitar 18 hal yang akan dilakukan.Namun demikian, dari 18 hal itu terlalu konyol jika harus diulang. Chris pun mengaku, sikat gigi adalah kebiasaannya yang paling sering ia lakukan sebelum tampil. Menurutnya, jika ia belum sikat gigi, ia tidak akan merasa lebih percaya diri.

Nah, demikian beberapa musisi ternama di dunia yang memiliki kebiasaan yang cukup unik. Bagaimana dengan kamu? Adakah kebiasaan unik dan tak biasa yang dimiliki sebelumnya dan masih berlangsung hingga saat ini?

Ayo ajukan kartu kredit di cekaja.com untuk memenuhi kebutuhan unik kamu

Tentang Penulis