Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Kebutuhan Uang Tunai Cepat Berdasarkan Sifatnya

by lhmdi on 1 December, 2016

tips atur uang - CekAja.com

Butuh uang tunai cepat untuk berbagai macam kebutuhan yang sifatnya mendadak? Tentu saja cara ini sangat mudah sekali dilakukan saat ini.

Beberapa bank atau lembaga keuangan memberikan penawaran menarik tentang bagaimana mendapatkan uang tunai dengan cepat dan mudah.

Selain itu, cara mendapatkan uang tunai ini pun sangat berkaitan dengan utang, yang nantinya wajib dibayarkan kembali. Meskipun utang kerap dicap sebagai salah satu cara terburuk dalam mengelola keuangan, tidak bisa dipungkiri utang juga yang membuat kita bisa mendapatkan uang dengan cepat.

Namun yang perlu dipahami adalah, gaya hidup dengan meminjam sejumlah uang atau berutang tidak selamanya  negatif. Dan tentu saja utang ini tidak jarang juga digunakan untuk berbagai macam kebutuhan yang sifatnya konsumtif dan tidak mendesak. (Baca juga: Kalkulator Simulasi Kredit Bank untuk Hitung Cicilan)

Akan tetapi ada saat atau momen tertentu dimana utang merupakan hal penting dan untuk kebutuhan yang lebih produktif.

cekaja-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Oleh karena itu, jika kamu atau masyarakat lainnya membutuhkan uang tunai dan dalam waktu yang singkat ada beberapa pilihan yang bisa dilakukan. Karena sangat membutuhkan uang tunai dalam waktu yang singkat ada beberapa cara yang bisa dipilih. Cara ini bisa dilihat berdasarkan sifat kebutuhannya.

Kebutuhan tersebut bisa untuk jangka pendek atau jangka panjang dan bergantung pada kebutuhan yang ingin dipenuhi saat itu. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dalam waktu singkat berdasarkan sifat-sifatnya ini? Berikut penjelesannya:

Sifat jangka pendek

Uang tunai cepat dengan sifat jangka waktu pendek sebenarnya bisa kamu dapat dengan cara meminjam uang melalui teman atau keluarga terdekat. Cara ini adalah yang paling praktis, karena tanpa proses yang berbelit-belit. Selain itu karena sifatnya jangka pendek maka kebutuhan uang digunakan pun sebenarnya tidak terlalu besar.

Pilihan lainnya adalah menggunakan kartu kredit. Cara ini dimungkinkan karena hampir semua kartu kredit yang diterbitkan oleh bank memiliki fitur penarikan tunai, namun dengan catatan kamu tetap memiliki utang.

Selain itu limit tarik tunai yang diberikan oleh kartu kredit pun biasanya tidak terlalu besar, sehingga tentunya sangat pas digunakan ketika kamu membutuhkan uang di saat terdesak. Namun, jangan terlalu sering menggunakan fitur ini karena bunga yang dibebankan semakin lama semakin besar.

Selain itu, jika kamu menggunakan kartu kredit, pastikan juga untuk selalu tempat membayar tagihannya dengan tepat waktu.

Sifat jangka panjang

Berdasarkan sifat jangka pendek, pinjaman uang tunai cepat bisa dilakukan dalam dua cara populer saat ini.

Pertama, meminjam dengan menggunakan layanan KTA kredit tanpa agunan atau jaminan. Cara ini sering dipilih bagi masyarakat yang terdesak membutuhkan dana atau juga bagi masyarakat yang ingin menjalankan kebutuhan konsumtifnya dalam waktu singkat.

Namun, meskipun variasi limitnya beragam dan hingga ratusan juta rupiah, jangan lupa untuk memaksimalkan dana ini sebaik mungkin. Selain itu syaratnya pun sederhana, pinjaman kredit ini bisa diajukan tanpa persyaratan kartu kredit dan syarat-syarat lainnya. (Baca juga: Punya Cicilan Kredit Lain Tapi Ingin Ajukan KPR, Pelajari Dulu Simulasinya)

Kedua, kamu juga bisa mengajukan kredit dengan agunan, atau kredit dengan menggunakan jaminan untuk mendapatkan sejumlah dana. Karena menggunakan jaminan, bukan tidak mungkin dana yang didapat pun akan semakin besar. Oleh karena itu jenis pinjaman uang yang satu ini lebih tepat untuk waktu jangka panjang seperti membeli rumah, membeli kendaraan bermotor, persiapan pernikahan, pendidikan anak-anak dan lain-lainnya.

Jadi, jika jangan ragu, jika kamu membutuhkan uang untuk kebutuhan jangka panjang menggunakan kedua layanan pinjaman ini. Layanan ini bisa diproses melalui bank-bank atau lembaga keuangan resmi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Alasan teman kamu ketika mau utang di restoran, simak videonya;

 

 

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami