6 Fakta Kebijakan Tarif Parkir Mobil Rp60 Ribu Per Jam di Jakarta

Persoalan usulan kebijakan tarif parkir mobil Rp60 ribu per jam kini menarik perhatian publik. Benarkah hal ini akan segera direalisasikan? Simak informasinya berikut ini.

6 Fakta Kebijakan Tarif Parkir Mobil Rp60 Ribu Per Jam di Jakarta

Dalam sistem tata letak perkotaan, area parkir juga merupakan hal penting yang harus disiapkan. Parkir yang didefinisikan sebagai keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang bersifat sementara karena ditinggalkan oleh pengemudinya, harus diatur karena masuk ke dalam komponen kegiatan berlalu lintas.

Dengan banyaknya jumlah kendaraan di kota besar, kebutuhan parkir pun terus meningkat setiap tahunnya karena keterbatasan lahan. Setidaknya hal inilah yang dialami Ibukota Jakarta.

Kendaraan yang parkir bukan hanya harus ditempatkan di area khusus agar terlihat rapi, tetapi juga harus dapat dipastikan tidak memperkecil ruang jalanan agar tidak menimbulkan kemacetan.

Sayangnya, masih banyak dari kita yang kerap tidak tertib saat memarkirkan kendaraan. Misalnya mereka yang parkir sembarangan di tempat yang tidak seharusnya, atau parkir dalam waktu yang lama karena merasa mampu membayar biaya parkir yang dipatok.

Untuk itu, Dinas Perhubungan DKI Jakarta selaku pihak yang memiliki wewenang untuk merancang aturan parkir terus mengupayakan pembuatan kebijakan terbaik yang bermanfaat.

Baru-baru ini, publik dikejutkan dengan adanya kebijakan tarif parkir mobil Rp60 ribu per jam di Jakarta. Namun, benarkah hal ini berlaku untuk semua jenis mobil? Berikut ini CekAja akan mengulas informasinya untuk kamu.

(Baca Juga: Aturan dan Sanksi untuk Pesepeda yang Melanggar Jalur, Hati-hati Penjara 14 Hari)

Fakta Kebijakan Tarif Parkir Mobil Rp60 Ribu Per Jam

Berikut ini beberapa informasi yang harus kamu ketahui terkait kebijakan tarif parkir mobil Rp60 ribu per jam di Jakarta:

1. Revisi dari Pergub Sebelumnya

Revisi - Fakta Kebijakan Tarif Parkir Mobil

Kebijakan tarif parkir mobil Rp60 ribu per jam merupakan bentuk revisi dari peraturan sebelumnya, yang mana aturan hukum soal perparkiran termuat dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 31 Tahun 2017.

Revisi ini diajukan oleh UPP Perparkiran yang merupakan bagian dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Dilansir dari Tempo, nantinya juga akan ada peraturan detil terkait lokasi parkir, sehingga bakal ada perbedaan tarif parkir berdasarkan lokasinya. Serta ada pula aturan soal sanksi disinsentif bagi kendaraan mobil yang tidak lulus uji emisi dalam kebijakan ini.

2. Masih Berupa Usulan

Usulan - Fakta Kebijakan Tarif Parkir Mobil

Informasi tentang kebijakan tarif parkir mobil Rp60 ribu per jam yang beredar di masyarakat seolah membuat publik kaget. Padahal, kebijakan ini baru berupa usulan yang masih digodok oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Usulan kebijakan tarif parkir mobil Rp60 ribu per jam ini dibuat dengan mengacu pada ajian Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP) yang dilakukan UPP Perparkiran Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Untuk menjadi sebuah peraturan resmi yang mulai berlaku, dibutukan persetujuan dari Gubernur DKI Jakarta untuk kemudian diterbitkan menjadi sebuah Pergub.

Jadi, kamu tak perlu khawatir, karena kebijakan ini berarti belum berlaku, ya!

3. Tidak Semua Area Parkir Ditarifkan Rp60 Ribu Per Jam

Area Parkir - Fakta Kebijakan Tarif Parkir Mobil

Selain itu, dalam draft usulan revisi aturan perparkiran, kebijakan tarif parkir mobil Rp60 ribu per jam di Jakarta tidak diberlakukan bagi semua area parkir. Melainkan hanya untuk Kawasan Pengendali Parkir (KPP) Golongan A, yang menyangkut area atau koridor angkutan umum massal.

