Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Kebiasaan yang Bikin Kamu Tidak Bisa Beli Rumah Sendiri

by Rafly Aditia on 10 Februari, 2016

tips beli rumah _ KPR - CekAja.com

Sering melihat teman atau kenalan yang lama bekerja, bahkan telah membina rumah tangga, tetapi belum bisa memiliki rumah hingga saat ini? Padahal mereka memiliki pendapatan bulanan yang lumayan, dan telah berada dalam usia keemasannya. Baca tuntas artikel ini, dan kamu akan tahu apa alasannya.

Alasan sederhananya adalah belum bijak dalam mengatur keuangan. Untuk itu jangan sampai hal ini terjadi kepada kamu. Memiliki rumah adalah salah satu hal yang wajib dalam hidup ini. Jangan karena salah mengelola keuangan, namun kamu terus tinggal bersama orang tua seumur hidup. Beberapa hal berikut bisa menjadi penyebab kamu tidak bisa untuk beli dan punya rumah sendiri bahkan dengan fasilitas kredit sekalipun;

Belum sadar investasi

Kalau kamu sudah berusia 20an dan belum tahu itu investasi dan sadar betul betapa pentingnya untuk berinvestasi, maka segeralah cari berbagai informasi mengenai investasi dari sekarang. Kenapa? Karena investasi merupakan salah satu hal yang paling penting dalam hidup. Banyak artikel yang telah menjelaskan, jika tidak menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi, maka kamu akan sengsara di hari tua. Tidak memiliki apa-apa, termasuk diantaranya adalah tidak bisa memiliki rumah.

Sederhananya, investasi adalah menyisihkan sebagian aset atau harta yang dimiliki ke dalam instrumen investasi. Di mana nantinya nilai dari aset atau harta tersebut akan berkembang di masa datang. Apabila ingin memiliki rumah, dibandingkan dengan menabung kamu bisa memilih untuk mengalokasikan sebagian uang untuk berinvestasi di instrumen reksadana. Sebab bunga yang bisa didapatkan nantinya lebih tinggi dibandingkan hanya mengendapkan uang di rekening.

Belanja berlebihan

Belanja merupakan godaan yang sangat besar di kota-kota besar, khususnya Jakarta. Biasanya godaan ini lebih besar menimpa para wanita. Memang tidak ada salahnya untuk belanja beberapa barang incaran dan kesukaan, tapi kamu akan setuju bila sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Karena gelap mata saat pergi ke pusat perbelanjaan, aktivitas belanja yang menyisakan cicilan begitu besar tidak bisa dihindarkan. (Baca juga: Persalinan Normal atau Caesar, Ini Biaya yang Dipersiapkan)

Biaya konsumsi harian tinggi

Sering menghabiskan waktu di cafe atau restoran setiap waktu istirahat atau selepas pulang bekerja? Kalau kamu menyadarinya, pasti tahu berapa pemborosan yang dikeluarkan setiap hari. Mungkin hanya sekedar ngopi atau makan-makan kecil, tetapi apabila hal ini terus dilakukan dan menjadi rutinitas maka bisa memberatkan keuangan.

Asumsinya, kamu mengeluarkan uang Rp75 ribu per hari untuk makan di kafe atau restoran setiap harinya pada saat pulang bekerja atau istirahat. Maka dalam satu bulan uang yang dihabiskan bisa mencapai Rp1,5 juta. Dan, dalam satu tahun uang yang dihabiskan sebesar Rp18 juta. Padahal uang sebesar ini, bisa dijadikan tambahan untuk uang muka rumah. (Baca juga: Apa itu Manajemen Risiko Keuangan Pribadi? Ini Jawabannya)

Tidak punya rencana keuangan

Siudah jelas, satu hal yang paling sering membuat banyak orang belum memiliki rumah sendiri saat ini adalah karena tidak memiliki rencana keuangan. Masih hanya mementingkan uang untuk hal-hal yang bersifat jangka pendek, tanpa memiliki rencana ke depan dan hanya berpatokan dengan prinsip “Just let it flow”. Padahal, hal tersebut bisa menjadi bumerang dan membuat kamu tidak dapat memiliki rumah di masa yang akan datang. Jadi, mulailah untuk memikirkan, merencanakan, serta mengatur keuangan dengan bijak dari sekarang.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.