Sedangkan untuk di KPP Golongan B yang menyangkut area parkir nonkoridor angkutan massal, tarif parkir maksimal yang dipatok adalah Rp40 ribu per jam.

Ini berarti, harga parkir akan lebih mahal untuk area yang merupakan dilewati atau rute yang dilalui transportasi umum. Seperti misalnya area parkir di jalan yang dilalui TransJakarta, mikrolet (angkot), atau bisa saja di area sekitar stasiun kereta api.

4. Area Parkir Milik Swasta Dikenakan Rp25 Ribu Per Jam

Parkir - Fakta Kebijakan Tarif Parkir Mobil

Perlu diketahui, kebijakan tarif parkir mobil Rp60 ribu per jam dan Rp40 ribu per jam yang sebelumnya dijelaskan akan berlaku di lokasi layanan parkir onstreet dan offstreet milik Pemerintah Daerah DKI Jakarta.

Namun, bukan berarti layanan parkir milik swasta tidak mengalami kenaikan tarif. Dalam usulan revisi kebijakan ini, biaya parkir di layanan swasta dipatok maksimal Rp25 ribu per jam.

Jadi, pastikan kamu enggak lagi kaget jika harus membayar tarif ini saat pergi ke mall, atau menggunakan layanan parkir milik swasta lainnya.

(Baca Juga: Beli Mobil Cash atau Kredit? Jangan Bingung, Ini Perbandingannya!)

5. Ada Dua Jenis Mobil yang Pasti Kena Tarif Maksimal

Jenis Mobil - Fakta Kebijakan Tarif Parkir Mobil

Bukan hanya menyoal lokasi parkir sebagai penentu tarif yang dinaikkan. Kebijakan tarif parkir mobil Rp60 ribu per jam ini juga akan dibebankan pada mobil dengan kondisi-kondisi tertentu.

Sebelumnya pada poin satu, sudah disebutkan bahwa akan ada sanksi disinsentif bagi mobil yang tidak lulus uji emisi dalam kebijakan ini. Jadi, jika mobilmu belum atau tidak lulus uji emisi, maka sudah dipastikan kamu wajib membayar tarif parkir maksimal.

Hal yang sama juga diberlakukan bagi mobil yang belum membayar pajak kendaraan bermotor. Artinya, jika tagihan pajak masih nunggak, maka siap-siap saja biaya sekali parkir akan sangat mahal.

6. Diharapkan Bisa Mereduksi Angka Parkir

Mereduksi Angka Parkir - Fakta Kebijakan Tarif Parkir Mobil

Terakhir, revisi kebijakan tarif parkir mobil Rp60 ribu per jam ini menyimpan beberapa tujuan yang diharapkan. Berdasarkan analisis metode ATP dan WTP yang menjadi acuan, kenaikan tarif parkir yang diubah menjadi sangat tinggi bisa mereduksi angka kendaraan yang parkir hingga 95 persen.

Dengan begitu, lalu lintas pun lebih mudah dikendalikan dalam konteks penataan transportasi. Selain itu, kebijakan tarif parkir mobil Rp60 ribu per jam juga bertujuan untuk memberikan keadilan bagi warga dalam melakukan mobilitas dengan kontrol berbasis integrasi transportasi.

Pembatasan pergerakan kendaraan diharapkan akan mengurangi kemacetan, mengingat ada sebagian area parkir yang bersampingan dengan jalan umum.

Itulah dia keenam informasi terkait kebijakan tarif parkir mobil Rp60 ribu per jam. Setiap kendaraan memiliki nilai yang berharga bagi pemiliknya. Oleh karena itu, asuransikan segera kendaraanmu dengan produk asuransi kendaraan bermotor yang bisa diajukan via CekAja.com.

CekAja.com akan membantu memberi pilihan produk terbaik yang cocok untuk melindungi mobil, sesuai dengan kebutuhan dan profil finansialmu.

Proses pengajuan juga sangat gampang, karena dilakukan dengan mengisi formulir pengajuan online dan membayar premi bulan pertama saja.

Yuk, segera berikan perlindungan terbaik untuk mobil kesayanganmu. Ajukan asuransi kendaraan bermotor hanya melalui CekAja.com!